Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

11 Unsur Unsur Iklan dan Penjelasannya

Sebutkan apa saja unsur unsur iklan dan penjelasannya? Secara singkat, pengertian iklan adalah informasi yang dibuat oleh seseorang, baik individu maupun kelompok dengan tujuan menawarkan barang atau jasa kepada pembaca (masyarakat luas). Jenis iklan dikelompokkan menjadi 3, yaitu berdasarkan sifat (iklan niaga dan non niaga), tujuan (iklan penawaran, permintaan dan pengumuman) dan ruangnya (iklan baris dan kolom). 

Ciri-ciri bahasa iklan biasanya singkat, padat, jelas, menarik dan memikat, sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca. Beberapa ciri-ciri tersebut sering dijadikan pedoman bagi setiap orang sebelum membuat iklan. Namun tidak hanya itu, si pemasang/pembuat iklan juga harus mengetahui unsur-unsur dalam sebuah iklan.

Baca Juga : Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga
Unsur Unsur Iklan
Siapa saja boleh membuat iklan apabila mempunyai barang atau jasa yang akan ditawarkan. Pemasaran produk barang dan jasa disebut dengan istilah "marketing". Saat terjun didunia bisnis, tentu seorang pengusaha harus mengetahui cara bagaimana memasarkan produknya. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan memasang iklan. Lalu, apa saja unsur-unsur yang ada dalam iklan? berikut penjelasannya.

Unsur Unsur Iklan

Selain media cetak, penyampaian iklan biasa juga dilakukan di media audio dan elektronik. Paling sering kita jumpai tentu saja di media elektronik seperti iklan di televisi, radio, dan internet. Iklan baik media elektronik dan cetak memiliki unsur-unsur yang sama. Berikut ini unsur-unsur iklan beserta penjelasan dan contohnya :

1. Attention atau Perhatian
Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian pembacanya. Contohnya dengan menggunakan gambar dan kalimat yang menarik.

2. Interest atau Minat
Setelah dapat mencuri perhatian, maka timbul rasa ingin tahu dari si pembaca/konsumen mengenai apa yang ditampilkan dalam iklan tersebut.

Baca Juga : Pengertian Iklan Permintaan, Penawaran dan Pengumuman

3. Desire atau Keinginan
Unsur ketiga dalam iklan yaitu adanya suatu cara untuk menggerakkan keinginan dari konsumen.

4. Conviction atau Rasa Percaya
Agar mendapatkan rasa percaya dari pembaca, maka sebuah iklan harus berisi kata-kata atau peragaan yang dijadikan sebagai pembuktian.

5. Action atau Tindakan
Tindakan yang dimaksud merupakan tujuan akhir dari proses pemasaran, yakni untuk menarik agar konsumen membeli atau menggunakan barang dan jasa yang telah ditawarkan.

Selain 5 unsur-unsur iklan yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa unsur dasar lain yang tidak boleh dilupakan. Yaitu nama produk dan jasa yang ditawarkan, keunggulan produk, gambar yang menarik, harga produk, alamat dan nomor pengiklan.

Pembuatan iklan harus menggunakan kalimat deskriptif untuk menguraikan atau menjelaskan produk dan jasa yang ditawarkan. Kalimat persuasif juga diperlukan, yakni untuk mengajak dan membujuk pembaca membeli atau menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan. Selain itu, sasaran juga harus diperhatikan. Tujuannya itu untuk siapa, anak-anak, remaja, dewasa, orang tua atau segala usia.

Baca Juga :
Demikian informasi tentang 11 Unsur Unsur Iklan dan Penjelasannya, semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar promosi dan iklan. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian dan terima kasih. 
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 11 Unsur Unsur Iklan dan Penjelasannya