7 Tempat Wisata Terkenal di Brunei Darussalam dan Fotonya

Tempat Wisata di Brunei Darussalam – Brunei adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara, terletak di bagian utara pulau Borneo atau lebih kita kenal dengan sebutan Kalimantan. Luas wilayah Brunei Darussalam bisa dibilang kecil, yaitu sekitar 5.765 km2. Sementara jumlah penduduknya juga tidak terlalu banyak, kurang dari 1 juta jiwa. Namun negara ini memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, baik itu tambang minyak bumi, gas dan tentunya obyek wisata yang menjadi buruan traveler saat liburan.

Negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam ini memiliki banyak sekali obyek wisata yang tersebar di beberapa wilayahnya. Tempat wisata di Brunei Darussalam banyak dikunjungi oleh turis lokal, Asia, bahkan berasal dari penjuru dunia. Salah satu wisatawan yang sering mengunjungi obyek wisata di Brunei tentu saja berasal dari Indonesia. Hal ini karena banyak orang-orang Indonesia yang bekerja, study atau bahkan sengaja datang ke negara ini untuk berlibur.

Baca Juga : Agama Resmi di Brunei Darussalam

Tujuh tempat wisata yang akan kami sajikan dibawah ini merupakan yang paling terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Ketujuh obyek wisata meliputi wisata alam, bangunan keagamaan terkenal, sejarah, pantai, edukasi bahkan wisata belanja yang menjadi salah satu magnet untuk berburu oleh-oleh khas Brunei. Berikut ini langsung saja informasi terkait dengan 7 tempat wisata terkenal di Brunei Darussalam beserta foto-fotonya.

Tempat Wisata Terkenal di Brunei Darussalam

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin
Tempat Wisata Terkenal di Brunei Darussalam
Masjid ini merupakan tempat ibadah sekaligus tempat wisata paling terkenal di negara Brunei Darussalam. Lokasinya berada di ibu kota Bandar Seri Begawan, selesai dibangun pada tahun 1958 dan menjadi masjid termegah di Asia Pasifik. Selain lokasinya strategis berada diatas kolam buatan, yang menjadi daya tarik dari masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah kubahnya yang dilapisi emas murni.
Arsitektur masjid memadukan Arsitektur Mughal dengan gaya Italia. Terdapat taman indah yang mengelilingi masjid, dan dilengkapi dengan air mancur. Uniknya, Anda bisa menjumpai gerbang berbentuk kapal atau perahu di sungai. Obyek wisata di Brunei Brunei Darussalam ini dapat dikunjungi oleh wisatawan muslim dan non muslim pada saat diluar jam ibadah.
Anda bisa datang pada siang maupun malam hari. Jika datang pada malam hari, maka dapat melihat pemandangan masjid yang diterangi lampu berwarna warni. Terdapat juga kafe dan restoran, sehingga pengunjung non muslim bisa datang dan menikmati liburan di sini. Cara menuju masjid bisa dibilang mudah, karena hampir semua angkutan umum menyediakan akses ke rute ke Sultan Omar Ali Saifuddin.
 
2. Taman Nasional Ulu Temburong
Tempat Wisata Alam di Brunei Darussalam
Taman indah di Brunei Darussalam ini bisa menjadi alternatif liburan bagi Anda pecinta wisata alam. Anda bisa menikmati pemandangan alam hijau dengan pepohonan yang begitu rindang. Atraksi atau kegiatan yang bisa anda lakukan seperti rafting, camping dan night jungle walk. Selain melihat pemandangan dari ketinggian, Anda bisa mengunjungi beberapa air terjun. Jika lelah berjalan mengelilingi taman, terdapat resort tempat beristirahat. Kemudian apabila ingin bermalam di taman nasional ini, terdapat juga tempat penginapan yang disediakan oleh pengelola setempat.
Jam operasi taman nasional Ulu Temburong dibuka setiap haru mulai pukul 8 pagi hingga jam 6 sore. Kapan waktu yang tepat datang ke taman ini? Kami sarankan datang pada saat musim panas, karena jika berkunjung saat musim hujan maka dapat mempersulit Anda dalam perjalanan menuju taman nasional ini. Untuk menikmati seluruh area di taman Ulu Temburong estimasi biaya yang harus dikeluarkan sekitar B$15. Biaya akan semakin membengkak apabila Anda datang bersama keluarga maupun pasangan.
 
3. Tasek Lama Recreationl Park
Tasek Lama Recreationl Park Brunei Darussalam
Tempat wisata terkenal di Brunei Darussalam ke 3 yang wajib Anda kunjungi adalah Tasek Lama Recreatinal Park. Obyek wisata yang satu ini terletak di Bandar Sri Begawan. Di lokasi ini, terdapat beberapa air terjun cantik dan indah. Maka tak heran jika banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari perkotaan, sehingga aksesnya mudah.
Untuk sampai ke lokasi air terjun, Anda harus melewati hutan. Sambil menikmati pemandangan alam dan berfoto-foto, maka perjalanan Anda tidak akan terasa lama. Jam operasional tempat wisata ini yaitu dibuka mulai jam 6 pagi hingga pukul 6 sore. Anda tidak dikenakan biaya masuk alis gratis. Namun, apabila akan berkunjung ke tempat ini Anda harus membawa bekal air minum, karena saat menjelajah hutan tidak terdapat penjual minuman.

Rekomendasi Artikel :

 

 

Setelah sampai di lokasi air terjun, Anda bisa bermain air atau hanya sekedar berfoto-foto. Air terjun akan terlihat indah saat aliran air yang terjun memiliki volume yang tinggi atau pada saat musim hujan. Maka dari itu, salah satu tantangan datang ke tempat wisata di Brunei Darussalam ini yaitu saat musim hujan, namun tidak pada saat hujan di setiap saat.
 
4. Kampong Ayer
Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam
Tempat wisata di Brunei Darussalam yang terkenal selanjutnya adalah Kampong Ayer atau dalam bahasa melayu berarti kampung air. Lokasinya berada persis di depan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin. Menurut sejarahnya, pada tahun 1400 daerah ini merupakan ibukota dan pusat administrasi Brunei Darussalam. Pada zaman sekarang, keberadaan kampung ini menjadi kebanggaan negara Brunei yang dapat mempertahankan budaya, dan asal usulnya.
Rumah-rumah di Kampong Ayer dibangun dengan gaya arsitektur tradisional, namun seiring dengan perkembangan zaman rumah yang terdapat di sini sudah dilengkapi dengan perabotan modern. Contohnya seperti pendingin ruangan. Jika Anda tertarik untuk datang ke Kampong Ayer, jam operasionalnya tanpa batas di setiap hari.
5. Museum Kerajaan Regalia
Museum Kerajaan Regalia Brunei Darussalam
 
Lokasi museum ini berada di pusat kota Bandar Sri Begawan, sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan dan menjadi salah satu tempat wisata di Brunei Darussalam yang wajib dikunjungi. Di dalam museum, Anda bisa melihat harta milik Sultan Brunei dari zaman dahulu hingga sekarang dan barang-barang kerajaan. Maka tak heran jika museum ini dijaga dengan ketat keamanannya.
Gedung museum ini bisa dibilang sangat megah. Penataan isinya sangat rapi, terdapat ornamen foto yang disusun berdasarkan perkembangan Sultan dari masa ke masa. Salah satu daya tarik koleksi museum Kerajaan Regalia adalah tahta raja yang terbuat dari emas murni dan kereta tempat raja pada masa itu.
Jam operasi museum sudah diatur dengan sedemikian rupa. Hari minggu hingga kamis dibuka pukul 9 pagi hingga jam 5 sore, hari jum’at jam 09.00-11.30 dan buka lagi pada pukul 14.30 hingga jam 5 sore. Kemudian hari sabtu buka pukul 09.45 hingga tutup jam 17.00. Pengunjung yang masuk ke dalam museum dilarang untuk memotret atau mengambil gambar pada ruangan tertentu. Kemudian tidak juga untuk membawa masuk tas dan barang bawaan, semuanya harus dititipkan.
Pengunjung yang masuk ke dalam museum tidak dikenai biaya masuk atau gratis. Saat akan masuk, kita akan dipinjamkan sandal khusus untuk masuk dan berkeliling ke dalam museum. Hal ini mungkin untuk penghormatan dan juga untuk menjaga kebersihan museum.
 
6. Wisata Pantai
Pantai di Brunei Darussalam
 
Menikmati keindahan pantai dengan pemandangan sunset dan sunrise yang begitu cantik dan mengagumkan bisa juga Anda dapat saat berlibur ke Brunei. Hal ini karena Brunei memiliki garis pantai di tepi utara sehingga memiliki banyak pantai. Lalu pantai mana saja yang memiliki pemandangan indah? Salah satu pantai yang menawarkan pemandangan indah yaitu Seri Kenangan (lihat pada gambar di atas).
Selain pantai tersebut, terdapat pantai indah lain yang bisa Anda kunjungi seperti pantai Berakas, Meranggang, Jarudung, Lumut, Muara, Penanjong, Jubli, Tungku dan masih banyak lagi. Anda bisa bermain air di tepi pantai, tapi ada juga beberapa pantai yang melarang pengunjungya untuk berenang. Namun tidak perlu khawatir, Anda masih bisa menikmati pemandangan indahnya.
 
7. Pusat Perbelanjaan Gadong
Tempat Belanja Murah di Brunei Darussalam
Pusat perbelanjaan merupakan tujuan wajib wisatawan saat berlibur yang tidak boleh dilewatkan. Lalu dimana tempat belanja murah di Brunei Darussalam? Datanglah di kawasan pusat perbelanjaan Gadong. Banyak kegiatan yang bisa Anda lalukan disini, paling sering dilakukan wisatawan adalah menikmati kuliner khas Brunei. Selain itu, turis yang datang juga biasanya membeli oleh-oleh khas Brunei di tempat ini.
Menu makanan di kawasan ini bersetandar restoran dan kafe, walaupun seperti pasar tradisional. Selain wisata kuliner, kawasan ini juga merupakan tempat berkumpulnya mall terbesar di Brunei dengan berbagai pilihan barang atau baju baru bermerek. Makanan khas Brunei yang sering dibeli wisatawan adalah Nasi Kotak. Waktu yang tepat mengunjungi Gadong yaitu pada malam hari, Anda dapat melihat keramaian Gadong Night Market oleh turis-turis mancanegara.
Baca Juga :
Demikian pembahasan 7 Tempat Wisata Terkenal di Brunei Darussalam dan Fotonya, tentu wajib Anda kunjungi saat liburan ke luar negeri. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga rekomendasi tempat wisata menarik dan seru lainnya, baik di Asia, Eropa, Australia maupun timur tengah. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *