Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Sumpah Pemuda dan Maknanya Bagi Pelajar

Pengertian Sumpah Pemuda dan Maknanya Bagi Pelajar - Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama membahas mengenai pengertian sumpah pemuda baik itu secara umum maupun menurut para ahli. Selain pengertian sumpah pemuda, beberapa sub materi juga akan kita bahas, seperti isi dan makna sumpah pemuda bagi pelajar serta bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Apa itu pengertian sumpah pemuda? Setiap tahun kita selalu memperingati hari sumpah pemuda, namun terkadang ada sebagian orang yang belum mengetahui makna dari peristiwa yang terjadi pada tanggal tersebut di masa lalu. Sebagian masyarakat hanya mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain tanpa ada niat untuk mengetahui sejarah peristiwa masa lalu pada tanggal tersebut.
Pengertian Sumpah Pemuda
Gedung Sumpah Pemuda
Hari sumpah pemuda merupakan hari penting bagi bangsa Indonesia. Tepat pada tanggal 28 Oktober, kita selalu memperingati peristiwa sumpah pemuda yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari nasional, namun bukan berarti menjadi hari libur. Lalu apa pengertian sumpah pemuda? Berikut ini penjelasannya beserta isi dan maknanya.

Pengertian Sumpah Pemuda 

Pengertian secara umum, sumpah pemuda terdiri dari dua kata, yaitu "sumpah" dan "pemuda". Sumpah adalah ucapan yang tujuannya untuk menyakinkan orang lain terhadap sesuatu yang dilakukan, disebut juga ikrar. Kemudian pemuda adalah individu yang dilihat secara fisik dan emosional sedang mengalami perkembangan. Maka pengertian pemuda dalam konteks secara umum adalah ikrar atau sumpah yang dilakukan pemuda untuk menyakinkan orang lain terhadap apa yang sedang dilakukan.

Berdasarkan sejarahnya, pengertian sumpah pemuda adalah suatu tonggak utama sejarah pergerakan kemerdekaan yang berlangsung di Indonesia pada masa lalu. Sumpah pemuda merupakan ikrar berdasarkan putusan kongres pemuda kedua yang dilangsungkan pada tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928 (2 hari) di Batavia (sekarang Jakarta).

Keputusan kongres kedua memuat tiga poin penting cita-cita pemuda pada saat itu, yakni akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia" dan "bahasa Indonesia". Keputusan kongres diharapkan dapat disiarkan di seluruh surat kabar dan dibacakan di saat rapat serta dijadikan sebagai asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia.

Putusan atau rumusan kongres pada awalnya ditulis oleh Muhammad Yamin di secarik kertas, yang kemudian disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario sedang berpidato saat sesi terakhir kongres. Putusan kongres kemudian disetujui oleh Soegondo, ditandai dengan paraf setuju. Setelah anggota lain juga menyatakan setuju, pada awalnya putusan kongres dibacakan oleh Soegondo. Namun kemudian dilanjutkan dijelaskan panjang lebar oleh Muhammad Yamin.

Berikut ini bunyi teks putusan kongres atau lebih kita kenal dengan isi sumpah pemuda, antara lain :
Pertama:
  • Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
  • Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
  • Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar

Pada saat itu, makna sumpah pemuda adalah sebagai tonggak bagi perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Sumpah pemuda merupakan momentum penting yang dapat mempersatukan perjuangan bangsa Indonesia. Lalu apa makna sumpah pemuda bagi pelajar Indonesia di zaman sekarang? Berikut ini penjelasannya.

Ada dua makna peristiwa sumpah pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 bagi pelajar Indonesia saat ini, yaitu :

1. Sumpah Pemuda sebagai Inspirasi Rela Berkorban

Kongres pemuda pada saat itu merupakan peristiwa penting yang mempertaruhkan nyawa, karena aturan ketat dari pemerintah Hindia Belanda yang melarang adanya aktivitas/perkumpulan dengan tujuan kemerdekaan Indonesia. Semangat rela berkorban bisa menjadi contoh bagi para pelajar di zaman sekarang. Selain rela berkorban, keberanian dan kecerdikan pemuda saat itu juga patut untuk ditiru dan diteladani.

2. Sumpah Pemuda sebagai Inspirasi Cinta Tanah Air

Kongres pemuda yang memutuskan tiga poin penting diatas bisa menjadi inspirasi pemuda di zaman sekarang untuk lebih mencintai negara Indonesia (cinta tanah air). Pemuda saat itu berusaha untuk mempersatukan Indonesia yang terdiri dari banyak suku dan bahasa, yang kemudian disatukan dibawah nama Indonesia.

Baca Juga :
  • Tokoh Sumpah Pemuda Beserta Biodata dan Perannya
  • Latar Belakang Sumpah Pemuda Secara Singkat
  • Tujuan Sumpah Pemuda Tahun 1928
Itulah rangkuman materi tentang pengertian sumpah pemuda beserta isi dan maknanya bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia pada saat itu serta penjelasan makna sumpah pemuda bagi pelajar di zaman sekarang. Semoga uraian diatas dapat menambah wawasan kalian akan sejarah Indonesia.
Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Sumpah Pemuda dan Maknanya Bagi Pelajar