Pengertian Zaman Batu Muda Neolitikum Beserta Ciri-Cirinya

Pengertian Zaman Batu Muda Neolitikum Beserta Ciri-Cirinya –  Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari rangkuman materi sebelumnya, di mana kita telah membahas sejarah zaman mesolitikum (batu tengah/madya). Nah, pada kesempatan kali ini fokus utama yang akan kita bahas adalah terkait dengan pengertian zaman neolitikum atau zaman batu muda beserta sejarah dan ciri-ciri zaman neolitikum secara lengkap.
Seperti yang kita ketahui, zaman batu dibagi menjadi empat periode yaitu zaman batu tua (Paleolitikum), batu tengah (Mesolitikum), batu muda (Neolitikum) dan batu besar (Megalitikum). Artinya, zaman neolitikum merupakan periode ketiga di zaman batu yang berlangsung setelah zaman batu madya atau Mesolitikum. Lalu apa definisi pengertian zaman batu muda? Berikut penjelasannya beserta ciri-ciri zaman neolitikum.
Pengertian Zaman Neolitikum (Batu Muda)
Baca Juga : 

Pengertian Zaman Neolitikum

Zaman neolitikum disebut juga dengan nama zaman batu muda. Menurut para ahli, periode ini berlangsung sekitar kurang lebih 2000 tahun sebelum masehi. Ciri-ciri utama zaman neolitikum adalah hasil kebudayaan alat-alat dari bahan batu sudah dihaluskan atau diasah, sehingga terlihat lebih rapi.
Selain peralatannya yang sudah dihaluskan, manusia pada masa ini sudah mengenal pertanian menetap, pembuatan tembikar dan sudah mengenal peternakan. Manusia pada zaman neolitikum juga sudah menetap dan tidak lagi berpindah-pindah tempat. Mereka bercocok tanam namun masih dengan cara sederhana.
Manusia pada zaman ini masih tetap berburu, namun juga sudah bisa menghasilkan bahan makanan sendiri atau istilah ini sering disebut sebagai food producing. Peralatan atau alat-alat yang dibuat sudah dihaluskan, sehingga bentuknya indah dan lebih tajam karena sudah diasah.
Beberapa alat-alat yang diasah contohnya seperti kapak persegi dan kapak lonjong. Sementara peninggalan mata panah dan mata tombak juga berhasil ditemukan di daerah-daerah seperti di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Kedua alat tersebut digunakan untuk berburu hewan maupun kepentingan lainnya.
Sementara itu, kapak persegi dan kapak lonjong banyak ditemukan di daerah di Indonesia bagian barat dan timur. Jenis kapak persegi banyak di temukan di Indonesia barat, seperti di Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Nusa Tenggara. Kemudian jenis kapak lonjong ditemukan di wilayah Indonesia timur seperti di Pulau Sulawesi, Maluku dan Papua.
Fakta menarik tentang perbedaan daerah temuan peninggalan kapak persegi dan kapak lonjong ini menyimpan banyak misteri yang belum diketahui. Pada ahli berpendapat bahwa perbedaan ini disebabkan karena penyebaran alat-alat tersebut bersamaan dengan persebaran bangsa Austronesia yang diperkirakan datang pada kurang lebih sekitar 2000 tahun sebelum masehi.

Ciri-Ciri Zaman Neolitikum

Berdasarkan penjelasan diatas, berikut ini analisis ciri-ciri zaman batu muda atau zaman neolitikum, meliputi :
  1. Peralatan atau alat-alat dari bahan batu sudah dihaluskan dan diasah.
  2. Berlangsung kurang lebih 2000 SM.
  3. Manusia pada zaman ini sudah menetap.
  4. Masih berburu dan mengumpulkan makanan.
  5. Namun sudah bisa menghasilkan makanan sendiri (foof producing).
  6. Memiliki kemampuan bercocok tanam.
  7. Telah mengenal kepercayaan, yaitu animisme dan dinamisme.
  8. Manusia pendukung bangsa Austronesia.
  9. Alat-alat peninggalan contohnya kapak persegi dan lonjong.
  10. Peninggalan peralatan banyak di temukan di Indonesia bagian barat dan timur.

Hasil Peninggalan Kebudayaan Zaman Neolitikum

Peninggalan peralatan yang berhasil ditemukan dan diperkirakan merupakan peninggalan kebudayaan zaman neolitikum menunjukan bahwa manusia purba pada masa ini telah mengalami kemajuan dibidang kebudayaan khususnya dalam menghasilkan dan membuat alat-alat.
Alat-alat pada zaman neolitikum sudah dihaluskan dan diasah, selain itu ditambah lagi dengan sentuhan-sentuhan seni seperti ukiran atau pahatan pada alat-alat yang dimaksud. Berikut ini beberapa hasil peninggalan kebudayaan zaman batu muda neolitikum, meliputi :
  • Kapak Persegi
  • Kapak Lonjong
  • Mata Panah
  • Mata Tombak
  • Gerabah
  • Perhiasan
  • Alat pemukul kulit kayu
Baca Juga :
Itulah beberapa rangkuman materi tentang pengertian zaman neolitikum atau zaman batu muda beserta ciri-ciri zaman neolitikum dan hasil peninggalan kebudayaan zaman neolitikum. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Terimakasih.