25 Tempat Menarik di Melaka Tahun 2018 Sebagai Tujuan Wisata

Melaka merupakan salah satu kota bersejarah di Malaysia, memiliki banyak peninggalan sejarah menjadikannya tujuan utama wisatawan lokal dan mancanegara. Melaka bisa menjadi alternatif liburan seru selain destinasi wisata di Kuala Lumpur dan Pulau Penang, karena pilihan obyeknya begitu bervariasi. Saat di Melaka, anda bisa menemukan tempat menarik seperti pantai, taman bermain, penjual kuliner khas, belanja murah, eduwisata, museum dan tempat hits seperti The Shote Sky Tower. Lengkap sekali kan?
Melaka terkenal sebagai Negeri Bandar (kota) Teknologi Hijau, dinobatkan sebagai World Heritage (kota warisan dunia) oleh UNESCO pada tahun 2008. Berikut ini telah kami rangkum 25 tempat menarik di Melaka rekomendasi di tahun 2018 yang bisa membuat liburan anda menyenangkan.

Tempat Menarik di Melaka

Benteng A Famosa, Melaka

Benteng A Famosa Melaka
Sumber : http://www.geocities.ws
Tempat menarik di Melaka paling populer adalah A Famosa, benteng peninggalan Portugis di Melaka, Malaysia. Memiliki julukan Porta de santiago, banyak wisatawan lokal maupun turis asing yang datang kemari hanya sekedar untuk berfoto dan melihat-lihat bangunan mirip gerbang sisa-sisa arsitektur tertua Eropa di Asia.
Daya tarik A Famosa (dalam bahasa Portugis artinya “Terkenal) lain yaitu terdapat bekas meriam persis di depan bangunan bersejarah ini. Menarik sekali kan? Jadi jangan lupa mampir ke tempat wisata menarik ini saat anda berada di kota Melaka.


Kategori
: Wisata Sejarah
Lokasi : Jl. Parameswara, Bandar Hilir, 78000 Alor Gajah, Melaka, Malaysia
Jam Oprasi : Setiap hari
Harga Tiket : Gratis tanpa bayar

Jonker Walk, Melaka

Jonker Walk Tempat Menarik di Melaka
Sumber : http://www.adventureswithfamily.com
Jonker Walk atau masyarakat setempat menyebutnya “Jalan Hang Jabat” adalah jalanan bersejarah di Chinatown Melaka yang digunakan untuk pasar malam pada waktu tertentu. Tempat menarik di Melaka ini selalu ramai disinggahi wisatawan karena banyak sekali toko-toko yang menjual barang-barang dari kerajinan tangan, suvenir, barang antik, penjual tekstil dan tentunya terdapat penjual kuliner khas Melaka.
Salah satu wisata kuliner paling diburu oleh traveler adalah hidangan Piring Beras Ayam. Menurut sejarahnya, Jonker Walk sudah ada sejak abad ke 17, saat itu ada beberapa keturunan imigran China yang menikahi wanita melayu lokal.

Kategori : Wisata Kuliner, Belanja & Sejarah
Lokasi : Jl. Jalan Hang Jabat, 75200 Melaka, Malaysia
Jam Operasi : 

  • Jumat : 6 sore s/d 10 malam 
  • Sabtu dan Minggu : 11 siang s/d 10 malam waktu setempat

Pantai Klebang, Melaka

Pantai Klebang Melaka
Sumber : http://www.tianchad.com
Pantai Klebang merupakan tempat rekreasi penduduk Melaka yang sering digunakan untuk bermain layang-kayang. Anda juga bisa melihat museum kapal selam di kawasan pantai ini. Pasir pantai berwarna putih keemasan, terdapat gundukkan pasir di pinggir pantai. Membawa anak-anak saat datang ke tempat menarik di Melaka ini tentu sangat cocok. Klebang beach menghadap langsung ke Selat Malaka, lokasinya mudah dicapai, ada beberapa obyek wisata lain di dekatnya seperti 1Malaysia Square.


Kategori : Wisata Bahari
Alamat / Lokasi : Jalan Klebang Besar, 76400 Tanjung Kling, Melaka, Malaysia

Zoo Melaka (Kebun Binatang)

Zoo Melaka Malaysia
Sumber : http://malaysia.panduanwisata.id
Tempat menarik selanjutnya adalah Kebun Binatang Malaka seluas 54 hektar dengan koleksi lebih dari 1.200 hewan dari 215 spesies. Jumlah pengunjung per tahun di ZOO terbesar kedua di Malaysia ini bisa mencapai 700 ribu orang. Beberapa koleksi hewan dapat anda lihat seperti badak Sumatera, panda merah, kuda liar mongolia, gajah asia, badak putih, jerapah, harimau malaya, gaur, dan harimau Indocina. Selain itu, ada atraksi menarik lainnya seperti pertunjukan gajah / multi-hewan, naik kuda, dan terdapat toko suvenir di pintu keluar.


Alamat : Jl. Hang Tuah Jaya, Ayer Keroh, 75450 Melaka, Malaysia
Jam Buka : Senin – Minggu jam 9.00 pagi (buka) s/d 6.00 sore (tutup) waktu setempat
Harga Tiket :

  • Dewasa : RM17.8 atau Rp.62.000
  • Anak : RM7 atau Rp.25.000

Museum Kesultanan Melayu Melaka

Museum Kesultanan Melayu Melaka
Sumber : https://www.thepatriots.asia
Museum ini adalah bangunan rekonstruksi modern Istana Kesultanan Melaka yang dibangun pada tahun 1984 dan secara resmi dibuka untuk umum oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad pada tanggal 17 Juli 1986. Replika istana dibuat dengan menggunakan bahan kayu keras, tujuan pembangunan sebagai warisan sejarah budaya Bangsa Melayu yang pernah menguasai Negeri Melaka. Di dalamnya terdapat ruangan Balairong Seri dan Balai Beradu. Anda dapat melihat bagaimana ciri-ciri adat istiadat raja-raja Melayu saat mengunjungi Istana Kesultanan Melaka ini.

Alamat / Address : Jalan Kota, Melaka, Malaysia
Jam Buka : Senin s/d minggu dari jam 9 pagi hingga 5.30 sore
Harga Tiket : 

  • Dewasa ; RM3 (Rp.10.600)
  • Anak-anak ; RM2 (Rp7.100)

Maritim Museum, Melaka

Maritim Museum Melaka
Sumber : http://edwinsimbu3.blogspot.com
Tempat menarik di Melaka paling banyak dikunjungi selanjutnya adalah Musuem Maritim, dibangun pada awal tahun 1990, secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 13 Juni 1994. Uniknya, museum ini berada di sebuah replika kapal bernama Flor de la Mar, setinggi 34 meter dengan panjang 36 meter dan lebar 8 meter. Di dalam museum anda bisa melihat pameran artefak dan dokumen-dokumen masa keemasan Melaka. Setidaknya lebih dari 20ribu orang tiap bulan mengunjungi obyek wisata ini.

Kategori : Wisata Sejarah & Eduwisata
Alamat / Address : Jl. Merdeka, Banar Hilir, Melaka, Malaysia
Jam Buka :

  • Senin ; buka jam 9 pagi hingga 6 malam
  • Rabu-Minggu ; 9.00am s/d 6.00pm (waktu setempat)

Harga Tiket :

  • Dewasa : RM5 (Rp.17.800)
  • Anak-anak : RM3 (Rp.10.600)

Taman Burung Melaka

Taman Burung Melaka
Sumber : https://daot.tk
Melaka Bird Park adalah taman burung terbesar di Asia, karena memiliki luas sekitar 1,8 hektar. Taman burung ini secara resmi dibuka untuk pengunjung pada tanggal 1 April 2013. Konon pembangunannya mengeluarkan biaya sekitar RM30 juta atau sekitar 106 miliar rupiah. Bentuk taman burung terbilang unik, yakni menyerupai stadion. Terdapat lebih dari 700 spesies burung di dalamnya. Jika tertarik mengunjungi tempat menarik di Melaka yang satu ini, berikut informasi pendukungnya.
Kategori : Wisata Alam & Eduwisata

Alamat / Address : Melaka Bird Park, Taman Botanikal, Lebuh Ayer Keroh 75450, Melaka
Jam Buka : Senin s/d Minggu buka jam 9.00 pagi hingga tutup 20.00
Harga Tiket :

  • Dewasa : RM17.8 (Rp.63.300)
  • Anak-anak : RM11.8 (Rp.42.000)

Melaka Sky Trex

Melaka Sky Trex
Sumber : http://www.socimage.net
Memiliki jiwa petualangan dan suka tantangan maka wajib mengujungi Skytrak di Malaka. Anda bisa mencoba wahana menantang seperti Flying Fox, Tree Climbing dan lain-lain. Tentu butuh perjuangan yang keras dan nyali tinggi untuk melawati semuanya.  Di kawasan ini ada juga fasilitas berkemah (camping) yang pasti menarik untuk dicoba. Selain di Melaka, ada juga obyek adventure serupa di Shah Alam dan Sangkawi.
Ketegori : Wisata Alam

Alamat / Address : Taman Botani, Durian Tunggal, Melaka 75450
Jam Buka : Senin s/d Minggu

  • Ronde 1 : Jam 9 pagi
  • Ronde 2 : Jam 3 sore

Harga Tiket : Dewasa RM60 atau sekitar Rp.213.000

Masbro Australia Village Homestay Melaka

Masbro Australia Village Homestay Melaka
Sumber : Wanisata
Masbro Village terletak di pinggiran kota Melaka, rumah warna-warni berbentuk segitiga memuat sekitar 6 orang ini terinspirasi dari rumah populer yang ada di tepi pantai Melbourne Australia. Terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti kolam renang da taman dengan interior indah. Rumah unik ini cocok digunakan sebagai tempat bermalam anda saat berlibur di Melaka.

Alamat : Lot 291, Batu 7 ½, Paya Rumput, Jalan Paya Rumput Perdana, Melaka
Jam Buka : Setiap hari
Harga Tiket : Biaya per malam sekitar RM250 atau Rp.890.000
No. Telefon: +6013 313 6872

Bayoo Lagoon Park Melaka

Bayoo Lagoon Park
Sumber : Country Details
Sebuah resort dilengkapi dengan apartemen megah, taman bermain air besar dan pusat perbelanjaan super lengkap. Lokasinya mudah diakses, sekitar 15 menit dari Bandar Melaka dan Tol Ayer Keroh. Pelayanannya sangat memuaskan, buka menerima tamu selama 24 jam. Jika anda datang bersama keluarga, jangan lupa mampir kesini.
Kategori : Wisata Bahari & Tirta

Alamat / Address : Jl. Wakaf Utama, Bukit Katil, Melaka 757450
Jam Buka : Senin s/d Minggu dari jam 9.00am sampai 7.00pm
Harga Tiket :

  • Dewasa : RM28 atau Rp.99.700
  • Anak-anak : RM20 atau Rp.71.200

A Famosa Resort Melaka

A Famosa Resort
Sumber : Myfave
A Famosa Resort memiliki 2 taman yakni A Famosa Water Park dan Safari Wonderland. Taman pertama adalah taman bermain air terbesar di Malaysia, wahana menarik yang sering dicoba pengunjung seperti Adventure Party Pool dan High Speed Slides. Kemudian di taman kedua anda bisa melihat-lihat dan mencoba wahana seru seperti Safari Adventure, Farm House dan Monkey Island.

Kategori : Wisata Tirta
Alamat / Address : Lot PT 17178, Lebuh Ayer Keroh, Hang Tuah Jaya, Ayer Keroh, Melaka 75450

Jam Buka :

  • Senin-Jumat : 11.00am s/d 7.00pm
  • Sabtu-Minggu : 9.00am s/d 7.00pm
  • Selasa : Tutup

Harga Tiket : 

  • Dewasa : RM69 atau Rp.245.700
  • Anak-anak : RM55 atau Rp.195.800

Melaka Wonderland Theme Park

Melaka Wonderland Theme Park
Sumber : Hmetro
Melaka Wonderland Theme Park merupakan taman bermain yang mempunyai daya tarik tinggi bagi wisatawan untuk mengunjunginya, terdapat taman bermain air seru yang wajib dicoba saat membawa anak-anak. Tempat menarik di Melaka ini sangat dekat dengan pusat kota Melaka, jadi anda tidak perlu bingung untuk berlibur di obyek wisata ini. Jika anda datang dari jauh, taman bermain besar ini menyediakan fasilitas hotel yang bisa anda coba sebagai sarana tempat untuk penginapan. Wahana di taman bermain ini sangat beragam, yang paling seru adalah Tornado Chaser dan Kamizake Racer.

Alamat / Address : Lot PT 17178, Lebuh Ayer Keroh, Hang Tuah Jaya,  Ayer Keroh, Melaka
Jam Buka : 

  • Selasa-Jumat : Jam 11.00am s/d 7.00pm
  • Sabtu-Minggu : Jam 9.00am s/d 7.00pm

Harga Tiket :

  • Dewasa : RM37 atau Rp.131.000
  • Anak-anak : RM32 atau Rp.114.000

Kolam Air Panas Jasin Melaka

Kolam Air Panas Jasin Melaka
Sumber : https://www.tripadvisor.com
Tempat menarik di Melaka yang bisa menjadi referensi daftar liburan yang bisa anda kunjungi adalah Kolam Air Panas Jasin atau Jasin Hot Springs. Obyek yang satu ini merupakan pusat rekreasi kolam air panas yang ada di kota Melaka, lokasinya berada di Kampung Air Panas, Mukim Bemban, 77200 Jasin, Melaka Malaysia.

Taman Buaya Melaka

Taman Buaya Melaka Malaysia
Sumber : Juesatta
Taman Buaya Melaka atau orang bule menyebutnya Melaka Crocodile Farm merupakan salah satu tempat menarik di Melaka yang wajib anda kunjungi saat berada di kota ini. Taman buaya ini adalah yang terbesar di Malaysia, didirikan pada bulan Juli 1987 dengan total biaya sebesar RM650.000.
Taman Buaya Melaka mempunyai luas sekitar 3,5 hektar, terdapat di area lahan hutan yang dilindungi oleh pemerintah. Jika anda datang kesini, maka bisa melihat banyak Buaya yang juga di kembangbiakan. Uniknya, pengunjung yang datang saat masuk akan melawati sebuah pintu gerbang seperti benteng dengan tangga menuju ke dalam area taman. 


Alamat / Address : Pusat Pelancongan Ayer Keroh, Lebuh Ayer Keroh, Melaka, Malaysia
Jam Buka : Senin s/d Minggu dari jam 9.00am sampai 7.00pm
Harga Tiket : 

  • Dewasa : RM20 atau Rp.71.200
  • Anak-anak : RM17 atau Rp.60.500

Taman Kupu-Kupu Melaka

Taman Kupu-kupu Melaka
Sumber : Hddesktopwallpapers
Tempat menarik di Melaka lainnya adalah taman kupu-kupu. Teman ini cocok anda kunjungi jika menyukai keindahan kupu-kupu dan bunga-bunga sebagai tempat bermain dan menjalankan aktivitas disetiap hari. Jika anda berlibur bersama pasangan atau bersama anak-anak, ajaklah mereka ke taman kupu-kupu ini. Informasi lebih lanjut :

Alamat / Address : Lebuh Ayer Keroh, Melaka 75450, Malaysia
Jam Buka : Senen s/d Jumat dari jam 8.30am sampai 5.30pm
Harga Tiket :

  • Dewasa : RM22 atau Rp.78.300
  • Anak-anak : RM16 atau Rp.56.900

Masjid Bersejarah Kampung Kling Melaka

Masjid Bersejarah Kampung Kling Melaka
Sumber : Flickr
Masjid Kampung Kling adalah sebuah masjid bersejarah yang berada di Melaka. Masjid ini dibangun pada tahun 1748, lokasinya berada di Melaka Tengah, tepatnya terletak di Jalan Hang Lekiu. Arsitektur bangunan masjid merupakan gabungan dari Melayu, Sumatera dan China. Terdapat menara 3 tingkat berbentuk pagoda, sementara di dalam masjid terdapat ukuran yang dibuat oleh orang Melayu.

Menara Taming Sari, Melaka

Menara Taming Sari Melaka
Sumber : Hatten Hotel
Menara setinggi 110 meter ini menawarkan pemandangan mengaggumkan kota Melaka yang merupakan kota Warisan Dunia berdasarkan UNESCO. Tempat menarik di Melaka ini sangat cocok dikunjungi anda jika sedang berlibur di salah satu kota di negara Malaysia ini. Di atas menara, anda bisa melihat tempat wisata di Melaka seperti Gedung Meorial Kemerdekaan, Dataran Pahlawan, Museum Samudra dan Kapal, Bukit St. Paul, Masjid Pulau Selat, Pulau Besar dan yang paling menarik dapat melihat Selat Melaka.

Alamat / Address : Jl. Merdeka Banda Hilir, Melaka, Malaysia
Jam Buka : Senin s/d Minggu dari jam 10.00pm sampai 11.00am
Harga Tiket :

  • Dewasa : RM17 atau Rp.60.543
  • Anak-anak : RM11 atau Rp.39.000
Kapasitas Penumpang : 66 Orang
Durasi : 7 Menit

Museum Cheng Ho Melaka

Museum Cheng Ho
Sumber : Go Melaka
Museum Kebudayaan Cheng Ho merupakan salah satu tempat menarik di Melaka yang banyak dikunjungi oleh orang-orang yang mencari informasi sejarah sekaligus untuk tujuan berlibur. Museum ini adalah yang terbesar di Melaka dengan luasnya mencapai sekitar 5.000 m2.
Bangunan Museum ini diyakini sebagai gudang penyimpanan barang-barang Cheng Ho pada sekitar tahun 600 M. Oleh sebab itu, maka dibangun lah Museum Cheng Ho oleh Tan Ta Sen, museum ini kemudian secara resmi dibuka pada tahun 2006. Di dalam museum terdapat pameran kapal-kapal Cheng Ho, barang antik dan kapal harta karun.

Alamat / Address : 51 Lorong Hang Jebat, 75200 Melaka
Jam Buka : Senin s/d Minggu dari jam 9.00am sampai 6.00am
Harga Tiket : 

  • Dewasa : RM20 atau Rp.71.200
  • Anak-anak :RM10 atau Rp.35.600

The Shore Oceanarium, Museum

The Shore Oceanarium
Sumber : Twitter


Alamat 
/ Address : 2F-01, The Shore Shopping Gallery,193, Pinggiran @ Sungai Melaka,Jalan Persisiran Bunga Raya, Melaka, Malaysia
Jam Buka : Senin s/d Minggu buka jam 10.30am sampai 9.00pm
Harga Tiket :

  • Dewasa : RM55 atau Rp.195.800
  • Anak-anak : RM25 atau Rp.89.000

Melaka River Cruise

Melaka River Cruise
Sumber : Holidaygogogo
Alamat / Address : Melaka River Cruise Boarding Port, Jl. Tun Mutahir, Melaka, Malaysia
Jam Buka : Senin s/d Minggu dari jam 9.30am sampai 11.00pm

Harga Tiket : 

  • Dewasa : RM10 atau Rp.35.600
  • Anak-anak : RM5 atau Rp.17.800

Museum Kapal Selam Melaka

Museum Kapal Selam
Sumber : Tribun News

Alamat / Address : Dataran 1 Malaysia, Klebang, Melaka, Malaysia
Jam Buka :

  • Senin – Kamis : 9.00am sampai 5.30pm
  • Jumaat – Minggu : 9.00am sampai 9.00pm

Harga Tiket :

  • Dewasa : RM5 atau Rp.17.800
  • Anak-anak : RM3 atau 10.600

Rumah Terbalik Melaka

Rumah Terbalik Melaka
Sumber : Jajah Maya

Alamat / Address : G12&G14,Jalan PM 7,Plaza Mahkota,Bandar Hilir, Melaka
Jam Buka :

  • Senin – Kamis : 10.00am s/d 7.00pm
  • Jumaat – Minggu :  10.00am s/d 9.00pm

Harga Tiket :

  • Dewasa : RM15 atau Rp.53.400
  • Anak-anak : RM10 atau Rp.35.600

The Shote Sky Tower Melaka

The Shote Sky Tower Melaka Malaysia
Sumber : Sky Tower

Alamat / Address :  The Shore Shopping Gallery, 193, Jl. Persisiran Bunga Raya, Melaka
Jam Buka : Senin s/d Minggu dari jam 10.30am sampai 11.00pm
Harga Tiket :

  • Dewasa : RM25 atau Rp.89.000
  • Anak-anak : RM18 atau Rp.64.000

Bustel Klebang Melaka, Malaysia

Bustel Klebang Melaka Malaysia
Sumber : Aku Seorang Traveler

The Orang Utan House Melaka Malaysia

The Orang Utan House Melaka Malaysia
Sumber : Skyscanner
Alamat / Address 59 Lorong Hang Jebat, Bandar Melaka
Jam Buka : Senin s/d Minggu dari jam 9.30 sampai 5.30pm

Baca Juga :

Nah itulah dafatr 25 Tempat Menarik di Melaka sebagai tujuan utama wisata di tahun 2018. Semoga bisa menambah referensi anda saat liburan tiba. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *