Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) dan Contohnya

Pengertian Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) dan Contohnya - Menurut peraturan perundang-undangan HAM yang dimaksud dengan pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi, membatasi atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang, dan tidak mendapat atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan hukum yang berlaku. (Pasal 1 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM).

Berdasarkan pengertian tersebut semakin jelas bahwa pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dapat dilakukan oleh negara atau penyelenggara negara, dapat pula dilakukan oleh perorangan, kelompok orang atau dan masyarakat. Banyak pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, contohnya seperti pelecehan, kerusuhan, pembakaran, pembunuhan dan sebagainya.
Pengertian Pelanggaran HAM

Contoh Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, telah terjadi berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM), baik pada masa pemerintahan orde lama, orde baru maupun di era reformasi. Berikut ini contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia :
  1. Peristiwa malari pada tanggal 15 Januari 1974
  2. Kaus Tanjung Priok 1984
  3. Kasus terbunuhnya Marsinah, seorang aktivis buruh perempuan di Jawa Timur tahun 1993
  4. Kasus wartawan Bernas, Faud Mohammad Safrudin (Udin) pada tahun 1996
  5. Kasus kerusuhan di Poso Sulawesi
  6. Kasus kerusuhan di Ambon Maluku
  7. Kasus kerusuhan di Sambas Kalimantan
  8. Kasus kerusuhan di Sampit Kalimantan
  9. Kasus waduk Nipah di Madura yang memakan korban jiwa
  10. Kasus tertembaknya beberapa mahasiswa Tri Sakti bulan Mei 1998
  11. Peristiwa Semanggi I bulan November 1998
  12. Peristiwa Semanggi II tahun 1996 dan lain-lain.
Kita sebagai warga negara mengharapkan pelanggaran hak asasi manusia dapat ditangani secara baik, karena pelanggaran HAM hanya akan mengakibatkan penderitaan, kesengsaraan, kerusakan, dan kehancuran yang dapat merugikan bangsa Indonesia. Penyelesaian kasus pelanggaran HAM diharapkan benar-benar adil dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia (HAM)

Siapakah yang paling bertanggungjawab terhadap upaya penegakan HAM di Indonesia? Menurut hukum yang bertanggungjawab terhadap upaya penegakan HAM di Indonesia adalah negara terutama pemerintah. Hal tersebut sebagaimana diatur dalam UUD 1945 pasal 28 ayat (4) yang menyatakan bahwa "perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggungjawab negara, terutama pemerintah".

Akan tetapi upaya penegakan pelanggaran HAM tidak semata-mata diserahkan sepenuhnya kepada negara atau pemerintah. Dalam hal ini dibutuhkan peran serta atau partisipasi masyarakat. Tanpa adanya partisipasi dari masyarakat upaya penegakan hak asasi manusia tidak akan berjalan baik. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu ragu-ragu melaporkan bila terjadi kasus pelanggaran HAM, baik yang menimpa diri sendiri maupun orang lain.

Adapun bentuk partisipasi masyarakat dalam penegakan hak asasi manusia (HAM) dapat dilakukan dengan cara :
  • Menyampaikan laporan atas terjadinya kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) kepada Komnas HAM atau lembaga lain yang berwenang.
  • Mengajukan usulan mengenai perumusan dan kebijakan yang berkaitan dengan hak asasi manusia kepada usulan Ham dan atau lembaga lainnya.
  • Melakukan penelitian, pendidikan dan penyebarluasan informasi mengenai hak asasi manusia.
Dari beberapa kasus yang sudah disebutkan diatas, jika kita cermati terjadinya pelanggaran HAM itu disebabkan oleh faktor, antara lain :
  1. Tidak semua orang memiliki kesadaran tentang pentingnya HAM.
  2. Masih rendahnya kesadaran hukum masyarakat.
  3. Terbatasnya jumlah aparat penegak hukum dan atau kurang optimalnya pelaksanaan fungsi lembaga penegak hukum.
  4. Rendahnya rasa tanggungjawab seseorang.
Baca Juga :
Itulah rangkuman materi tentang Pengertian Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) dan Contohnya. Semoga dapat berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya, kurang lebih kami mohon maaf. Sekian terima kasih
Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) dan Contohnya