Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

5 Ruang Lingkup Geografi Beserta Contoh dan Penjelasannya

Apa yang dimaksud dengan ruang lingkup geografi? Pada pembahasan sebelumnya mengenai pengertian geografi secara umum dan menurut para ahli, dijelaskan bahwa ruang lingkup geografi sangat luas. Luasnya cakupan disebabkan karena ilmu geografi mempelajari banyak hal tentang segala sesuatu yang terjadi di bumi atau disebut juga dengan geosfer.

Beberapa pendapat para ahli terkait dengan ruang lingkup geografi contohnya seperti yang dikemukakan oleh Blink, Boerman dan Visscher. Ketiga tokoh tersebut mengikhtiarkan ruang lingkup kajian geografi dengan beberapa lingkaran yang terbagi atas beberapa segmen permukaan bumi yang menjadi sasaran kajian cabang-cabang geografi.
Ruang Lingkup Geografi
Martopo (1988) memberikan suatu diagram alir dalam kajian geografi yang melukiskan geosfer sebagai obyek kajian, pendekatan, teknik dan proses perolehan informasi hingga akhirnya sampai pada penggunaannya oleh para konsumen atau pemakai informasi.


Sementara itu, Bintaro dan Surastopo (1979) dalam memberikan penjelasan tentang ruang lingkup geografi tercermin dalam suatu diagram yang berisikan tentang struktur geologi ortodok dan geografi terpadu (terintegrasi) yang didalamnya apabila dikaji berisikan ruang lingkup kajian ilmu geografi.

Ruang Lingkup Geografi dan Contohnya

Secara umum, ruang lingkup geografi dibatasi atas fenomena yang ada di permukaan bumi atau geosfer. Ruang lingkup kajian geografi yang membatasi pada fenomena geosfer sama seperti yang telah dikemukakan oleh Ferdinant von Richrhifen (1883) yang menyatakan bahwa kajian geografi pada permukaan bumi. Adapun 5 ruang lingkup geografi adalah sebagai berikut.

1. Ruang Lingkup Geografi Sebagai Pengungkapan Kejadian

Dalam hal ini geografi mempelajari kejadian-kejadian yang tampak di permukaan bumi, baik yang tampak kasat mata atau pun yang tidak. Tujuan mempelajarinya yaitu untuk mengungkapkan kebenaran apa yang telah sebelumnya terjadi.

Contohnya :
  • Mengapa stalaktit dan stalagmit di gua dapat terbentuk.
  • Mengapa aliran udara mempengaruhi kondisi iklim di suatu tempat.
  • Mengapa terjadi peristiwa pergeseran kulit bumi. dll

2. Meneliti Sebab Akibat Suatu Gejala

Artinya, geografi meneliti penyebab suatu gejala alam dan akibat yang ditimbulkan dari gejala yang terjadi tersebut. Ruang lingkup geografi kedua ini tentu berbeda dari yang pertama, di mana khusus mengungkap kejadian tidak untuk meneliti sebab dan akibatnya.

Contohnya :
  • Mengapa gunung meletus dapat terjadi.
  • Atau mengapa jika gunung meletus terjadi mengeluarkan abu vulkanik.
  • Mengapa jika terjadi gempa bumi di laut dapat menyebabkan tsunami dan sebagainya.

3. Geografi Mempelajari Persamaan dan Perbedaan

Persamaan dan perbedaan yang dimaksud adalah terkait dengan fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Contohnya membedakan iklim dan keragaman binatang wilayah tertentu dengan wilayah lainnya.

Contohnya :

Perbedaan daerah tropis dan daerah kering. Di daerah tropis memiliki hutan lebat, curah hujan tinggi, dan binatang beraneka ragam, sementara di daerah kering wilayahnya gersarng, curah hujan rendah, dan hanya sedikit jenis binatang di dalamnya.

4. Ruang Lingkup Geografi Mempelajari Penyebaran Gejala/Kejadian

Penyebaran gejala atau kejadian contohnya seperti mengapa sebagian besar wilayah di Indonesia sering terjadi gempa bumi, atau mempelajari tentang persebaran penduduk di suatu wilayah.

5. Pemecahan Masalah Geografi

Pemecahan masalah geografi dilakukan menggunakan 3 pendekatan, yaitu pendekatan analisis keruangan (spatial analysis), analisis ekologi (ecologycal analysis) dan analisis kompleks wilayah (regional complex analysis). Baca Selengkapnya : 3 Pendekatan Ilmu Geografi

Baca Juga :
Demikian pembahasan terkait dengan 5 Ruang Lingkup Geografi Beserta Contohnya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca sehingga menambah wawasan ilmu dan ilmu pengetahuan. Baca juga artikel menarik dan informatif terkait cabang-cabang ilmu lainnya.

Sumber Referensi :

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 5 Ruang Lingkup Geografi Beserta Contoh dan Penjelasannya