Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Berupa 7 Buah Yupa

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai - Pada artikel sebelumnya, dijelaskan bahwa pengertian sumber sejarah adalah peninggalan berasal dari masa lalu yang dapat dimanfaatkan untuk merekonstruksi atau kepentingan penelitian sejarah di zaman sekarang. Singkatnya sumber sejarah kerajaan Kutai merupakan bukti-bukti peninggalan yang mempunyai nilai untuk mengungkap fakta mengenai keberadaan kerajaan ini.

Dengan mengetahui sumber sejarah Kerajaan Kutai, kita dapat mengetahui berbagai informasi. Contohnya seperti letak, tahun berdirinya, raja-raja yang memimpin, kehidupan ekonomi sosial politik, masa kejayaan dan keruntuhannya. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, sumber sejarah kerajaan Kutai yaitu berasal dari 7 buah Yupa.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai

Kutai Martadipura atau lebih kita kenal dengan nama Kerajaan Kutai adalah kerajaan yang bercorak Hindu. Kerajaan ini memiliki bukti tertua berupa Yupa (tugu batu). Nama "Kutai" digunakan  karena berdasarkan lokasi penemuan peninggalan tersebut. Yaitu di hulu sungai Mahakam, Muara Kaman, Kaltim.

Baca Selengkapnya : Letak Kerajaan Kutai

Sumber sejarah kerajaan Kutai adalah 7 buah Yupa. Peninggalan sejarah ini merupakan bukti tertua memuat informasi bahwasanya kerajaan ini berdiri pada abad ke 4 masehi. Tujuh buah Yupa yang berhasil ditemukan merupakan sumber utama para ahli dalam membuktikan keberadaan Kerajaan Kutai.

Apa itu Yupa? Secara singkat, Yupa adalah tugu batu yang memiliki fungsi sebagai tugu peringatan. Ketujuh buah Yupa tersebut dibuat oleh Brahmana karena kedermawanan raja Mulawarman.

Satu dari tujuh buah Yupa berisi informasi mengenai raja yang saat itu memerintah di Kerajaan Kutai, yakni Mulawarman. Namanya dicatat karena kedermawanannya memberikan/ menyedekahkan 20 ribu ekor sapi kepada kaum brahmana.

Selain itu, informasi seputar asal-usul Mulawarman dijelaskan bahwa ia merupakan anak dari Raja Aswawarman. Masa kejayaan berlangsung saat Mulawarman menjadi raja. Disebutkan juga daerah kekuasaan Kerajaan Kutai mencakup hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur. 

Kemudian mengenai kehidupan sosial dan ekonomi, rakyat di Kerajaan Kutai hidup makmur dan sejahtera. Itulah informasi yang tertera dalam isi Yupa. Namun sangat disayangkan, keberadaan sumber sejarah kerajaan Kutai tidak ada yang berasal dari luar, hal ini karena kurangnya komunikasi dengan pihak asing.

Kerajaan kutai berakhir saat dipimpin oleh Maharaja Dharma Setia. Berakhirnya Kutai Martadipura setelah raja tersebut tewas dalam peperangan di tangan Raja Kutai Kertanegara ke 13, yakni bernama Aji Pangeran Anum Panji Mendapa.

Artikel Terkait :

Sumber : Wikipedia

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Sumber Sejarah Kerajaan Kutai, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Terimakasih
Share ke teman kamu:

Related : Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Berupa 7 Buah Yupa