Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

3 Peninggalan Kerajaan Demak Beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Demak Beserta Gambarnya - Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di tanah Jawa. Setelah habisnya masa kejayaan kerajaan Hindu dan Budha di pulau Jawa, lalu muncul kerajaan baru yang mengajarkan dan mengenali Islam di tanah Jawa, yaitu Kerajaan Demak. Awal berdirinya kerajaan ini dipelopori oleh tokoh bernama Raden Patah yang kemudian mendapat dukungan penuh dari Walisongo kala itu.

Demak termasuk kerajaan Islam yang sangat besar dan berpengaruh baik di Pulau Jawa atau pun di nusantara. Sebagai salah satu kerajaan terbesar di Jawa, tentu Kerajaan Demak meninggalkan beberapa peninggalan kerajaan Demak yang dapat dijadikan bukti sebagai sumber sejarah adanya Kerajaan Demak itu sendiri.

Ada beberapa peninggalan Kerajaan Demak yang bahkan sampai sekarang masih ada dan masih bermanfaat untuk kaum muslim di Pulau Jawa khususnya dan sebagian tanah Indonesia pada umumnya.

Baca Juga : Letak Kerajaan Demak

Pada masa kekuasaan Sultan Trenggono Kehidupan politik Demak cukup mengalami kemajuan dan berhasil, sehingga Kerajaan Demak menjadi kerajaan yang besar dan memiliki daerah kekuasaan yang sangat luas.

Peninggalan Kerajaan Demak

Berikut ini Tiga peninggalan kerajaan Demak yang masih ada sampai sekarang :

1. Masjid Agung Demak

Peninggalan Kerajaan Demak
Peninggalan kerajaan Demak yang masih berdiri sampai saat ini tentu saja adalah Masjid Agung Demak. Masjid ini didirikan pada masa Raden Patah yang dibangun oleh Walisongo sebagai alat bantu untuk menyebarkan ajaran Islam. Bahkan, Masjid Demak ini disebut tempat cikal bakal pemikiran yang di kemudian hari akan memunculkan Kerajaan Demak Bintaro.

Masjid Agung Demak terletak di tengah-tengah kota Demak. Secara geografis, Masjid Agung Demak berada di desa Kauman, kecamatan Demak kota, kabupaten Demak Kota, Jawa Tengah. Sejarah Masjid Agung Demak mempunyai ciri dan arsitektur yang sangat berbeda dengan gaya arsitektur masjid saat ini.

Masjid Demak cenderung mempunyai gaya perpaduan dengan budaya Jawa yang sangat ikonik. Ornamen-ornamen yang ada pada bangunan Masjid Demak juga mencerminkan hubungan akrab antara Jawa dengan Islam. Masjid Demak juga adalah masjid tertua di Jawa.

2. Serambi Majapahit

Serambi Majapahit
Peninggalan kerajaan Demak selanjutnya adalah sebuah serambi yang berada di Masjid Agung Demak. Serambi masjid ini sering dikatakan masyarakat dengan serambi Majapahit. Serambi Majapahit ini sebagai bagian bangunan Masjid Agung Demak.

Keunikan dari serambi Majapahit adalah terletak pada keindahan arsitektur yang terlihat unik dan antik dengan kandungan sejarah yang sangat mendalam. Menurut sejarah Kerajaan Demak, serambi Majapahit yang di dalamnya ada delapan tiang pendopo ini memang berasal dari Kerajaan Majapahit.

Namun, karena Kerajaan Majapahit telah runtuh, maka beberapa peninggalannya tidak digunakan lagi, sehingga kemudian Adipati Unus berinisiatif membawa benda pusaka tersebut dari Majapahit ke Demak, termasuk diantaranya adalah delapan tiang pendopo yang kemudian diletakkan di Serambi Masjid Agung Demak dan masih dapat dilihat sampai sekarang.

3. Mihrab

Mihrab atau yang lazim disebut dengan pengimaman, juga termasuk dari peninggalan kerajaan Demak. Di dalam mihrab ini, terdapat gambar hewan bulus yang merupakan prasasti dari Condro Sengkolo. Prasasti Condro Sengkolo sendiri mempunyai makna Sariro Sunyi Kiblating Gusti, dibuat pada tahun 1401 Saka atau 1479 M (hasil perumusan Ijtihad).

Sehingga dapat dikatakan bahwa pada zaman kerajaan Demak sudah mengenal Mihrab atau pengimaman yang berhias dengan lukisan tertentu yang bisa jadi merupakan akulturasi budaya Islam dan Jawa.

Baca Juga :
1. Pendiri Kerajaan Demak
2. Sejarah Kerajaan Majapahit
3. Sejarah Kerajaan Aceh
4. Sejarah Kerajaan Samudra Pasai

Demikian pembahasan singkat mengenai 3 Peninggalan Kerajaan Demak beserta Gambarnya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua dan jangan lupa baca artikel informatif lainnya. 
Share ke teman kamu:

Related : 3 Peninggalan Kerajaan Demak Beserta Gambarnya