Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Kepala Negara dan Pemerintahan Thailand

Jabatan kepala negara dan pemerintahan Thailand dapat Anda ketahui setelah mengetahui bentuk dan sistem pemerintahan yang berlaku di negara ini. Thailand merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara, berbatasan dengan Myanmar dan Laut Andaman di sebelah barat, Laos dan Kamboja di sebelah timur, Malaysia dan Teluk Siam di sebelah selatan.

Luas wilayah Thailand totalnya mencapai 513.120 km2, jumlah penduduknya di tahun 2018 sekitar 69.037.513 jiwa.  Ibukota Thailand berada di kota Bangkok yang merupakan kota terbesar sekaligus  salah satu tujuan wisata populer di dunia. Bentuk negara Thailand adalah monarki atau kerajaan, sementara sistem pemerintahnya monarki konstitusional. 

Kepala Negara dan Pemerintahan Thailand

Dengan bentuk negara kerajaan, kepala negara Thailand adalah seorang raja. Raja Thailand saat ini yaitu Maha Vajiralongkorn dengan gelar Rama X. Beliau merupakan anak satu-satunya dari raja sebelumnya bernama Bhumibol Adulyadej. Raja Vajiralongkorn lahir pada tanggal 28 Juli 1952 di kota Bangkok. Ia menjabat sebagai raja secara resmi pada tanggal 13 Oktober 2016 menggantikan ayahnya yang meninggal dunia.
Kepala Negara dan Pemerintahan Thailand
Kemudian, apakah raja menjabat sebagai kepala pemerintahan atau yang menjalankan pemerintahan? Bukan!. Dengan menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional, maka seorang raja bukan kepala pemerintahan.

Kepala pemerintahan di negara kerajaan disebut dengan Perdana Menteri. Negara monarki konstitusional disebut juga semikonstitusinal, kepala pemerintahan Thailand saat ini bernama Prayuth Chan-ocha. Beliau bukanlah seorang raja, melainkan perwira Angkatan Bersenjata Thailand.

Beda halnya dengan monarki absolut atau mutlak, kepala negara sekaligus kepala pemerintahan dipegang sepenuhnya oleh seorang raja. Negara yang menganut sistem pemerintahan tersebut contohnya Brunei Darussalam, Arab Saudi dan Qatar.

Raja Thailand merupakan lambang persatuan dan jati diri bangsa. Raja sangat dihormati oleh rakyatnya, dan dianggap sebagai pemimpin dari segi moral (wikipedia). Perdana Menteri atau kepala pemerintahan dilantik secara langsung oleh raja.

Kepala pemerintahan Thailand dipilih dari anggota-anggota parlemen, bisanya merupakan para pemimpin partai mayoritas. Selain perdana menteri, jaksa Mahkamah Agung atau badan kehakiman tertinggi juga dilantik oleh raja.

Negara atau kerajaan Thailand merupakan anggota aktif sekaligus pelopor berdirinya organisasi Asean (Association of Southeast Asian Nations). Asean adalah organisasi geopolitik dan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1969.

Kesimpulan :

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kepala negara di Thailand adalah seorang raja. Raja Thailand saat ini yaitu Raja Vajiralongkorn dengan gelar Rama X. Kemudian kepala pemerintahan di Thailand dipegang oleh seorang Perdana Menteri bernama Prayuth Chan-ocha.

Baca Juga :
Demikian pembahasan terkait dengan Kepala Negara dan Pemerintahan Thailand, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Kepala Negara dan Pemerintahan Thailand