Sejarah Bola Voli di Dunia dan Indonesia Secara Singkat

Jelaskan sejarah bola voli di dunia dan Indonesia? Permainan bola voli bisa dikatakan olahraga populer kedua di Indonesia setelah sepak bola. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya para pecinta bola voli yang tersebar ke seluruh pelosok negeri, baik di perkotaan hingga pedesaan. Nah, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan atau lebih tepatnya mempelajari bersama sejarah bola voli di dunia dan bagaimana prosesnya hingga masuk ke Indonesia secara singkat agar mudah dipahami. Kenapa tidak secara lengkap? Karena kalau secara lengkap susah dipahami, dan kalian akan malas membacanya. Langsung saja simak pembahasan berikut ini.
Sejarah Bola Voli

Sejarah Bola Voli di Dunia

Sudah tahu pengertian bola voli kan? Jadi, tidak usah dibahas, langsung saja ke fokus utama mengenai sejarah permainan bola voli. Olahraga bola voli berasal dari negara mana? Bagaimana proses penemuannya? Kapan waktu penemuannya? Siapa tokoh penemunya? dan bagaimana perkembangannya? Pertanyaan-pertanyaan seputar sejarah bola voli di dunia tersebut wajib kalian ketahui sebagai pecinta bola voli sejati!
Olahraga bola voli pertama kali ditemukan di negara Amerika Serikat, tepatnya pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, negara bagian Massachusetts. Tokoh penemu bola voli bernama William G. Morgan. Ia merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani atau dalam bahasa Inggris disebut Director of Phsycal Education.
Sejarah Bola Voli di Dunia
William G. Morgan adalah instruktur olahraga di YMCA (Young Men’s Chistian Association). YMCA merupakan organisasi pengajaran ajaran pokok umat Kristen khusus bagi pemuda. Menurut sejarahnya, organisasi ini sendiri didirikan oleh George William pada tahun 1884 di London, Inggris.
Awal Mula Ditemukannya Olahraga Bola Voli
Penemuan bola voli bermula ketika William G. Morgan bertemu dengan James Naismith (pencipta bola basket). Setelah bertemu dengan tokoh tersebut, Morgan kemudian menciptakan olahraga bernama Mintonette. Mintonette merupakan nama awal olahraga bola voli. Morgan menciptakan permainan Mintonette tepat setelah empat tahun ditemukannya olahraga bola voli oleh James Naismith.
Alasan mengenai diciptakannya olahraga ini belum jelas, namun menurut pendapat penulis pribadi mungkin karena terinspirasi dengan olahraga bola basket. Pendapat ini didasarkan pada jenis olahraga ini sama-sama menggunakan tangan dalam permainannya.
Dikutip dari wikipedia, olahraga Mintonette (bola voli) merupakan kombinasi dari beberapa macam olahraga, yaitu meliputi basket, tenis, baseball dan handball. Pada awalnya, olahraga Mintonette khusus diciptakan dan dimainkan oleh anggota YMCA. Namun pada perkembangan selanjutnya olahraga ini semakin populer setelah dimainkan di acara International YMCA Training School.
Perubahan nama Mintonette menjadi bola voli (volleyball) terjadi setelah setahun diciptakannya permainan ini, yaitu pada tahun 1896. Pada awal-awal penemuan, Morgan menyatakan bahwa olahraga bola voli dapat dimainkan di dalam atau pun luar ruangan. Selain itu, permainan ini juga dapat dimainkan oleh banyak pemain. Artinya tidak ada batasan jumlah pemain bola voli. Tujuan atau sasaran dari permainan yaitu mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net.
Namun pada perkembangan selanjutnya, peraturan dan sarana prasarana permainan bola voli lebih detail lagi. Seperti jumlah pemain, ukuran lapangan, ukuran bola, dan net mulai ditentukan standarnya. Itulah secara singkat sejarah bola voli di dunia. Lalu bagaimana perkembangannya di Indonesia?
Situs resmi federasi bola voli dunia : http://www.fivb.com/

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Sejarah Bola Voli di Indonesia
Sejarah bola voli masuk ke Indonesia terjadi pada masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1928. Pada masa itu, olahraga ini hanya dimainkan oleh para bangsawan dan orang-orang Belanda. Olahraga bola voli dibawa masuk oleh para tentara Belanda dan guru-guru pendidikan jasmani yang didatangkan langsung dari Belanda. Masuknya bola voli di Indonesia kemudian berkembang pesat hingga pada masa awal kemerdekaan.
Beberapa klub-klub bola voli kemudian bermunculan, terutama di kota-kota besar Indonesia. Untuk mendukung kegiatan olahraga bola voli, maka dibentuk lah PBVSI atau singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. PBVSI didirikan di kota Jakarta, tepatnya pada tanggal 22 Januari 1955. Dengan berdirinya PBVSI, kejuaraan bola voli nasional pertama akhirnya dapat dilangsungkan.
Tujuan didirikannya PBVSI yaitu untuk ikut aktif mengembangkan olahraga bola voli di Indonesia sehingga dapat melaksanakan liga profesional dalam negeri maupun ikut serta dalam kejuaraan internasional di luar negeri. Puncak perkembangan olahraga voli di Indonesia terjadi saat berlangsungnya ajang Asian Games ke IV tahun 1962 di Jakarta.
Itulah pembahasan mengenai Sejarah Bola Voli di Dunia dan Indonesia Secara Singkat. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Jika artikel ini dirasa menarik, silahkan bantu share kepada teman-teman lainnya. Sekian, terimakasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *