7 Faktor Kemunduran Kerajaan Sriwijaya : Penyebab Bidang Politik

Apa sebab-sebab atau faktor kemunduran Kerajaan Sriwijaya?  Setelah mencapai masih keemasan atau kejayaan, yang terjadi pada tahun 955 Masehi, berdasarkan catatan dari musafir (pengelana) dari arab, dijelaskan bahwa Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan besar, kaya raya, wilayahnya luas, dan dilengkapi tentara yang sangat banyak. Disebutkan, hasil buminya antara lain cengkeh, kapur barus, kayu cendana, gambir, pala, dan kayu gaharu. Berdasarkan tahun, raja yang berkuasa saat itu berarti Balaputradewa. Nah, lalu apa sebab runtuhnya kerajaan Sriwijaya?
Faktor Penyebab Kemunduran Kerajaan Sriwijaya

Faktor Kemunduran Kerajaan Sriwijaya

Berikut ini faktor penyebab kemunduran kerajaan Sriwijaya di berbagai bidang, termasuk dalam bidang politik, meliputi :
  1. Kemunduran kerajaan Sriwijaya terhadap daerah kekuasaannya disebabkan karena beberapa peperangan, seperti serangan dari Rajendra Chola 1, Dinasti Chola di Koromandel India, pada tahun 1025.
  2. Faktor alam, terjadi pengendapan lumpur di Sungai Musi dan anak sungainya, sehingga kapal dagang semakin jarang dijumpai (berkurang). Berdampak pada semakin menjauh kota Palembang dari laut, sehingga tidak strategis lagi, pendapatan dari pajak pun berkurang dan ekonomi semakin melemah.
  3. Berdiri dan berkembangnya kerajaan Islam Samudra Pasai yang muncul mengambil alih posisi Sriwijaya.
  4. Akibat serangan dari Kerajaan Majapahit pada tahun 1977, serangan dipimpin oleh Adityawarman atas perintah Gajah Mada.
  5. Saat Sri Sudamani Warmadewa menjadi raja, Kerajaan Sriwijaya diserang oleh Raja Dharmawangsa. Tepatnya pada tahun 990 M, mengakibatkan Sriwijaya semakin melemah.
  6. Kedudukan Sriwijaya semakin melemah lagi setelah adanya pengiriman ekspedisi Pamalayu oleh raja Kertanegara pada tahun 1275 sampai 1292.
  7. Faktor kemunduran kerajaan Sriwijaya terakhir adalah keberadaan bandar perdagangan banyak yang melepaskan diri.

Baca Juga :

Runtuhnya kerajaan Sriwijaya meninggalkan beberapa jejak sejarah yang berhasil ditemukan, berupa candi, prasasti dan arca. Beberapa arca yang bisa kita lihat seperti Arca Buddha Langgam Amarawati, Awalokiteshwara, Arca Maitreya dan Arca Toroso perunggu bodhisattwa Padmapani.
Itulah sedikit pembahasan mengenai faktor kemunduran kerajaan Sriwijaya sehingga menyebabkan keruntuhan. Jika kalian tertarik tentang sejarah kerajaan Sriwijaya, maka baca juga artikel terkait kerajaan ini yang merupakan kerajaan Maritim terbesar pada masanya. Terimakasih