Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Isi Prasasti Jambu Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Isi Prasasti Jambu - Salah satu peninggalan sejarah kerajaan Tarumanegara yang dapat dijadikan sumber sejarah adalah Prasasti Pasir Kolengkak atau disebut juga dengan nama Prasasti Jambu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas isi Prasasti Jambu beserta sejarah penemuannya, lokasi/letak, jenis bahan dan tokohnya.

Selain Prasasti Jambu, ada beberapa peninggalan berupa prasasti yang berhasil ditemukan. Prasasti yang dimaksud yaitu meliputi Prasasti Kebon Kopi, Tugu, Lebak, Pasir Awi, Ciaruteun dan Prasasti Muara Cianten. Jika kalian tertarik untuk mengetahui informasi lebih detail, bisa baca disini : 7 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

Isi Prasasti Jambu

Tarumanegara merupakan salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Pulau Jawa bagian barat. Berdirinya kerajaan ini diperkirakan dimulai pada abad ke 4 hingga abad ke 7 masehi. Beberapa peninggalan sejarah berupa prasasti telah berhasil ditemukan, salah satunya Prasasti Jambu.

Prasasti Jambu ditemukan di sebelah barat Bogor, berjarak sekitar 30 km dari wilayah tersebut. Lokasi penemuannya berada di daerah perkebunan jambu, maka dari itu dinamakan Prasasti Jambu. Prasasti ini terletak di Desa Parakanmuncung, Kec. Nanggung, Kab. Bogor, tepatnya di perkampungan Pasir Gintung. Pada masa penjajahan kolonial Belanda, tempat ditemukannya prasasti merupakan Perkebunan Karet Sadeng Djamboe.
Prasasti Jambu
Prasasti Jambu. Sumber : Wikipedia
Prasasti Jambu pertama kali ditemukan oleh tokoh bernama Jonathan Rigg pada tahun 1854. Penemuan ini kemudian dilaporkan kepada Dinas Purbakala pada tahun 1947. Lalu pada tahun 1954 baru diteliti untuk pertama kalinya.

Isi Prasasti Jambu terdiri dari dua baris aksara Pallawa, disusun dalam bentuk seloka bahasa Sanskerta. Selain itu, dalam prasasti tersebut juga terdapat pahatan gambar sepasang telapak kaki. Gambar telapak kaki terdapat di bagian atas tulisan.

Isi Prasasti Jambu :
Teks:
siman=data krtajnyo narapatir=asamo yah pura tarumayam/ nama sri purnnavarmma pracura ri pusara bhedya bikhyatavarmmo/
tasyedam= pada vimbadvayam= arinagarot sadane nityadaksam/ bhaktanam yandripanam= bhavati sukhakaram salyabhutam ripunam//
Bunyi terjemahan isi Prasasti Jambu :

"Gagah, mengagumkan dan jujur terhadap tugasnya adalah pemimpin manusia yang tiada taranya yang termashyur Sri Purnawarman yang sekali waktu (memerintah) di Taruma dan yang baju zirahnya yang terkenal tidak dapat ditembus senjata musuh. Ini adalah sepasang tapak kakinya yang senantiasa menggempur kota-kota musuh, hormat kepada para pangeran, tetapi merupakan duri dalam daging bagi musuh-musuhnya." 

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa di dalam prasasti menyebutkan nama raja Purnnawarmman yang memerintah di kerajaan/negara Taruma. Namun tidak terdapat informasi seputar angka tahun dibuatnya prasasti jambu.

Berdasarkan bentuk aksara Pallawa yang dipahtkan pada prasasti dan dengan analisis Palaeographis, maka dapat diperkirakan bahwa prasasti ini berasal dari pertengahan abad ke 5M.

Baca Juga :
Demikian pembahasan Isi Prasasti Jambu Peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Baca juga isi prasasti-prasasti lainnya. Terima kasih

Sumber : Wikipedia
Share ke teman kamu:

Related : Isi Prasasti Jambu Peninggalan Kerajaan Tarumanegara