Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Dampak Revolusi Prancis, Amerika dan Rusia (Positif Negatif)

Pada kesempatan kali ini kita akan menganalisis dampak revolusi Prancis, Amerika dan Rusia di bidang ekonomi, sosial, politik, dan pemerintahan, baik itu positif maupun negatif. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan materi sebelumnya, di mana kita telah mengulas secara detail dampak revolusi industri yang terjadi di Eropa bagi dunia dan Indonesia. Jika kalian belum membacanya, silahkan dibuka dan dibaca melalui link tersebut.

Keempat revolusi tersebut merupakan revolusi besar yang pernah terjadi dan memiliki pengaruh besar bagi perkembangan kehidupan dan peradaban manusia di dunia. Revolusi Prancis berlangsung selama 10 tahun, dibagi menjadi enam masa atau tahap, yakni masa dewan konstituante, masa legislatif, masa konvensi nasional, masa directoire, masa konsulat dan masa kekaisaran.

Dampak revolusi Prancis yang paling menonjol yaitu khususnya dibidang politik dan pemerintahan serta mempengaruhi perkembangan politik global. Selain itu, dampak revolusi Amerika juga menjadikan bukti bahwa negara koloni dapat merdeka dari bangsa penjajah dan menjadi inspirasi bangsa-bangsa lain yang masih dikuasai akibat imperialisme. Nah, untuk mengetahui revolusi rusia, bisa baca disini : Sejarah Revolusi Rusia.

Daftar Isi :
1. Dampak Revolusi Prancis
  1.1. Dampak Politik Revolusi Prancis
  1.2. Dampak Ekonomi Revolusi Prancis
  1.3. Dampak Sosial Revolusi Prancis
  1.4. Analisis Dampak Revolusi Prancis
2. Dampak Revolusi Amerika
  2.1. Dampak Revolusi Amerika Bagi Dunia
  2.2. Dampak Revolusi Amerika Bagi Indonesia
3. Dampak Revolusi Rusia

Dampak Revolusi Prancis

Dampak Revolusi Prancis
Wikipedia
Jiwa, semangat, nilai-nilai Revolusi Perancis dengan semboyan liberte, egalite dam fraternite (kebebasan, persamaan dan persaudaraan) berpengaruh luas terhadap beberapa bidang. Adapun dampak terjadinya revolusi prancis, antara lain :

1.
Dampak Revolusi Prancis di Bidang Politik

Di bidang politik, paham liberalisme meluas di negara Austria, Italia, Jerman, Spanyol dan Rusia. Dalam hal ini, rakyat menuntut agar kekuasaan raja dibatasi dengan undang-undang, sehingga terbentuklah pemerintahan monarki konstitusional yang sebelumnya bersifat monarki absolut.

2.
Dampak Revolusi Prancis di Bidang Ekonomi

Pengaruh revolusi ini dibidang ekonomi yaitu dihapuskannya pajak feodal dan petani yang semula hanya sebagai penggarap tanah menjadi pemilik tanah sendiri. Kemudian, dihapuskannya sistem glide, sehingga perindustrian dan perdagangan menjadi berkembang pesat.

3.
Dampak Revolusi Prancis di Bidang Sosial

Terakhir di bidang politik, adanya revolusi prancis membuat dihapusnya susunan masyarakat feodal yang terbagi menjadi tiga golongan dan kemudian digantikan dengan masyarakat baru yang berdasarkan spesialisasi kerja, seperti cendikiawan, pengusaha, petani dan sebagainya.

Baca Juga : Dampak Perang Dunia 1 di Berbagai Bidang

Analisis Dampak Terjadinya Revolusi Prancis

Secara garis besar, dampak revolusi Prancis mendorong berkembangnya paham-paham liberalisme, demokrasi, dan nasionalisme. Pada akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, paham baru ini memasuki kawasan lain, termasuk negara-negara yang mengalami kolonialisme. Kemudian lahirlah pergerakan untuk menentang imperialisme dan kolonialisme.

Gerakan anti imperialisme dan kolonialisme terjadi di berbagai belahan dunia, contohnya seperti :
  • Di Filipina, muncul Katipunan dan La Liga Filipianan.
  • Perjuangan rakyat Amerika Latin menentang penjajahan Portugis dan Spanyol.
  • Di India, munculnya All Indian Nation Congress.
  • Di Indonesia munculnya kebangkitan nasional yang dipelopori Budi Utomo.
Baca Selengkapnya : Sejarah Revolusi Prancis

Dampak Revolusi Amerika

Dampak Revolusi Amerika
Wallbuilders.com
Revolusi ini dilakukan oleh 13 negara koloni di pantai Amerika bersatu. Ketiga belas koloni kemudian mengadakan kongres pada bulan Desember tahun 1775 di Philadephia. Hasil kongres menyepakati bahwa negara-negara koloni bersatu untuk merdeka. Maka dibuatlah Declaration of Independence yang disusun oleh lima orang anggota panitia kecil yang telah dibentuk sebelumnya. Adapun
pengaruh dari terjadinya revolusi Amerika
meliputi :
  • Revolusi Amerika membuat koloni-koloni di Amerika lepas dari kekuasaan negara induknya, yakni Britania Raya (Inggris).
  • Koloni-koloni bersatu menjadi negara yang merdeka bernama Amerika Serikat.
  • Deklarasi of Independence yang isinya mengenai hak hidup, kebebasan dan hak memiliki sesuatu kemudian populer bagi masyarakat dunia, dan menjadi inspirasi bagi bangsa-bangsa di Asia-Afrika, termasuk Indonesia.
Baca Selengkapnya : Sejarah Revolusi Amerika

Dampak Revolusi Amerika Bagi Indonesia

Pengaruh revolusi Amerika dengan deklarasinya yang cukup populer bagi kalangan intelek kemudian mendorong munculnya gerakan menentang penjajahan asing di Indonesia. Gerakan yang semula kedaerahan (perlawanan di berbagai daerah abad ke 16-19), kemudian berkembang menjadi gerakan nasional. Beberapa organisasi berhasil didirikan awal pergerakan nasional, namun sifatnya belum fokus di bidang politik.

Baca Juga :
Dampak Revolusi Rusia
Wikipedia
Pengaruh revolusi Rusia dibagi menjadi tiga bidang, yakni ideologi, pemerintahan dan ekonomi. Di bidang ideologi, dengan kemenangan kaum Bolshevik maka paham komunis menyebar di seluruh penjuru dunia. Kedua, bidang pemerintahan, yaitu Rusia menjadi negara serikat setelah berakhirnya pemerintahan Tsr Nicolas II. Bentuk negaranya republik dengan nama resmi USSR (Union of Soviet Socialist Republics).

Ketiga, bidang ekonomi. Dempak revolusi Rusia juga dirasakan di bidang ekonomi, yaitu berbagai kantor, bank, pabrik, jalan kereta api dinasionalisasikan oleh pemerintah. Selain itu, bidang perindustrian dan pertanian juga dinasionalisasi. Sebagian tanah pertanian kemudian dijadikan pertanian kolektif dan sebagian diselenggarakan atau dimanfaatkan oleh pemerintah. 

Kaum Bolshevik yang sosialis juga menyuarakan persamaan bagi semua pihak. Tidak ada pihak yang boleh menguasai pihak lain. Persamaan hak dan kewajiban menjadi isu yang tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga :
Demikian pembahasan secara lengkap mengenai Dampak Revolusi Prancis, Amerika dan Rusia (Positif Negatif). Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Terimakasih. Sumber referensi : 
Share ke teman kamu:

Related : Dampak Revolusi Prancis, Amerika dan Rusia (Positif Negatif)