31 Ciri-Ciri Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum

Ciri-Ciri Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum – Pembagian atau Pembabakan Zaman Prasejarah dibagi berdasarkan Arkaelogi dan Geologi. Berdasarkan arkeologi atau hasil kebudayaan meliputi zaman batu (tua, tengah, muda dan besar) dan zaman logam (perunggu, tembaga dan besi). Sementara itu, berdasarkan geologi terdiri dari zaman arkaekum, paleozoikum, mesozoikum, dan neozoikum.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan menganalisis ciri-ciri zaman prasejarah berdasarkan geologi. Fokus materi yang akan kita kaji meliputi ciri-ciri zaman arkaekum, ciri-ciri zaman paleozoikum, ciri-ciri zaman mesozoikum dan ciri-ciri zaman neozoikum. Penjelasan disajikan secara singkat, sehingga kalian dapat dengan mudah memahaminya. Namun jika ingin mempelajari secara lengkap dan detail, nanti akan kami sajikan link-link tambahan artikel terkait yang sedang dibahas.

Ciri-Ciri Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum
Baca Juga :
Sebelum kita mulai pembahasan, jika kalian belum mengetahui definisi dan sejarah zaman batu, bisa baca artikel diatas. Oke, langsung saja berikut ini pembahasan terkait dengan ciri-ciri keempat zaman yang sudah disebutkan diatas.

Ciri-Ciri Zaman Arkaekum

Zaman Arkaekum atau nama lainnya Arkaezoikum adalah zaman tertua bumi yang berlangsung pada 2.500 juta tahun yang lalu. Periode ini merupakan awal pembentukan kerak bumi, keadaan bumi masih labil. Belum ada tanda-tanda kehidupan, hal ini disebabkan karena rotasi bumi masih sangat cepat dan suhu udara bumi sangat tinggi.
Zaman ini juga sering disebut sebagai kehidupan purba. Lalu apa saja ciri-cirinya? Dibawah ini telah kami analisis ciri-ciri zaman Arkaekum, meliputi :
  1. Belum ada tanda-tanda kehidupan.
  2. Bumi masih berbentuk planet bola gas dengan suhu panas.
  3. Terjadi pada kurang lebih 2.500 tahun yang lalu.
  4. Suhu bumi sangat tinggi dan panas.
  5. Rotasi bumi sangat cepat.
  6. Merupakan periode pembentukan lempeng dan lapisan bumi.
  7. Disebut zaman tertua di bumi.
  8. Terbentuknya gunung-gunung api.
  9. Masa pembentukan kerak bumi.
Selengkapnya : Sejarah Zaman Arkaekum

Ciri-Ciri Zaman Paleozoikum

Secara umum, Zaman Paleozoikum adalah zaman kehidupan tertua, berlangsung pada selama 349 juta tahun, tepatnya dari 542 hingga 251 juta tahun yang lalu. Di zaman ini mulai bermunculan mahluk hidup bersel satu dan hewan tidak bertulang. Namun kondisi bumi masih berubah-ubah, baik itu iklim dan curah hujan yang tinggi.

Zaman ini dibagi menjadi 6 periode yaitu : masa kambrium, ordovisium, silurian, devonian, carbonivera, dan perminan. Berikut ini ciri-ciri zaman paleozoikum, antara lain :

  1. Terjadi pada sekitar 542 hingga 251 juta tahun yang lalu.
  2. Kondisi bumi masih belum stabil.
  3. Iklim masih berubah-ubah.
  4. Curah hujan sangat tinggi.
  5. Mulai muncul tanda-tanda kehidupan, berupa makhluk mikroorganisme.
  6. Zaman ini dibagi menjadi 6 periode waktu.

Selengkapnya : Sejarah Zaman Paleozoikum

Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum adalah zaman kehidupan tengah yang berlangsung pada 252 juta hingga 66 juta tahun yang lalu. Jika kalian pernah mendengar hewan bernama dinosaurus, di zaman inilah hewan ini mulai muncul dan berkembang pesat sebagai penguasa bumi.

Pada zaman ini benua Pangaea (benua besar) mulai terpisah menjadi benua-benua seperti sekarang ini. Pada masa ini terjadi perubahan tektonik, iklim dan evolusi. Zaman Mesozoikum dibagi menjadi 3 periode, yakni periode trias, jura dan kapur. Dibawah ini ciri-ciri zaman mesozoikum, meliputi :

  1. Terdapat banyak hewan reptil berukuran besar seperti dinosaurus, spinosaurus dan tyrannsaurus.
  2. Zaman ini berlangsung pada 252 juta sampai 66 juta tahun yang lalu.
  3. Masa perkembangan dan pertumbuhan reptil besar dan mamalia kecil.
  4. Keadaan iklim di bumi lebih stabil dari pada zaman sebelumnya.
  5. Iklim jga lebih basah dan lebih panas, tidak terlalu dingin.
  6. Benua-benua di Bumi mengalami pergeseran.
  7. Periode ini merupakan masa kegiatan evolusi, perubahan iklim dan aktivitas tektonik.
  8. Mulai bermunculan mamalia berukuran kecil, yakni sekitar 15 kg.

Ciri-Ciri Zaman Neozoikum

Pembagian zaman berdasarkan geologi yang terakhir adalah zaman Neozoikum atau disebut juga zaman geologi saat ini yang dimulai dari punahnya reptil-reptil besar dinosaurus pada 65 juta tahun yang lalu. Punahnya reptil besar pemangsa dan penguasa bumi ini kemudian mengakibatkan perkembangan mamalia menyusui menjadi semakin luas.
Hewan mamalia menyusui kemudian berkembang pesat, mendominasi kehidupan di darat, laut mau pun di udara. Beberapa contoh mamalia yang sempat hidup pada awal-awal zaman neolitikum misalnya seperti Badak berbulu, dan Mamoth. Zaman ini dibagi menjadi dua periode, yaitu tersier dan kuarter. Berikut ini beberapa ciri-ciri zaman neozoikum, antara lain :
  1. Zaman ini dimulai pada 65 juta tahun yang lalu.
  2. Punahnya reptil besar seperti dinosaurus akibat bencana alam dahsyat, yaitu jatuhnya meteor besar di bumi.
  3. Masa-masa puncak kehidupan hewan mamalia di bumi.
  4. Munculnya hewan menyusui, contohnya seperti gorila besar (gigantrhopus).
  5. Sering terjadi aktivitas tektonik dan vulkanik sehingga dapat dikatakan masih liar dan labil.
  6. Zaman ini manusia mulai memulai kehidupannya di bumi.
  7. Jenis manusia pada masa ini yaitu Homo Sapiens.
  8. Terjadi zaman es pada kala plestosen.
Itulah penjelasan singkat dan jelas mengenai Ciri-Ciri Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya seputar sejarah zaman-zaman yang pernah berlangsung di bumi.
Artikel Menarik Lainnya :