Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Dongeng, Mitos, Legenda Beserta Contohnya

Pengertian Dongeng, Mitos, Legenda Beserta Contohnya – Kita sering ditanya oleh guru mengenai apa yang dimaksud dengan dongeng, mitos dan legenda. Ketiganya memang jika kita bayangkan memiliki arti dan makna yang hampir sama. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar pertanyaan tersebut beserta beberapa contohnya.

Dongeng, mitos dan legenda merupakan jejak sejarah lisan yang sering disebut folklor. Selain folklor lisan, terdapat juga folklor bukan lisan yang berisi kebenaran. Secara umum, pengertian folklor adalah adat istiadat dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun, tapi tidak dibukukan.
Pengertian Dongeng, Mitos, Legenda Beserta Contohnya

Pengertian Dongeng dan Contohnya

Secara umum, pengertian Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dahulu yang aneh-aneh). Dongeng sering kita dengar dari orang tua, yang terus-menerus diceritakan kepada anaknya. Selain itu, dongeng juga berkembang dan diceritakan di kalangan masyarakat.

Contoh Dongeng : Mislanya cerita tentang para dewa.

Pengertian Mitos dan Contohnya

Pengertian mitos adalah cerita rakyat atau suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu yang dianggap benar-benar terjadi oleh masyarakat di lingkungan tersebut. Mitos berisi penafsiran tentang asal-usul alam semesta, manusia pertama, dan asal usul bangsa tersebut terjadinya maut dan sebagainya.

Beberapa teori tentang mitos, antara lain :
  • Etimologi : Dipelopori oleh Max Muller. Ia menemukan asal-usul mitos dalam nama-nama yang dilahirkan oleh tokoh-tokoh mitos.
  • Simbolis : Dipelopori oleh Cratos : Ia menyatakan bahwa di dalam mitos terdapat simbol ujud proses alam atau ide tentang dunia fisik.
  • Euhenerisme : Berasal dari nama seorang filsofil Yunani Euhenerus, yang menganggap mitos sebagai cerita tentang perbuatan seseorang pahlawan dunia dan kepahlawanannya dimunculkan oleh martabat Dewa-Dewa.
Mitos di Indonesia secara umum berisi tentang dunia Dewata, susunan para Dewa, terjadinya manusia pertama, terjadinya alam, dewa pelindung makam dan lain sebagainya. Mitos ini dapat menjadi bahan penulisan sejarah lokal, hanya saja cara pengambilan mitos sebagai bahan sejarah harus sangat hati-hati dan bijaksana.

Contoh Mitos di Indonesia : Mitos Sangkuriang, Nyi Rorokidul, dan Roro Jonggrang.

Ketiga mitos tersebut menggambarkan nilai moral dan kepercayaan masyarakat setempat. Meskipun demikian tokoh-tokoh tersebut tidak pernah ada dalam sejarah yang sebenarnya tetapi sangat dipercaya oleh masyarakat. Mitos-mitos tersebut meskipun memiliki fungsi dan tujuan yang baik untuk masyarakat tetapi mitos tersebut bukan sejarah.

Adapun ilmu yang digunakan untuk mempelajari tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus pada suatu kebudayaan disebut mitologi.

Pengertian Legenda dan Contohnya

Pengertian Legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang dianggap sebagai suatu kejadian yang sesungguhnya oleh yang memiliki cerita tersebut. Legenda dalam beberapa hal berisi kebenaran. Sehingga legenda dapat dijadikan sumber sejarah. Contohnya berdasarkan legenda Helen of Troy ditemukan situs kota Troya lama.

Tetapi tidak semua legenda mengandung fakta sejarah sehingga legenda tersebut tidak langsung mengandung nilai sejarah. Contohnya, legenda Si Pitung yang sangat terkenal di lingkungan masyarakat Betawi, yang cenderung bersifat dongeng. Contoh legenda lainnya seperti Legenda terjadinya Dusun Tumang Kecamatan Cepogo, Legenda terjadinya Desa Simo dan lain sebagainya.

Tetapi yang jelas legenda yang langsung atau tidak langsung mengandung nilai sejarah tetapi harus diberi penjelasan secukupnya agar tidak timbul kesalahan interpretasi sumber-sumber sejarah.

Selain folklor yang sudah disebutkan diatas, yakni dongeng, mitos dan legenda, terdapat satu lagi adat istiadat atau cerita rakyat yang masuk dalam kategori folklor, yaitu nyanyian atau lagu-lagu daerah. Sama seperti ketiganya, nyanyian lagu daerah ini diturunkan secara turun-temurun oleh masyarakat. Baca : Folklor Nyanyian atau Lagu Daerah beserta Contohnya

Baca Juga :
Demikian pembahasan materi mengenai pengertian dongeng, mitos dan legenda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca, sehingga wawasan sejarah bertambah luas. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar sejarah. Sekian, terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Dongeng, Mitos, Legenda Beserta Contohnya