Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Iklan Penawaran, Permintaan dan Pengumuman

Pengertian Iklan Penawaran, Permintaan dan Pengumuman - Definisi iklan secara umum adalah informasi yang berisi ajakan kepada pembaca untuk melihat, memiliki, menggunakan atau membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Jenis iklan dikelompokkan menjadi 3, yaitu berdasarkan sifat, ruang dan tujuannya. Berdasarkan sifat, terdiri dari iklan niaga (komersial) dan iklan non niaga (iklan layanan masyarakat).

Kemudian iklan berdasarkan ruang meliputi iklan baris dan iklan kolom. Iklan baris merupakan iklan singkat yang terdiri dari beberapa baris, sementara iklan kolom atau iklan display adalah iklan berdasarkan kolom. Ketiga yaitu iklan berdasarkan jenisnya, dibedakan menjadi 3, terdiri dari iklan penawaran, iklan permintaan dan iklan pengumuman. Lalu apa pengertian ketiga iklan tersebut? Berikut ini penjelasannya.
Pengertian Iklan Penawaran, Permintaan dan Pengumuman

Pengertian Iklan Penawaran

Pengertian iklan permintaan adalah jenis iklan yang berisi ajakan kerjasama yang dilakukan oleh pengiklan kepada si "pembaca" (lapisan masyarakat). Kerjasama yang dimaksud bertujuan untuk saling menguntungkan antara satu sama lain. Contoh iklan penawaran misalnya iklan lowongan kerja, jenis iklan ini banyak kita jumpai di dalam koran.

Pengertian Iklan Permintaan

Jenis iklan penawaran masuk dalam iklan niaga. Pengertian iklan niaga adalah iklan yang berisi penawaran produk barang atau jasa kepada masyarakat, tujuannya agar si pembaca mau menggunakan dan membeli barang yang dipromosikan melalui iklan. Contoh iklan penawaran yaitu ikan produk dan barang baru yang memerlukan promosi, penawaran jasa servis komputer dan laptop dll.

Baca Juga :
1. Ciri-Ciri Iklan Layanan Masyarakat
2. Ciri-Ciri Iklan Baris dan Kolom

Pengertian Iklan Pengumuman

Berbeda dengan kedua jenis iklan diatas, pengertian iklan pengumuman adalah iklan yang tujuannya memberitahu kepada masyarakat tentang pengetahuan atau pengumuman tertentu. Misalnya seperti kabar terbaru, peristiwa penting, kematian, dan pernikahan. Contoh iklan pengumuman yang sering kita jumpai adalah iklan ucapan selamat ulang tahun dan berita duka.

Itulah penjelasan ketiga iklan berdasarkan tujuannya, meliputi pengertian iklan penawaran, permintaan dan pengumuman. Jika kita analisis, iklan tidak semuanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Salah satu jenis iklan tersebut adalah iklan pengumuman dan iklan layanan masyarakat.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai Pengertian Iklan Penawaran, Permintaan dan Pengumuman, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif seputar promosi dan iklan. Kurang lebihnya kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Iklan Penawaran, Permintaan dan Pengumuman