Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pemenang Perang Dunia 1 dan 2 Beserta Penjelasannya

Siapa pemenang perang dunia 1 dan 2? Setiap pertempuran pasti terdapat pihak yang menang dan kalah, demikian pula saat terjadinya PD I maupun PD II.  Pemenang yang dimaksud meliputi negara dalam arti sempit, dan dalam sekala besar pihak blok (sekutu-sekutu dalam perang). Seperti yang kita ketahui, perang dunia 1 adalah perang modern awal yang melibatkan banyak negara-negara di dunia. Berakhirnya perang dunia pertama kemudian dilanjutkan dengan perang dunia kedua. Kedua perang ini masuk dalam kategori perang dalam sekala besar di dunia, baik jumlah negara yang terlibat, pasukan militer, maupun dampak yang ditimbulkan sangat luas.

Perang dunia 1 dimulai pada tanggal 28 Juli 1914. Perang ini melibatkan dua kekuatan besar di dunia yang saling bertentangan, yaitu blok Sekutu dan blok Sentral. Kemudian perang dunia II adalah perang lanjutan dari PD I, dimulai pada tanggal 1 September 1939. Perang ini berlangsung kurang lebih selama 6 tahun, pihak yang berperang adalah blok sekutu dan blok poros. Lalu siapa pemenang perang dunia 1 dan perang dunia 2? Berikut ini penjelasannya.
Pemenang Perang Dunia 1 dan 2

Artikel Terkait :

Pemenang Perang Dunia 1

Pemenang dalam perang dunia I adalah blok sekutu. Anggota negara-negara blok sekutu meliputi : Britania Raya, Perancis, Rusia, Amerika Serikat, Italia, Australia, Kanada, India, Rumania, Kekaisaran Jepang, Belgia, Rumania dan Yunani. Sementara pihak yang kalah adalah blok sentral. Anggotanya terdiri dari Kekaisaran Jerman, Austria-Hungaria, Kesultanan Utsmaniyah, dan Bulgaria.


Perang dunia 1 secara resmi berakhir setelah dilakukannya perjanjian Versailles pada tahun 1919. Dalam perjanjian tersebut, pihak jerman mengaku bertanggungjawab atas perang dan bersedia untuk membayar biaya perbaikan yang disebabkan karena perang. Selain itu, Jerman menyerahkan sejumlah wilayah kekuasaan kepada pihak pemenang (blok Sekutu). Perjanjian Versailles juga menjadi latar belakang dibentuknya LBB (Liga Bangsa Bangsa) pada tanggal 28 Juni 1919.

Pemenang Perang Dunia 2

Sama seperti PD I, pemenang dalam perang dunia ke dua yaitu dari pihak sekutu. Negara yang terlibat perang di pihak sekutu meliputi Uni Soviet, Amerika Serikat, Imperium Britania, Tiongkok, Perancis, Australia, Kanada, Polandia, Yugoslavia, Belanda, Belgia, dll. Sementara dari pihak blok poros terdiri dari negara-negara seperti Jerman, Kekaisaran Jepang, Italia, Hungaria, Rumania dan Bulgaria.


Perang dunia II berakhir setelah dua kekuatan besar blok poros dapat ditaklukkan, yakni Jerman dan Jepang. Pasukan Jerman dapat dikalahkan dan menyatakan menyerah pada tanggal 29 April 1945 di Italia. Penyerahan diri Jerman ditandatangani pada tanggal 7 Mei di Reims. Pada tanggal 11 Juli pihak sekutu menyetujui perjanjian penyerahan tersebut di Postdam.

Namun kekalahan Jerman dan perjanjian tersebut tidak digubris oleh pihak Jepang. Jepang mengabaikan persyaratan/perjanjian Potsdam. Hal ini kemudian membuat Amerika geram, dan selanjutnya menjatuhkan Bom Atom di kota Hirosima dan Nagasaki pada awal bulan Agustus tahun 1945. Akibat kekalahan Jepang dan pengeboman tersebut, kemudian membuat Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945 dari pihak sekutu.

Kesimpulan
'
Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat kita ketahui bahwa Perang Dunia 1 dimenangkan oleh pihak sekutu sementara pihak yang kalah adalah blok sentral. Kemudian pemenang Perang Dunia 2 adalah pihak sekutu, pihak yang kalah yaitu blok poros.

Baca Juga :
Demikian pembahasan mengenai Pemenang Perang Dunia 1 dan 2 serta penjelasannya secara singkat. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna sehingga menambah wawasan pembaca semua. Baca juga artikel seputar perang lainnya, kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pemenang Perang Dunia 1 dan 2 Beserta Penjelasannya