Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Abris Sous Roche dan Kjokkenmoddinger Beserta Fungsinya

Memahami pengertian Abris Sous Roche dan Kjokkenmoddinger beserta fungsi kegunaannya. Apa itu Abris Sous Roche? Jelaskan definisi pengertian Kjokkenmoddinger? Kita sering mendengar atau bahkan ditanya seputar pertanyaan tersebut oleh guru kita sewaktu masih sekolah. Oleh sebab itu, mari kita pahami secara jelas maksud dari kedua istilah itu.

Setelah membaca pembahasan dibawah ini, diharapkan kalian dapat mengetahui pengertian Abris Sous Roche dan juga pengertian Kjokkenmoddinger beserta fungsi dan kegunaannya. Selain itu, akan kami tampilkan juga contoh gambar keduanya. Okeh, langsung saja baca ulasan berikut ini.

Pengertian Abris Sous Roche 

Secara umum, pengertian abris sous roche adalah gua yang mempunyai bentuk ceruk pada karang yang dipakai sebagai rumah (tempat tinggal) oleh manusia purba pada masa zaman mesolitikum. Dari kebudayaan abris sous roche ini memperlihatkan adanya pola tempat tinggal yang menetap di gua-gua.
Pengertian Abris Sous Roche
Contoh Gambar Abris Sous Roche
Kebudayaan abris sous roche di Indonesia diteliti oleh Van Stein Callenfels di Gua Lawa, Sampung Ponorogo, pada tahun 1928 - 1931. Penemuan ini lantas dikenal sebagai Sampung Bone Culture yang didasarkan pada tempat dan penemuan alat-alat prasejarah yang terbuat dari tulang. 

Penemuan itu lalu memunculkan peneliti-peneliti lainnya yang kemudian melakukan riset pada objek Abris sous roche. Beberapa para ahli yang melakukan penelitian antara lain : 

1. Alfred Buhler 
Pertama, Alfred Buhler. Ia melakukan penelitian di daerah Timor dan Rote serta. Hasil penelitiannya berhasil menemukan Flakes Culture dari Kalsedon yang mempunyai tangkai. Hasil penemuannya diperkirakan merupakan peninggalan dari bangsa Papua Melanesoid.

2. Van Heekeren 
Kedua, Van Heekeren. Penelitian selanjutnya dilakukan di daerah Besuki (Jawa Timur). Heekeren berhasil menemukan kapak Sumatra dan kapak-kapak pendek disasa. 

Fungsi Abris Sous Roche

Dari penjelasan pengertian abris sous roche diatas dapat kita ketahui bahwa dahulunya memiliki kegunaan sebagai tempat tinggal manusia purba yang sudah mulai hidup menetap di gua-gua tersebut, tepatnya di zaman Mesolitikum.

Secara singkat, Mosolitikum bisa disebut juga dengan zaman batu madya. Kehidupan manusia pada zaman Mesolitikum di Indonesia tidak berbeda jauh dengan masa Paleolitikum. 

Manusia pada zaman tersebut masih mengandalkan berburu dan menangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun yang membedakan adalah mereka mulai tinggal menetap digua-gua dan mulai melakukan bercocok tanam sederhana.

Pengertian Kjokkenmoddinger 

Kata "Kjokkenmoddinger" berasal dari bahasa Denmark yakni Kjokken, artinya dapur dan modding yang berarti sampah. Dapat kita pahami bahwa pengertian Kjokkenmoddinger bisa dikatakan sebagai sampah dapur.
Pengertian Kjokkenmoddinger
Kjokkernmoddinger merupakan tumpukan sampah kerang yang telah menggunung dengan ketinggian 7 meter dan berasal dari periode Mesolitikum yang ditemukan di sepanjang pantai timur Sumatera, tepatnya dari Aceh hingga ke Medan. Ditemukan pada tahun 1925 oleh tokoh bernama Dr. P. V. van Stein Callenfels.

Dari penemuan ini lalu menimbulkan pendapat bahwa manusia zaman dahulu mengandalkan makanan hasil dari tangkapan siput dan kerang.

Van Stein tidak hanya meneliti Kjokkenmoddinger, ia juga menemukan beberapa benda peninggalan lainnya antara lain batu penggilingan beserta pipisannya, kapak genggam serta pecahan-pecahan tengkorak beserta gigi.

Fungsi Kjokkenmoddinger

Setelah mengetahui pengertian Kjokkenmoddinger, maka kita dapat mengetahui bahwa manusia purba pada zaman mesolitikum pada umumnya hidup di tepi sungai dan pantai. Kjokkenmoddinger memiliki fungsi sebagai sumber sejarah/sumber informasi seputar tempat tinggal manusia zaman dahulu.

Baca Juga :

Demikian pembahasan singkat mengenai Pengertian Abris Sous Roche dan Kjokkenmoddinger Beserta Fungsinya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Share artikel ini kepada teman kalian yang belum mengetahuinya, terimakasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pengertian Abris Sous Roche dan Kjokkenmoddinger Beserta Fungsinya