Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Waruga dan Fungsinya disertai Gambar

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan pengertian waruga dan fungsinya disertai beberapa contoh gambarnya. Dikutip dari wikipedia, pengertian waruga adalah makam leluhur orang-orang suku Minahasa yang terbuat dari batu, maka sering disebut dengan istilah kubur batu. Kebiasaan ini dilakukan oleh orang Minahasa sejak abad ke IX hingga tahun 1870, dan digantikan dengan peti mati. Maka dapat dengan mudah kita ketahui bahwa fungsi waruga yaitu untuk mengubur orang Minahasa yang telah meninggal pada zaman dahulu.

Pengertian Waruga dan Fungsinya

Dari penjelasan singkat diatas, dapat kita ketahui bawah pengertian waruga adalah makam para leluhur Minahasa yang dibuat menggunakan batu. Kubur batu atau waruga berbentuk kotak pada bagian bawah, sementara atasnya segitiga mirip bubungan rumah. Dibagian tengah terdapat ruang yang digunakan untuk menaruh mayat/orang meninggal.

Mayat diletakkan dengan posisi duduk, tumit kaki menempel ke pantat, kepala mencium lutut,  dan posisinya menghadap ke utara. Sebelum kebiasaan ini dilakukan, dulunya suku Minahasa menguburkan orang meninggal ke dalam tanah dengan dibungkus daun woka. Pada perkembangan selanjutnya terjadi perubahan, yakni orang meninggal dimasukkan ke dalam rongga pohon sebelum di kubur dalam tanah.
Gambar Waruga / Kubur Batu
Gambar Waruga atau Kubur Batu
Pada perkembangan selanjutnya kubur batu mulai dilakukan, hingga kemudian berakhir pada tahun 1870. Berakhirnya tradisi kubur batu disebabkan karena dikhawatirkan dapat menularkan bibir penyakit yang berbahaya yaitu kolera dan tipus. Penularan penyakit dikarenakan terdapat celah diantara badan waruga dan bagian atasnya. Selain itu, penyebab lain kebiasaan ini mulai ditinggalkan adalah karena agama Kristen mulai berkembang di daerah Minahasa yang mengharuskan mayat dikubur di dalam tanah.

Uniknya, di bagian luar waruga terdapat ukiran relief yang menggambarkan jasad di dalamnya, seperti mata pencaharian atau pekerjaan orang tersebut semasa hidup. Keberadaan Waruga kebanyakan terdapat di wilayah Minahasa Utara. Awalnya lokasinya tersebar di seluruh desa, namun kini telah dikumpulkan menjadi satu di beberapa desa.

Beberapa desa yang dimaksud meliputi desa Airmadidi Bawah 211 buah, desa Sawangan 144 buah, dan kelurahan Rap-Rap 15 buah. Jumlah totalnya sekitar 370. Di zaman sekarang, keberadaan waruga merupakan aset sejarah yang harus dilindungi. Selain memiliki nilai historis, keberadaannya menjadi salah satu tujuan wisata di Sulawesi Utara.

Kesimpulan 

Berdasarkan penjelasan pengertian waruga diatas, dapat kita ketahui bahwa fungsi waruga yaitu sebagai tempat untuk menguburkan orang-orang Minahasa yang telah meninggal dunia dengan ketentuan-ketentuan yang sudah disebutkan diatas, salah satunya dengan posisi duduk menghadap ke utara melambangkan bahwasanya orang Minahasa berasal dari Utara.

Baca Juga :
Sumber : Wikipedia

Demikian pembahasan singkat terkait dengan Pengertian Waruga dan Fungsinya disertai Gambar. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya tentang sejarah maupun tempat wisata di Indonesia maupun dunia. Kurang lebihnya kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Waruga dan Fungsinya disertai Gambar