Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

4 Faktor Penyebab Kekalahan Blok Sentral Terhadap Sekutu

Sebutkan apa saja faktor penyebab kekalahan Blok Sentral terhadap Sekutu? Seperti yang kita ketahui, pada periode Perang Dunia II negara yang terlibat pertempuran yaitu dari pihak blok sekutu dan blok sentral. Di pihak sekutu, negara-negara yang ikut berperang meliputi Inggris, Prancis, Amerika Serikat, Rusia, Australia, RRC dan Polandia. Kemudian di pihak sentral terdiri dari negara seperti Jerman, Italia, Jepang, Finlandia, Austria dan Rumania.

Pemenang dalam perang dunia 2 adalah pihak sekutu, lalu apa saja faktor penyebab kekalahan blok sentral terhadap sekutu? Sebelum kita bahas secara rinci, sedikit pendahuluan mengenai jalannya PD II. Perang dunia kedua yang meletus pada tanggal 1 September 1939 terjadi di beberapa medan. Meliputi medan Timur, Asia Pasifik dan Afrika Utara.

Faktor Penyebab Kekalahan Blok Sentral Terhadap Sekutu
Di medan Eropa, dibagi menjadi tiga zona lagi, yakni eropa timur, barat dan tenggara. Jerman menyerbu Polandia di medan timur, dilanjutkan serangan ke kubu Rusia. Serangan Jerman berhasil menguasai Ukraina. Di medan barat, pihak Jerman melakukan serangan kilat. Serangan ditujukan kepada Norwegia, Prancis Utara, Belanda dan Belgia. Sementara itu, di medan eropa tenggara Jerman dan Italia berhasil menguasai Yugoslavia.

Baca Selengkapnya : Jalannya Perang Dunia II

Faktor Penyebab Kekalahan Blok Sentral Terhadap Sekutu

Akhir perang dunia II, tepatnya pada tanggal 6 Agustus 1945 pihak Sekutu menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima. Tiga hari kemudian, 9 Agustus 1945 bom atom kedua dijatuhkan di kota Nagasaki, Jepang. Dua serangan bom yang dilakukan terhadap kota penting tersebut membuat negara Jepang menyerah.

Akhirnya Jepang menyerah dan menandatangani perjanjian yang dilakukan di atas kapal USS Missouri pada tanggal 2 September 1945. Perjanjian dilakukan di teluk Tokyo. Kemudian pada akhirnya Blok Sentral harus menyerah kepada Sekutu pada bulan Mei 1945.

Berikut ini beberapa faktor penyebab kekalahan Blok Sentral terhadap Sekutu, yaitu meliputi :
  1. Blok Sekutu memiliki keunggulan teknologi persenjataan daripada Blok Sentral.
  2. Pihak Sekutu memiliki daerah jajahan yang dapat menunjang kebutuhan perang.
  3. Anggota di pihak Sekutu jauh lebih banyak, ditambah dengan Rusia yang ikut bergabung sehingga blok Sekutu semakin kuat.
  4. Blok Sentral tidak didukung oleh sumber daya kekayaan alam yang dapat mencukupi kebutuhan perang.
Itulah 4 faktor penyebab kekalahan blok sentral dari pihak Sekutu. Ditambah lagi dengan menyerahnya Jepang, kekalahan blok sentral menandai berakhirnya Perang Dunia II yang kemudian dilanjutkan di dalam perjanjian Potsdam pada tanggal 2 Agustus 1945.

Baca : Isi Perjanjian Potsdam

Pengaruh perang dunia 2 sangat dirasakan oleh masyarakat di negara-negara yang ikut berperang maupun yang tidak. Pihak pemenang tentu memperoleh keuntungan yang lebih dibandingkan dengan kerugian yang telah didapat. Sebaliknya, negara yang kalah mengalami kerugian yang sangat besar. 

Dampak perang dunia ke 2 juga dirasakan bagi negara-negara jajahan yang tidak ikut terlibat dalam perang. Pengaruh meliputi bidang politik, ekonomi, sosial dan kerohanian. Selengkapnya : Dampak Perang Dunia II.

Baca Juga :
  1. Latar Belakang Perang Dunia II
  2. Dampak Perang Dunia II
  3. Dampak Perang Dunia II Bagi Indonesia
Demikian pembahasan singkat mengenai faktor penyebab kekalahan blok sentral terhadap blok sekutu pada perang dunia ke 2, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Terima kasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 4 Faktor Penyebab Kekalahan Blok Sentral Terhadap Sekutu