Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Nekara dan Moko Beserta Fungsinya

Memahami pengertian Nekara dan Moko beserta fungsi dan contoh beberapa gambarnya. Apa itu Nekara dan Moko? Apa kegunaan dan fungsinya? Pertanyaan tersebut merupakan fokus masalah yang akan kita bahas secara detail pada artikel kali ini. Jika kalian merasa bingung mengenai definisi Nekara dan Moko serta apakah keduanya sama atau berbeda maka tepat sekali membaca pembahasan kali ini.

Nekara dan Moko merupakan peninggalan sejarah dari zaman logam atau perunggu. Benda peninggalan sejarah ini adalah salah satu sumber sejarah untuk mengungkap kehidupan sosial dan budaya masyarakat pada masa itu. Kedua peninggalan ini banyak ditemukan di beberapa wilayah Indonesia. Selengkapnya, baca ulasan materi berikut ini.

Baca Juga : Sejarah Zaman Logam

Pengertian Nekara dan Fungsinya

Nekara
Contoh Gambar Nekara
Definisi pengertian Nekara adalah gendang perunggu memiliki berbentuk seperti dandang berpinggang. Di bagian tengahnya terdapat selaput suara berupa logam atau perunggu. Nekara mempunyai berbagai macam hiasan dengan motif binatang, seperti burung, harimau, gajah, rusa, kuda, katak dan merak. 

Nekara merupakan benda budaya yang berasal dari zaman perunggu atau zaman logam. Beberpa tempat penemuan Nekara diantaranya di Jawa, Sumatera, Bali, Kepulauan Kei, Selayar dan Roi. Pada umumnya bentuk Nekara yang memiliki ukuran kecil seringkali dinamakan Moko atau Mako. Pada zamannya, nekara dianggap benda suci yang memiliki fungsi sebagai benda untuk kegiatan upacara, sebagai mas kawin, dan lain-lain.

Fungsi Nekara 

Dari penjelasan pengertian nekara di atas, bisa disimpulkan bahwa peninggalan sejarah ini merupakan benda atau alat zaman sejarah purbakala yang dipakai dalam aktivitas (kegiatan) upacara. Fungsi nekara antara lain : 
  • Fungsi Keagamaan, digunakan sebagai alat komunikasi, upacara dan dijadikan simbol. 
  • Fungsi Politik, digunakan sebagai isyarat (tanda) bahaya atau isyarat perang. 
  • Fungsi Sosial Budaya, digunakan sebagai simbol status sosial, perangkat upacara dan karya seni yang mempunyai daya magis religius. 
Nekara perunggu banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Di pulau Bima dan Sumbawa, Nekara perunggu menggunakan pola hiasan berbentuk beberapa orang yang tengah menari dengan menggunakan hiasan bulu burung dan terdapat hiasan gambar perahu. Hiasan perahu pada nekara itu diduga adalah perahu jenazah yang berisi mayat. 

Pengertian Moko dan Fungsinya 

Moko Peninggalan Sejarah
Contoh Gambar Moko
Berdasarkan penjelasan mengenai pengertian Nekara diatas, maka dapat kita analisis bahwasanya Moko dapat disebut juga Nekara atau sebaliknya. Hanya penyebutan namanya saja yang berbeda-beda di tiap-tiap daerahnya. Fungsi moko dan nekara pun sama, yaitu untuk kegiatan upacara keagamaan, politik dan budaya. 

Beberapa peninggalan benda berupa Moko atau Nekara yang berhasil diketemukan di berbagai daerah contohnya : Nekara di Pulu Alor diberi nama moko. Menurut riset disebutkan bahwa moko dibuat di Gresik dan dibawa oleh orang-orang Bugis ke daerahnya kemudian selanjutnya dibawa ke Nusa Tenggara menjadi barang dagangan. 
Di Pulau Roti, Moko disebut dengan nama “moko malai” yang bermakna pulau besar dari malai (Malaya). Sementara di Maluku, Moko disebut “tifa guntur”. Dengan begitu bisa diambil kesimpulan bahwa persebaran moko meliputi Pulau Alor, Jawa, Nusa Tenggara, Pulau Roti, Maluku dan Flores.

Di daerah Manggarai (Flores), moko disebut “gendang gelang” atau “tambur”. Umumnya Moko dimiliki oleh kepala suku yang lantas di turunkan pada anak laki-lakinya. Sementara itu di daerah Jawa, Moko disebut “tamra” atau “tambra”. 

Kemudian Nekara paling besar ditemukan di daerah Bali, tepatnya di dekat Manuaba, Pejeng. Nekara tersebut diberi nama Nekara Pejeng atau Bulan Pejeng. Nekara ini memiliki tinggi hampir 2 meter, tepatnya setinggi 1,98 meter dengan bidang pukul sekitar 1,6 meter. Saat ini, peninggalan sejarah tersebut disimpan di Pura Penataran Sasih dan masih dianggap sebagai benda keramat oleh masyarakat setempat.


Demikian pembahasan singkat dan jelas mengenai Pengertian Nekara dan Moko Beserta Fungsinya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan sejarah kalian. Terimakasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pengertian Nekara dan Moko Beserta Fungsinya