Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

11 Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia dan Contohnya Secara Lengkap

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia - Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda, tidak mungkin sama antara satu dengan yang lainnya. Apa sajakah faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia? Pertanyaan tersebut akan penulis bahas dalam artikel dibawah ini. Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia akan kita bahas secara lengkap beserta contoh-contohnya.

Secara umum, kebutuhan manusia memang tidak ada batasnya. Hal ini karena sifat manusia memang tidak gampang puas apabila telah memiliki sesuatu. Dalam artikel ini, penulis menyimpulkan bahwa terdapat 11 faktor yang mempengaruhi kebutuhan hidup manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dalam hidupnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

1. Faktor Sosial / Status Ekonomi

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia pertama adalah "faktor sosial atau status ekonomi". Maksud dari faktor ini yaitu setiap orang yang memiliki status sosial atau status ekonomi yang lebih tinggi tentu berbeda kebutuhannya dengan status yang rendah. Contohnya, orang yang memiliki status lebih tinggi cenderung membeli sesuatu dengan melihat merek yang ia beli. Mulai dari alat-alat rumah tangga, makanan, sampai fasion yang digunakan. Sementara orang yang status sosialnya rendang rata-rata tidak mementingkan merek yang ia gunakan.

Baca : Kebijakan Ekonomi Masa Orde Baru

2. Faktor Kondisi Alam

Faktor kondisi alam merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia setiap harinya. Maksud dari faktor ini adalah manusia akan menyesuaikan kebutuhan hidupnya berdasarkan alam sekitar mereka. Contohnya yaitu orang yang hidup di daerah dingin seperti di negara-negara eropa mereka lebih memilih menggunakan pakaian hangat dan tebal untuk dapat menahan cuaca yang sangat dingin, sementara itu orang yang hidup di iklim tropis lebih memilih menggunakan pakaian yang tipis, hal ini karena cuaca yang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Sehingga kondisi alam merupakan salah satu yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

3. Faktor Jenis Kelamin

Faktor ketiga adalah faktor jenis kelamin. Jenis kelamin manusia dibedakan menjadi dua, yakni laki-laki dan perempuan. Jenis kelamin dapat dikatakan sebagai faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia karena setiap laki-laki dan perempuan memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hidupnya. Contohnya kebutuhan perempuan banyak sekali seperti tas, make up, berlian, perhiasan dan gaun serta pakaian yang menarik. Sedangkan pria cenderung menyukai kebutuhan seperti koleksi jam tangan, motor, dan sepatu olahraga.

4. Faktor Agama

Faktor agama juga salah satu yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Contohnya adalah pakaian muslim dan makanan saat menjelang idul fitri sangat dibutuhkan bagi umat islam, kemudian hari-hari besar agama lainnya juga sama. Setiap menjelang hari-hari besar keagamaan, kebutuhan manusia akan meningkat hal ini lah yang menyebabkan agam menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

Baca : Kondisi Ekonomi Indonesia Pada Awal Kemerdekaan

5. Faktor Jenis Pekerjaan / Profesi

Selanjutnya faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah faktor profesi atau jenis pekerjaan. Faktor ini sangat mempengaruhi kebutuhan manusia karena masing-masing jenis pekerjaan memiliki kebutuhan yang berbeda. Contohnya seorang nelayan membutuhkan jala untuk mencari ikan, dan seorang petani membutuhkan cangkul untuk bertani.

6. Faktor Adat Istiadat

Faktor adat istiadat juga salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan hidup manusia. Hal ini karena setiap adat memiliki tradisi tersendiri / berbeda-beda satu sama lainnya. Contohnya adat pernikahan antara masyarakat di Pulau Sulawesi berbeda dengan masyarakat yang ada di Jawa. Di Jawa mahar pernikahan hanya berupa seperangkat alat sholat saja pun bisa. Sementara itu, di Sulawesi tentu berbeda dengan yang ada di Pulau Jawa

7. Faktor Umur / Usia

Kemudian faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia yang ke tujuh adalah umur / usia. Contohnya kebutuhan bayi dengan kebutuhan remaja, kemudian antara remaja dan dewasa pun terdapat perbedaan kebutuhannya. 

8. Faktor Hobi / kegemaran

Faktor ke delapan yaitu kegemaran atau hobi. Contohnya orang yang memiliki hobi sepak bola dan hobi balap motor tentu memiliki perbedaan kebutuhan dalam hidupnya. Orang yang hobi sepak bola tentu memiliki kebutuhan seperti beli bola, kostum bola, kursus sepak bola. Sementara orang yang memiliki hobi balap memiliki kebutuhan seperti membeli perlengkapan motornya dll. Oleh karena itu, hobi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

9. Faktor Kepuasan

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia yang selanjutnya adalah faktor kepuasan. Setiap orang yang tidak gampang puas cenderung memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat kepuasan yang cukup tinggi.

10. Faktor Pendidikan

Tingkat pendidikan seseorang juga mempengaruhi kebutuhan manusia. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka ia memiliki kebutuhan yang banyak dan beragam. Contohnya pelajar SMP hanya membutuhkan alat tulis berupa pelajaran, pulpen dan tas. Sementara di tingkat yang lebih tinggi seperti mahasiswa ia memiliki kebutuhan yang lebih banyak. Contohnya leptop dan biaya kos. Oleh karena itu, tingkat pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. 

11. Faktor Peradaban

Faktor terakhir yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah faktor perbedaan. Faktor perbedaan dapat kita lihat dari kehidupan manusia yang hidup di pedesaan dan di kota. Contohnya orang yang tinggal di desa cenderung memiliki kebutuhan yang sederhana. Sementara yang tinggal di kota memiliki kebutuhan hidup yang beragam.

Baca Juga :
1. Pengertian Kebijakan Fiskal dan Fungsinya
2. Macam-Macam Kebijakan Anggaran
3. Sumber Penerimaan Negara dan Daerah

Itulah 11 Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dan contohnya secara lengkap dan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya yang menarik. Kurang labihnya penulis mohon maaf, sekian terimakasih.
Share ke teman kamu:

Related : 11 Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia dan Contohnya Secara Lengkap