Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

9 Tokoh Perjanjian Linggarjati dari Indonesia dan Belanda

Siapa saja nama tokoh perjanjian linggarjati? Salah satu perundingan diplomasi antara pihak Republik Indonesia dan Belanda yang dilakukan pasca proklamasi kemerdekaan adalah Perjanjian Linggarjati. Pertanyaan seputar latar belakang, kapan, dimana, waktu, isi, dampak dan tokoh dalam perjanjian linggarjati sering kita peroleh saat masih duduk di bangku sekolah. Jika kalian tertarik untuk membaca pembahasan lebih lengkap, baca ini : Rangkuman Sejarah Perjanjian Linggarjati Lengkap.

Tokoh dalam perjanjian linggarjati dari Indonesia dan Belanda serta pihak penengah akan kita sebutkan dan jelaskan pada pembahasan kali ini beserta profil singkat dan tugasnya. Dengan membaca nama-nama tokoh perjanjian linggarjati berikut ini, diharapkan kalian dapat mengetahui peran masing-masing tokoh dan sejarah riwayat hidupnya.
Tokoh Perjanjian Linggarjati
Tokoh Perjanjian Linggarjati
Perjanjian linggarjati dimulai pada tanggal 11 November 1946, atau setahun lebih setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Perundingan ini dilakukan di Desa Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Nama tempat ini kemudian dijadikan nama perjanjian, yaitu "Linggarjati". Kesepakatan yang telah dibuat selanjutnya ditandatangani oleh kedua belah pihak pada tanggal 25 Maret 1947.

Pro kontra terkait dilakukannya perundingan muncul dari masyarakat dan partai politik saat itu. Adanya perjanjian linggarjati dianggap blunder, dan merupakan bukti lemahnya pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Soekarno. Isi Perjanjian linggarjati dianggap sangat merugikan bagi ketatanegaraan dan kedaulatan Indonesia. Dampak negatif yang ditimbulkan pun lebih banyak dari  pada yang positif.

Baca Juga :
1. Isi Perjanjian Linggarjati dan Pembahasannya
2. Dampak Perjanjian Linggarjati Bagi Indonesia
Lalu yang masih menjadi pertanyaan, siapa saja tokoh yang terlibat pada perjanjian linggarjati? Informasi lebih lanjut bisa kalian baca dibawah ini, beserta profil singkatnya.

Tokoh Perjanjian Linggarjati

Dibawah ini tokoh-tokoh dari perjanjian linggarjati dari masing-masing pihak beserta  profil dan jabatan/tugasnya secara singkat, baik itu dari pemerintah Indonesia dan Belanda maupun pihak penengahnya.

Tokoh Perjanjian Linggarjadi dari Indonesia

1. Sutan Syahrir
Tokoh pertama adalah Sutan Syahrir. Ia merupakan ketua/pemimpin dalam perjanjian linggarjati dari pihak Indonesia. Syahrir adalah tokoh intelektual pada masa perjuangan revolusi kemerdekaan. Ia lahir di Padang Panjang, Sumbar, tanggal 5 Maret 1909. Sutan Syahrir merupakan Perdana Menteri Pertama Indonesia. Menjabat pada periode 14 November 1945 s.d. 20 Juni 1947.

2. Mohammad Roem
Tokoh perjanjian linggarjati dari pihak Indonesia selanjutnya adalah Moh Roem. Ia bertugas sebagi anggota/pendamping setia menemani Sutan Syahrir dalam perundingan. Sama seperti Syahrir, beliau juga pernah menjabat sebagai PM masa jabatan tanggal 24 Maret 1956 s.d. 1957.

3. Soesanto Tirtoprodji
Delegasi lain dari Indonesia adalah Mr. Soesanto Tirtoptodji. Beliau lahir di kota solo pada tahun 1900, meninggal pada usia 69 tahun. Karirnya dibidang politik dan pemerintahan sangat cemerlang. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman di enam kabinet yang berbeda. 

4. Dr. Adnan Kapau Gani
Lebih dikenal dengan julukan A.K. Gani, ia merupakan salah satu tokoh dalam perjanjian linggarjati. Pria kelahiran Sumatera Barat ini adalah seorang dokter sekaligus politisi. Jabatan yang pernah ia peroleh adalah Wakil PM (Perdana Menteri) pada masa kabinet Amir Syarifudin I dan II.

Tokoh Perjanjian Linggarjati dari Belanda

1. Willem Schermerhorn
Dikenal dengan nama Wim Schermerhorn, ia merupakan ketua/pemimpin diplomasi saat perundingan linggerjati dari pihak Belanda. Ia lahir di kota Castricum, pernah menjabat sebagai PM Belanda, dan ketua Komisi Umum untuk Hindia Belanda. Oleh sebab itu ia ikut terlibat dalam perjanjian ini.

2. Hubertus Johannes van Mook
Disingkat H.J. van Mook, ia salah satu delegasi Belanda pada perjanjian linggarjati. Beliau merupakan pria Belanda kelahiran Semarang pada tanggal 30 Mei 1894. Pernah mendapat gelar Letnan Gubernur Jenderal di Hindia Belanda.

3. Max van Poll
4. F. de Boer

Tokoh Penengah/mediator dalam Perjanjian Linggarjati

Lord Killearn
Miles Wedderburn Lampson Killearn, beliau merupakan diplomat Inggris kelahiran tanggal 24 Agustus 1880. Pada tahun 1946, ia menjabat sebagai komisaris khusus untuk Asia Tenggara. Maka dari itu saat terjadi pertikaian antar Indonesia dan Belanda, beliaulah yang bertugas sebagai pihak penengahnya.

Baca Juga :
Demikianlah artikel tentang Tokoh Perjanjian Linggarjati dari Indonesia dan Belanda, beserta profil singkat tugas dan jabatannya. Baca juga pembahasan menarik dan informatif lainnya seputar perjanjian-perjanjian diplomasi yang pernah dilakukan Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 9 Tokoh Perjanjian Linggarjati dari Indonesia dan Belanda