Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu dan Seni

Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu dan Seni - Beberapa pertanyaan seputar sejarah sering kita dengar, salah satunya kenapa atau mengapa sejarah disebut sebagai ilmu dan seni. Keduanya merupakan ruang lingkup sejarah. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan ulasan sebelumnya, yaitu tentang pengertian, ciri-ciri dan contoh sejarah sebagai peristiwa dan kisah. Arti sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian di masa lalu yang benar-benar terjadi atau kenyataan yang benar-benar nyata.

Sementara sejarah sebagai kisah adalah penafsiran peristiwa sejarah di masa lalu yang dilakukan oleh seseorang. Artinya sejarah disusun berdasarkan pernyataan/pengalaman masa lampau yang di paparkan dari sejarah sebagai peristiwa. Lalu mengapa sejarah disebut sebagai ilmu dan seni? berikut penjelasannya secara singkat.
Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu dan Seni

Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu dan Seni

Sejarah dapat dikatakan sebagai ilmu karena memiliki obyek yang definitif, yaitu pertama, apa yang telah dibuat oleh manusia di masa lampau ada kaitannya dengan masa kini dan masa mendatang. Kedua, formulasi kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan, berupa cerita sejarah yang disusun secara ilmiah.

Ketiga, metode yang efisien, baik dalam mengumpulkan sumber, interpretasi, kritik sumber maupun historiografinya. Keempat, sistematika penyusunan tertentu, yang dimulai dari langkah awal penyusunan sejarah hingga langkah terakhir penulisan sejarah.


Kemudian kenapa sejarah dikatakan sebagai seni, karena sejarah dapat dikatakan memiliki cabang ilmu humaniora atau memandang pewarisan dan pemeliharaan budaya, yaitu sopan-santun, adat –istiadat, pengalaman, pikiran, tokoh-tokoh, agama , lembaga dan sastra.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai alasan mengapa sejarah disebut sebagai ilmu dan seni. Semoga pembahasan singkat ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel informatif dan menarik seputar sejarah lainnya. Sekian, terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu dan Seni