6 Alat Pengukur Cuaca Beserta Fungsi, Cara Kerja dan Gambarnya

Alat-Alat Pengukur Cuaca – Setelah sebelumnya kita mempelajari pengertian cuaca dan iklim beserta unsur-unsurnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas alat untuk mengukur cuaca. Seperti yang kita ketahui, manusia adalah makhluk paling cerdas di muka bumi ini. Manusia mempunyai berbagai cara mempelajari sifat dan ciri alam untuk kesejahteraan hidup.

Manfaat mempelajari cuaca dan iklim adalah untuk kepentingan perencanaan pertanian, pariwisata, perindustrian, dan perdagangan. Untuk mengetahui sifat dan ciri cuaca dan iklim maka para ahli membuat berbagai alat ukur cuaca.

Baca: Pengertian Cuaca dan Iklim

Alat Pengukur Cuaca

Berikut ini telah kami rangkum alat-alat yang digunakan untuk mengukur cuaca beserta fungsi, cara kerja dan contoh gambarnya. Adapun alat pengukur cuaca tersebut antara lain meliputi :

1. Thermometer

Alat Pengukur Cuaca
Contoh Gambar Thermometer

Alat pengukur cuaca yang pertama adalah thermometer. Kalian pasti sudah tahu manfaat thermometer. Suhu udara diukur dengan thermometer, kertas yang digunakan untuk mencatat hasil pengukuran disebut termogram. Termometer adalah alat cuaca yang dipergunakan untuk mengukur suhu udara. Suhu udara diukur dengan skala derajat Celsius dan atau skala Fahrenheit. Garis yang menghubungkan tempat-tempat yang sama suhunya disebut isoterm.

Beberapa termometer yang biasa digunakan untuk mengukur suhu udara adalah : termometer air raksa, termometer maksimum, termometer minimum, termometer minimum maksimum model Six Belani, termometer binetal, termometer Bourdan, termometer tanahan. Untuk setiap termometer mempunyai cara kerja yang berbeda-beda, tetapi pada dasarnya adalah sama yaitu untuk mengukur suhu udara.

Baca: Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

2. Higrometer

Alat Pengukur Cuaca dan Iklim
Contoh Gambar Higrometer

Kelembaban udara diukur dengan peralatan yang disebut higrometer. Salah satu pengukur kelembaban udara adalah higrometer rambut. Mengapa rambut? Karena higrometer tersebut menggunakan rambut. Rambut manusia bisa memanjang bila ada udara basah dan memendek pada udara kering, rambut yang dipasang pada higrometer perubahan panjang dan pendeknya menggerakkan jarum pada skala yang tertera, hasilnya datanya disebut higrograf.

3. Barometer

Alat Pengukur Cuaca dan Fungsinya
Contoh Gambar Barometer

Alat pengukur cuaca ketiga yaitu barometer. Barometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur tinggi tempat. Pada lapisan atmosfer bawah, setiap kenaikan 8 m tekanan turun 1mb. Tekanan udara pada permukaan air laut adalah sebesar 1,013 mb dan semakin tinggi tempat tekanan udaranya akan semakin berkurang. Barometer aneroid yang dipergunakan mengukur tinggi suatu tempat disebut altimeter.

4. Anemometer

Gambar Anemometer
Contoh Gambar Anemometer

Apakah anemometer itu? Kecepatan angin diukur dengan alat yang disebut anemometer dan biasanya model anemometer mangkok. Ada tiga atau empat mangkok yang menentukan kerja alat ini. Bagian yang cekung pada mangkok tersebut bila tertiup oleh angin maka mangkok tersebut akan berputar pada sumbu tegak lurusnya, perputaran sumbu dihubungkan dengan alat ukur dan kecepatan angin dapat dibaca pada skala alat ukur.

Baca: Pengertian Globe dan Manfaatnya

5. Bendera Angin

Alat-Alat Pengukur Cuaca
Contoh Gambar Bendera Angin

Bendera angin juga dikategorikan sebagai alat pengukur cuaca. Bagaimana cara mengetahui arah angin? Untuk mengetahui arah angin dipergunakan bendera angin. Bendera angin selalu menunjuk dari mana arah datangnya angin.

Selain bendera angin juga dapat dipergunakan kantong angin, arah datangnya angin ditunjukkan dengan arah hadapan kantong angin. Arah angin dinyatakan dalam derajat, 360 derajat berarti angin utara, 90 derajat angin timur, 180 derajat angin selatan dan 270 derajat angin barat.

6. Ombrometer

Ombrometer adalah alat penakar hujan. Alat ini dipasang pada tempat yang bebas penghalang baik pohon maupun bangunan.

Baca Juga: Pengertian Peta dan Komponennya

Nah itulah keenam alat pengukur cuaca beserta fungsi dan cara kerjanya. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Baca juga artikel terkait dengan cuaca dan iklim atau artikel menarik dan informatif lainnya. Sekian, terimakasih.