Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian sejarah secara umum dan pengertian sejarah menurut para ahli secara singkat, lengkap dan detail. Sejarah merupakan sebuah kata yang sangat tidak asing bagi kita. Berbagai peristiwa sejarah, baik bersifat lokal, nasional, regional, maupun internasional sering kita dengar bahkan mungkin melihatnya langsung.

Namun, pernahkah kita berfikir apakah pengertian sejarah sebenarnya? Bagaimana suatu peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau dapat dihadirkan kembali pada masa kini? Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini marilah kita pelajari tentang pengertian dan ruang lingkup sejarah dibawah ini.
Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Secara Umum

Secara umum, pengertian sejarah adalah kisah atau cerita yang mengungkap peristiwa-peristiwa kehidupan masa lampau umat manusia. Peristiwa masa lampau tersebut dapat diketahui melalui bukti-bukti peninggalannya yang lazim disebut sumber sejarah. Sumber-sumber sejarah tersebut ada yang tertulis dan ada juga yang tidak tertulis (sumber lisan dan sumber benda).


Masyarakat pra sejarah belum meninggalkan jejak tertulis, sehingga belum banyak keterangan yang bisa kita ketahui. Namun meskipun demikian mereka meninggalkan alat-alat maupun jejak-jejak sejarah. Dengan peninggalan-peninggalan itu para ahli dapat membuat kisah tentang mata pencaharian hidup, sistem kepercayaan, dan sebagainya. Setelah memasuki zaman sejarah orang sudah mulai mengenal tulisan sehingga banyak peninggalan-peninggalan tertulis yang kita ketahui.

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

Dilihat dari asal usul bahasa, kata sejarah dalam bahasa Indonesia, berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu mengambil aslinya dari bahasa Arab : "Syajarah". Kata tersebut masuk pada perbendaharaan bahasa Indonesia (Melayu) setelah terjadinya akulturasi (percampuran) kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Islam, yaitu puncaknya sekitar abad ke 13. Lidah Melayu mengucapkan kara syajarah menjadi sejarah.

Ada bermacam kemungkinan arti sejarah, yaitu : pohon, keturunan, asal-usul dan juga identik dengan istilah silsilah atau riwayat. Seperti kita ketahui bersama, pohon adalah tumbuhan yang berasal dari biji. Dari biji inilah mula-mula tumbuh akar, kemudian batang, dari batang ini tumbuh pula cabang dan kemudian ranting seterusnya, dahan dan ranting selalu tumbuh, dan tumbuh terus dan selalu tumbuh.
Istilah sejarah sama dengan pengertian history dalam bahasa Inggris, gescheiedneis dalam bahasa Belanda, storia dalam bahasa Italia, dan histoire dalam bahasa Perancis. Sedangkan kata sejarah dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata history dan berasal dari kata benda Yunani lampau. Dalam perkembangannya pengertian sejarah terdapat beberapa pengertian dari para ahli untuk perbandingan agar mendapat pengertian sejarah yang mendekati sempurna dan kesadaran sejarah yang mendalam.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian sejarah menurut para ahli antara lain sebagai berikut :

1. Kuntowijoyo 
Sejarah menyuguhkan fakta secara diakkronis, ideografis, unik dan empiris.

2. J.S.Poerwadarminta
Dalam bukunya berjudul "Kamus Umum Bahasa Indonesia" menuliskan tiga pengertian sejarah, meliputi pertama : kesusasteraan, silsilah, asal usul. Kedua, kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lampau. Ketiga, ilmu pengetahuan, cerita, pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat.

3. R. Aron 
Sejarah adalah kajian tentang masa lalu manusia.

4. J. Huizinga
Sejarah adalah bentuk intelektual di mana suatu peradaban menceritakan dirinya sendiri mengenai masa lalunya.

5. James Harvey Robinson
Sejarah dalam arti kata yang luas adalah semua yang kita ketahui tentang setiap hal yang pernah manusia lakukan, pikirkan dan rasakan.

6. Francis Bacon
Sejarah mempelajari hal-hal yang berkisar dalam waktu dan tempat, dengan menggunakan ingatan sebagai instrumen esensialnya.

7. Voltaire
Sejarah adalah suatu narasi fakta-fakta yang diterima sebagai sesuatu yang benar yang berbeda dengan fabel (narasi fakta-fakta yang tidak benar dan fiktif).

8. R.Moh Ali
Dalam bukunya penghantar ilmu sejarah menegaskan bahwa kata sejarah mengandung arti :
  • Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
  • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
  • Cerita tentang perubahan-perubahan, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas dari peristiwa tersebut.
9. Herodotus
Ia menyatakan bahwa sejarah tidak berkembang kearah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. 

Baca Juga :
  • Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni
  • Pengertian Sumber, Bukti dan Fakta Sejarah
  • Pengertian Periodisasi dan Kronologi Sejarah
Demikian rangkuman materi tentang pengertian sejarah secara umum, menurut bahasa dan pengertian sejarah menurut beberapa ahli. Semoga informasi materi ini dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua, baca juga materi sejarah lainnya. Terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli