Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Penyebab Perang Dunia 1 Secara Umum dan Khusus

Penyebab Perang Dunia 1 -  Dalam setiap pertempuran atau peperangan tentu memiliki sebab atau latar belakang yang menjadi pokok permasalahan. Penyebab perang dunia 1 dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Sebab umum bisa diartikan sebagai penyebab tidak langsung, artinya bukan permasalahan utama. Sementara sebab khusus adalah penyebab langsung yang menjadi pemicu utama perang dunia 1. 

PD 1 atau Perang Dunia I adalah pertempuran dahsyat yang melibatkan negara-negara besar di dunia. Perang ini berlangsung pada tanggal 28 Juli 1914 hingga berakhir pd tanggal 11 November 1918. Latar belakang atau penyebab umum terjadinya peruang dunia 1 dibagi menjadi 4, yaitu adanya perlombaan senjata, timbulnya politik mencari sekutu, pertentangan antar negara dan adanya pergerakan kebangsaan rakyat di Semenanjung Balkan.
Penyebab Perang Dunia 1 Secara Umum dan Khusus
Namun dibalik sebab-sebab umum tersebut, terdapat penyebab khusus atau secara langsung yang memicu pecahnya Perang Dunia 1. Sebab khusus yang dimaksud adalah terbunuhnya putra mahkota Hongaria bernama Frans Ferdinand. Berikut ini penjelasan singkat terkait dengan penyebab perang dunia 1 secara umum dan khusus yang sudah disebutkan tersebut.

Penyebab Perang Dunia 1 Secara Umum

1. Adanya Perlombaan Senjata
Perlombaan pembuatan senjata modern terjadi khususnya di Eropa. Negara-negara eropa seperti Jerman, Inggris dan Rusa berlomba-lomba menciptakan senjata modern canggih pemusnah massal. Perlombaan senjata dilakukan agar negara tersebut ditakuti dan diakui oleh negara lain. Adanya perlombaan senjata kemudian menjadi mudahnya setiap negara terprovokasi, dan menyatakan perang.

2. Timbulnya Politik Mencari Sekutu
Selain perlombaan senjata, politik mencari sekutu atau aliansi juga berkembang yang kemudian memunculkan dua kubu yang saling bertentangan. Kedua kubu yang dimaksud adalah blok sekutu dan blok sentral. Adanya politik aliansi ini kemudian menimbulkan persaingan yang semakin memanas. Setiap negara terikat dengan kerjasama dan perjanjian. Apabila ada salah satu anggota yang terlibat perang, tentu anggota blok lain ikut terlibat dalam peperangan tersebut.

3. Pertentangan Antar Negara
Penyebab perang dunia secara umum ketiga adalah pertentangan antar negara yang saling memperebutkan daerah jajahan atau disebut imperialisme. Setiap negara besar mengincar daerah jajahan yang kaya akan sumber daya alam. Hal ini disebabkan karena setelah revolusi industri setiap negara industri memerlukan bahan baku. Selain bahan baku, mencari wilayah pemasaran juga penting untuk dilakukan.

4. Adanya Pergerakan Kebangsaan Rakyat di Semenanjung Balkan
Gerakan kebangsaan yang berlangsung di Semenanjung Balkan merupakan tuntutan rakyat penganut agama Katolik untuk lepas dari kekuasaan kekaisaran Turki Osmani. Pergerakan kebangsaan ini dipelopori oleh gerakan serupa yang berlangsung di negara Serbia. Pergerakan kebangsaan rakyat di Balkan juga merupakan salah satu penyebab perang dunia 1 secara umum.

Penyebab Perang Dunia 1 Secara Khusus

Penyebab perang dunia 1 secara khusus adalah terbunuhnya Franz Ferdinand pada tanggal 28 Juni 1914. Ia merupakan pewaris tahta kekaisaran Australia-Hungaria. Franz Ferdinand dibunuh oleh anggota Tangan Hitam kelompok nasionalis Serbia bernama Gavrilo Princip di kota Sarajevo. Setelah peristiwa ini, Austria kemudian menyatakan perang terhadap Serbia. Perang kemudian semakin berkembang dan menyebar ke negara-negara lain.

Franz Ferdinand dibunuh setelah ditembak oleh Gavrilo Princip. Peluru yang di tembakan kadang-kadang disebut dengan peluru yang memulai atau memicu Perang Dunia 1. Saat ini, keberadaan peluru pemicu PD 1 disimpan di Museum Kastil Konopiste di kota Konopiste, Republik Ceko. Peluru dapat dilihat di museum tersebut, sebagai koleksi museum dan dipamerkan.

Baca Juga :
Itulah penjelasan singkat mengenai Penyebab Perang Dunia 1 Secara Umum dan Khusus. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Terimakasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Penyebab Perang Dunia 1 Secara Umum dan Khusus