Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Sumber Daya Alam Brunei Darussalam dan Hasil Tambangnya

Jelaskan sumber daya alam Brunei Darussalam? Pertanyaan tersebut akan kami bahas secara detail, beserta hasil tambang di negara Brunei. Apa itu SDA? Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berada di lingkungan/alam yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Berdasarkan sifatnya, jenis sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui.

Kedua jenis sumber daya alam tersebut ternyata terdapat di negara Brunei Darussalam. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui contohnya air, hewan, sinar matahari, tumbuh-tumbuhan, udara dan mikroorganisme lainnya. Sementara contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu bahan galian atau barang tambang.

Baca Juga : Keadaan Alam Brunei Darussalam

Sumber Daya Alam Brunei Darussalam

Ketersediaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di negara Brunei Darussalam begitu melimpah. SDA yang dimaksud adalah minyak bumi dan gas alam. Dari hasil penggalian atau penambangan yang terus menerus dilakukan oleh perusahaan lokal maupun asing membuat pemasukan dari hasil tambang begitu tinggi.
Sumber Daya Alam Brunei Darussalam dan Hasil Tambangnya
Dikutip dari majalah Forbes (majalah bisnis dan finansial di Amerika), Brunei Darussalam memiliki ladang minyak bumi dan gas alam terkaya ke 5 dari sekitar 182 negara di dunia. Dilihat dari luasnya, negara ini memang kecil yaitu sekitar 5.765 km2, namun fakta mengenai keberadaan sumber daya alam tersebut memang begitu kebenarannya.

Ekonomi Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas alam. Hampir setengah PDB (Pendapatan Domestik Bruto) atau pendapatan negaranya dihasilkan dari ekspor minyak bumi dan gas alam. Namun disisi lain, pengeluaran untuk pekerja asing dalam bidang pertambangan juga cukup tinggi.

Pemanfaatan sumber daya alam di Brunei Darussalam tentu tidak akan selamanya dilakukan. Karena jenis SDA ini terbatas, dan akan habis apabila terus di eksploitasi. Oleh sebab itu pemerintah berupaya mengembangkan sektor ekonomi lainnya seperti industri, perdagangan dan pariwisata.

Adanya sumber daya alam melimpah yang telah dimanfaatkan, membuat negara ini kaya dan makmur. Masyarakatnya diberi keringanan oleh pemerintah berupa layanan pengobatan, perumahan dan subsidi beras. Baca : Mata Pencaharian Penduduk Brunei Darussalam

Dikutip dari wikipedia, pendapatan domestik bruto (PDB) total Brunei Darussalam tahun 2018 mencapai sebesar $30.2 miliar, sementara per kapitanya $73.233. Mata uang negara ini adalah Dolar, nilainya sama dengan Dolar Singapura.

Hasil Tambang Brunei Darussalam

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil tambang utama di negara Brunei Darussalam adalah minyak bumi dan gas alam. Dari kedua SDA tersebut, penyumbang devisa terbanyak adalah minyak bumi. Daerah penghasil minyak bumi di Brunei Darusalam berada di wilayah Ampar, Beliat, Jerdong dan Seria. Rata-rata minyak bumi yang dihasilkan yaitu sebanyak 20.000 barel perhari.

Baca Juga :
Demikian pembahasan terkait dengan Sumber Daya Alam Brunei Darussalam dan Hasil Tambangnya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar negara Brunei. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Sumber Daya Alam Brunei Darussalam dan Hasil Tambangnya