Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Zaman Arkaekum dan Ciri-Cirinya [Lengkap]

Memahami pengertian zaman Arkaekum dan ciri-cirinya secara lengkap, singkat dan jelas. Pembahasan kali ini kita akan melanjutkan materi tentang sejarah zaman di mana kita akan mengulas tentang masa atau periode tertua yang berlangsung di muka bumi. Perlu kalian ketahui, Arkaekum adalah zaman paling tua di bumi. Masa ini sering disebut periode kehidupan purba.

Apa itu zaman Arkaekum? sebutkan ciri-ciri zaman Arkaekum? Pertanyaan tersebut sering kita dengar, dan pada saat yang sama kita tidak tahu jawabannya. Lalu apa yang kalian lakukan? Namun tenang saja, pertanyaan seputar pengertian zaman arkaekum dan ciri-cirinya telah kami rangkum secara lengkap. Oke tanpa basa basi, baca selengkapnya artikel dibawah ini.

Pengertian Zaman Arkaekum

Pengertian Zaman Arkaekum 

Zaman Arkaekum atau sering disebut juga dengan Arkaezoikum adalah periode awal pembentukan kerak bumi yang selanjutnya berkembang berubah menjadi protokontinen. Zaman ini merupakan masa tertua bumi yang berlangsung lebih dari 2.500 juta tahun. Keadaan bumi masih labil dan belum ada makhluk yang hidup pada masa ini sebab suhu bumi amat panas. Rotasi bumi pada saat ini lebih cepat yakni kurang lebih 6 jam dalam sehari. Periode ini mulai terbentuk kerak bumi akibat pendinginan. 

Masa Arkeozpoikum mempunyai arti periode (zaman) kehidupan purba. Zaman Arkaekum (Arkean) merupakan zaman tertua yang berlangsung kira-kira 2.500.000.000 juta tahun yang lalu. Peninggalan berupa batuan pada periode ini ditemukan di sejumlah bagian dunia yang lazim disebut kraton atau perisai benua.


Zaman Arkaekum merupakan periode pembentukan kerak bumi. Jadi kerak bumi tercipta sesudah pendinginan bagian tepi dari “balon bumi” atau bakalan bumi. Plate tectonic atau Lempeng tektonik yang mengakibatkan gempa itu terbentuk pada saat ini. Lingkungan hidup masa itu pastinya menyerupai dengan lingkungan di sekitar mata air panas. 

Peninggalan batuan paling tua tercatat berusia kurang lebih 3.800 juta tahun. Periode ini pula merupakan awal terbentuknya Hidrosfer dan Atmosfer serta awal muncul kehidupan primitif di dalam samudera berwujud mikro organisma atau bakteri dan ganggang.

Sementara itu, fosil tertua yang sudah ditemukan yaitu fosil Stromatolit dan Cyanobacteria dengan usia kurang lebih 3.500 juta tahun. Pada zaman arkaekum bumi masih berupa bola gas sangat panas yang berputar pada porosnya. Sehingga pada saat itu kehidupan di bumi belumlah ada.

Ciri-Ciri Zaman Arkaekum

Apa saja ciri-ciri zaman Arkaekum? Berikut ini 10 ciri-cirinya yang telah kami rangkum secara lengkap, antara lain :
  1. Belum ada kehidupan di muka bumi. 
  2. Berlangsung sekitar 2.500 juta tahun silam.
  3. Bumi masih berbentuk planet bola gas yang begitu panas. 
  4. Suhu bumi tinggi dan sangatlah panas. 
  5. Tidak ada pertanda kehidupan. 
  6. Masa-masa pembentukan kerak bumi. 
  7. Terbentuknya gunung api. 
  8. Rotasi bumi sangat cepat. 
  9. Periode pembentukan lapisan dan lempeng bumi. 
  10. Zaman tertua di dunia.
Baca Juga :
Itulah penjelasan lengkap dan singkat mengenai Pengertian Zaman Arkaekum dan Ciri-Cirinya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan berguna bagi kalian serta jangan lupa share ke teman kalian yang belum mengetahuinya.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pengertian Zaman Arkaekum dan Ciri-Cirinya [Lengkap]