Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Tokoh Penemu Radio Pertama di Dunia

Siapa penemu radio pertama di dunia? Pengertian radio secara umum adalah teknologi yang digunakan untuk mengirimkan sinyal dengan gelombang elektromagnetik sehingga dapat merubah gelombang radio menjadi audio (suara). Gelombang ini melintas dan merambat melalui udara dan ruang angkasa. Saat ini, keberadaan radio sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Pada tahun 90an hingga 2000an barang elektronik ini sangat populer, khususnya di Indonesia.

Sekitar 20 tahun yang lalu, sebelum televisi terkenal, masyarakat memanfaatkan radio untuk mendengarkan acara-acara komersial seperti komedi, drama, musik dan berita. Bahkan menurut sejarahnya, penyebaran berita kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamasikan oleh Bung Karno disebarluaskan melalui radio. Lalu siapa tokoh penemu radio? Berikut ini penjelasannya.

Penemu Radio

Tokoh Penemu Radio
Dikutip dari wikipedia, tokoh penemu radio adalah bernama Guglielmo Marconi. Ia merupakan insinyur listrik Italia, lahir pada tanggal 25 April 1874. Marconi adalah salah satu peraih hadiah Nobel (penghargaan luas biasa) pada tahun 1909. Ia berhasil mengembangkan sistem telegrafi tanpa kabel, atau lebih dikenal dengan sebutan "radio" .

Bagaimana sejarah dan proses penemuan radio? Guglielmo Marconi mendapatkan hak paten atas telegraf nirkebal pada tahun 1896. Telegrafi nirkebal ini hanya bisa dikirim pada jarak dekat, ia kemudian mengembangkan apa yang telah dicapainya tersebut. Pada tahun 1897, ia akhirnya berhasil memperpanjang jarak telegraf menjadi lebih jauh, yakni sekitar 12 mil.

Pada perkembangan selanjutnya, Guglielmo Marconi berhasil melakukan komunikasi nirkebal menggunakan Osilator Tesla. Ia melakukan uji coba komunikasi antara Perancis dan Inggris lewat selat Inggris pada tahun 1899. Radio ini dikenal dengan kode AM, dengan prinsip merubah gelombang radio ke gelombang audio.

Sejarah Penggunaan Radio

Radio pada awalnya digunakan oleh orang-orang yang melakukan aktivitas di lautan. Penggunaan radio ini ditujukan untuk mengirim pesan telegraf dengan menggunakan kode morse antara darat dan kapal. Hal ini terjadi saat terjadi Perang Tsushima pada tahun 1901 antara Angkatan Laut Jepang dan Armada Rusia. Militer Jepang memata-matai pihak rusia menggunakan teknologi ini.

Penggunaan radio semakin menyebar luas saat terjadi Perang Dunia II, di mana antara kedua pihak yang berlawanan baik itu di darat maupun di laut menggunakan teknologi radio. Kemudian siaran radio mulai dilakukan pada tahun 1920 setelah Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa berhasil mempopulerkan pesawat radio.

Siaran radio kemudian semakin populer pada tahun 1920 hingga 1930an. Selain siaran, penggunaan radio untuk mendeteksi keberadaan kapal dan pesawat menggunakan radar merupakan sesuatu wajib yang dilakukan setiap negara saat berperang agar bisa mengalahkan lawan-lawannya.

Pada zaman sekarang, radio memiliki banyak jenis dan bentuknya, baik dengan kabel maupun tanpa jaringan kabel. Radio digunakan sebagai alat komunikasi bergerak di segala jenis dan juga penyiaran acara-acara atau berita terbaru yang sudah disebutkan diatas.

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai Tokoh Penemu Radio Pertama di Dunia, beserta sejarah penggunaannya. Semoga penjelasan tersebut berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar sejarah teknologi. Kurang lebihnya kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.
Share ke teman kamu:

Related : Tokoh Penemu Radio Pertama di Dunia