Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

3 Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Apa perbedaan iklan baris dengan iklan kolom yang dimuat di dalam koran? Jenis-jenis iklan dibedakan atau dikelompokkan menjadi tiga, yaitu berdasarkan sifat, tujuan dan ruangnya. Iklan baris dan kolom merupakan jenis iklan berdasarkan ruangnya, iklan ini sering dimuat di koran maupun media cetak lainnya. Kemudian dilihat dari sifatnya terdiri dari iklan non niaga (komersial) dan non niaga (layanan masyarakat). Selanjutnya yang paling sering kita lihat adalah iklan berdasarkan tujuannya, meliputi iklan penawaran, permintaan dan pengumuman.

Baca : Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga
Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom
Iklan Baris (Kiri) dan Iklan Kolom (Kanan)
Untuk mengetahui perbedaan iklan baris dan iklan kolom, kita perlu memahami tentang pengertian, ciri-ciri dan melihat contohnya terlebih dahulu. Secara umum, pengertian iklan baris adalah iklan singkat yang terdiri dari 3 hingga 6 baris dengan ukuran kolom sekitar 3x5 cm. Jenis-jenis iklan baris sangat banyak, misalnya seperti iklan penawaran, penjualan, pencarian dan lowongan kerja.

Berikut ini ciri-ciri iklan baris, meliputi :
  • Tampilan iklan berwana hitam putih.
  • Ukuran kolom 3x5 cm.
  • Terdiri dari 3 hingga 6 baris.
  • Isi iklan singkat, langsung to the point.
  • Terdapat informasi alamat dan no hp pembuat iklan.
  • Biayanya pemasangan dihitung per baris.
Berbeda dengan iklan baris, iklan kolom adalah iklan yang bentuknya berdasarkan kolom, informasi lebih menarik karena disertai dengan gambar, isinya berupa promosi/penawaran/penjualan barang dan jasa. Ciri-ciri iklan kolom paling utama adalah terdapat gambar atau display.

Ukuran iklan kolom lebih besar, bahkan bisa satu halaman penuh di koran. Selain gambar, terdapat juga kata-kata penjelasan dan informasi mengenai produk yang ditawarkan. Pemasangan iklan kolom berdasarkan per milimeter kolom. Semakin besar ukuran kolom maka semakin tinggi harga pemasangannya.

Baca Juga : Contoh Iklan Bahasa Jawa Bergambar Terbaru

Berdasarkan penjelasan singkat kedua iklan diatas, maka dapat kita simpulkan beberapa perbedaan iklan baris dan iklan kolom, antara lain :

1. Berdasarkan Tampilan
  • Jarang ditemui iklan baris yang memuat gambar.
  • Sementara iklan kolom pasti menampilkan gambar/display.
2. Berdasarkan Ukuran
  • Ukuran iklan baris lebih kecil dibandingkan iklan kolom dan terdiri dari 3 hingga 6 baris.
  • Ukuran iklan kolom lebih besar dibandingkan iklan baris, bahkan bisa berukuran 1 halaman penuh koran.
3. Berdasarkan Biaya Pemasangan
  • Biaya pemasangan iklan baris lebih murah daripada iklan kolom, dihitung per baris.
  • Biaya pemasangan iklan kolom lebih mahal dibandingkan dengan iklan baris, dihitung ukuran kolom per milimeter.
Setelah mengetahui perbedaan iklan baris dan kolom diatas, lalu lebih memilih memasang iklan jenis apa?. Promosi barang dan jasa melalui sebuah iklan tentu berdasarkan kebutuhan dan modal yang ada. Jika semisal kita menjual motor bekas pribadi, tentu lebih memilih menggunakan iklan baris dengan kelebihannya yakni lebih murah. 

Sementara jika kita mempunyai sebuah produk barang dan jasa yang banyak jumlahnya, dan tentu mempunyai banyak modal. Memilih iklan kolom merupakan langkah tepat yang harus dilakukan, karena lebih menarik untuk dilihat oleh konsumen/pembaca. Sehingga tujuan iklan yakni promosi dan penjualan dapat tercapai dengan maksimal.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai 3 Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Kurang lebihnya kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 3 Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom