Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Iklan Baris dan 4 Contohnya

Pengertian Iklan Baris dan Contohnya - Perlu kalian ketahui, jenis-jenis iklan digolongkan berdasarkan sifat, tujuan dan ruangnya. Iklan baris masuk dalam kategori iklan berdasarkan ruangnya bersama dengan iklan kolom. Pengertian iklan baris adalah salah satu cara promosi baik itu barang maupun jasa yang dilakukan pada umumnya di dalam koran-koran.

Iklan baris tidak menggunakan gambar seperti halnya iklan kolom. Isi iklan baris mengutamakan informasi paling inti yang ditulis secara singkat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca sehingga informasi yang dimuat dapat mudah dipahami.

Baca Juga : Pengertian Iklan Penawaran, Permintaan dan Pengumuman
Pengertian Iklan Baris dan Contohnya
Namanya saja iklan baris, iklan ini hanya membutuhkan beberapa baris saja. Koran biasanya menyediakan 3 hingga 5 baris beserta kolom nomor telepon si pembuat iklan. Iklan baris dimuat secara berkelompok berdasarkan isi atau kategorinya.

Contohnya iklan baris penjualan barang dipisahkan dengan iklan pencarian barang. Pengelompokan penjualan juga dipisahkan secara rinci seperti motor, mobil, rumah dan tanah. Pemasang iklan biasanya mencantumkan alamat rumah dan nomer telepon yang bisa dihubungi sebagai informasi wajib yang tidak boleh dilupakan.

Biaya pemasangan iklan baris tentu lebih murah daripada memasang iklan kolom bergambar maupun iklan lainnya. Karena iklan jenis ini memiliki ukuran yang kecil. Selain itu, pemuatannya juga sederhana dan cepat dalam proses penerbitan.

  • Tampilan iklan baris pada umumnya berwarna hitam putih.
  • Kolom iklan bari memiliki ukuran 3x5 cm.
  • Iklan baris terdiri dari 3 hingga 5 baris.
  • Isinya to the point tanpa basa basi.
  • Terdapat informasi lebih lanjut berupa alamat dan no hp yang bisa dihubungi.
  • Iklan baris pada umumnya berada di koran dan media cetak lainnya.
  • Keterangan dalam iklan baris bisa saja berupa singkatan, contohnya rm : rumah.
  • Sangat jarang sekali iklan baris memuat gambar.

Contoh Iklan Baris

Contoh iklan baris sangat banyak, beberapa diantaranya meliputi iklan baris penawaran, penjualan, pencarian dan lowongan kerja. Iklan baris penawaran dan penjualan hampir sama, isinya menjual dan menawarkan barang maupun jasa. Barang dan jasa yang dijual dan ditawarkan merupakan produk baru yang belum populer, sehingga memerlukan promosi agar lebih cepat diketahui oleh masyarakat.

Iklan baris pencarian biasanya berisi pencarian barang tertentu untuk dibeli, mencari rumah, tanah, guru les atau bahkan pencarian orang hilang. Kemudian iklan baris lowongan kerja berisi informasi lowongan kerja terbaru dan terupdate. Contoh iklan baris ini ditujukan kepada para pencari kerja. Berikut ini beberapa contoh iklan baris di koran :

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja :

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

Contoh Iklan Baris Penjualan Sepeda Motor :

Contoh Iklan Baris Penjualan Sepeda Motor

Contoh Iklan Baris Penjualan Rumah : 

Contoh Iklan Baris Penjualan Rumah

Contoh Iklan Baris Penjualan Tanah : 

Contoh Iklan Baris Penjualan Tanah
Baca Juga :
Demikian pembahasan mengenai Pengertian Iklan Baris dan Contohnya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya, kurang lebih kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Iklan Baris dan 4 Contohnya