Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Zaman Mesozoikum dan Ciri-Cirinya Secara Singkat

Memahami pengertian zaman Mesozoikum beserta pembagian periode dan ciri-cirinya. Apa itu zaman Mesozoikum? Setelah sebelumnya kita membahas secara lengkap mengenai Zaman Paleozoikum yang merupakan periode kehidupan tertua dimulainya kehidupan makhluk hidup bersel satu. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan materi tersebut, yakni mengenai masa Mesozoikum.

Jika kalian pernah mendengar informasi bahwasanya di bumi dahulunya terdapat hewan besar bernama Dinosaurus, maka pada zaman inilah jenis hewan ini berkembang dan mulai muncul. Selain itu, zaman Mesozoikum juga merupakan awal munculnya burung berukuran kecil dan juga masa perubahan tektonik bumi. Langsung saja, baca selengkapnya pembahasan dibawah ini.
Pengertian Zaman Mesozoikum
Apa itu zaman Mesozoikum?

Pengertian Zaman Mesozoikum 

Zaman Mesozoikum adalah geologi yang berlangsung dari 252 juta hingga 66 juta tahun yang lalu. Periode ini disebut juga Zaman Reptil, frasa yang dikenalkan oleh ahli paleontologi Gideon Mantell pada abad ke-19 yang melihat periode ini didominasi oleh reptil seperti Megalosaurus, Iguanodon, Plesiosaurus, dan yang saat ini disebut Pseudosuchia. 

Secara umum Mesozoikum lazim disebut sebagai "kehidupan tengah", berasal dari bahasa Yunani meso "antara" dan Zoon berarti "makhluk hidup" atau hewan. Mesozoikum merupakan satu diantara tiga masa geologi dari Eon Fanerozoikum, didahului oleh Paleozoic (kehidupan purba) dan digantikan oleh Kenozoikum (hidup baru). Masa Mesozoikum dibagi menjadi tiga periode utama, yakni Trias, Jura, dan Kapur, yang selanjutnya dibagi kembali menjadi beberapa masa dan tahap. 

Mesozoikum adalah periode signifikan bagi perubahan tektonik, iklim dan aktivitas evolusi. Masa ini menyaksikan perpecahan bertahap super benua Pangaea ke daratan terpisah yang pada akhirnya akan beralih ke posisi mereka sekarang ini. Iklim Mesozoikum beragam, antara periode pemanasan dan pendinginan bergantian. Secara keseluruhan, Bumi lebih panas dari saat ini. 

Dinosaurus non-unggas muncul pada masa Trias akhir dan menjadi vertebrata darat yang menguasai di awal Periode Jura, dan masih di posisi ini sepanjang kurang lebih 135 juta tahun hingga kepunahan mereka di akhir periode Kapur. Sementara itu keberadaan burung muncul pertama kali di Periode Jura, sesudah berevolusi dari cabang theropoda dinosaurus. Selanjutnya mamalia pertama juga muncul pada zaman Mesozoikum hingga Kenozoikum, tapi masih tetap memiliki ukuran kecil yakni beratnya kurang dari 15 kg. 

Dapat kita analisis bahwa pada zaman Mesozoikum mulai muncul hewan-hewan besar yang disebut dengan nama dinosaurus. Iklim pada saat Mesozoikum bersifat basah dan panas. Perkembangan flora dan fauna serta persebarannya masih terbatas. Tidak hanya beberapa hewan yang telah disebutkan di atas, pada masa ini pula telah berkembang tumbuhan berdaun lebar, amfibi, ikan, hewan melata, dan mamalia pertama.

Dibawah ini, penjelasan secara singkat ketiga periode pada zaman Mesozoikum :

1. Periode Trias
Masa ini berlangsung pada 250 juta hingga 200 juta tahun yang lalu. Periode ini disebut sebagai keadaan transisi yang gersang dan sunyi dalam sejarah bumi diantara peristiwa kepunahan Perm Trias dan masa Jura yang subur dan rimbun. Periode pertama zaman Mesozoikum ini dibagi lagi menjadi tiga, yakini Trias awal, tengah dan akhir.

2. Periode Jura
Berlangsung dari 200 juta hingga 145 tahun yang lalu. Periode ini iklim lebih lembab dari periode sebelumnya. Hal ini menyebabkan iklim lebih bersifat tropis. Masa ini dibagi menjadi tiga, Jura awal, tengah dan akhir.

3. Periode Kapur
Periode ini bisa disebut periode terlama pada zaman Mesozoikum, yaitu berlangsung dari 145 juta tahun hingga 100 juta tahun yang lalu. Pada masa ini terjadi perluasan jalur laut yang berakibat pada penurunan dan kepunahan sauropoda. Periode kapur dibagi menjadi dua, yakni awal dan akhir.

Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum 

Setelah memahami pengertian zaman Mesozoikum, berikut ini beberapa ciri-ciri masa Mesozoikum, yaitu meliputi : 
  1. Terdapat banyak sekali hewan-hewan reptil seperti tyrannosaurus, spinosaurus dan dinosaurus. 
  2. Iklim bumi lebih stabil dibanding periode sebelumnya serta lebih basah dan panas. 
  3. Zaman Mesozoikum pada 252 juta hingga 66 juta tahun yang lalu. 
  4. Perkembangan dan pertumbuhan binatang reptil dan salah satunya adalah dinosaurus. 
  5. Benua di Bumi mengalami pergeseran dan saling menyatu satu dengan yang lainnya 
  6. Pada masa mesozoikum ini terdapat kegiatan evolusi, aktivitas tektonik dan iklim. 
  7. Munculnya mamalia berukuran kecil kurang dari 15 kg.
Baca Juga :

Demikian pembahasan secara singkat mengenai Pengertian Zaman Mesozoikum dan Ciri-Cirinya secara singkat. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Terimakasih.
Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pengertian Zaman Mesozoikum dan Ciri-Cirinya Secara Singkat