Anggota KTN (Komisi Tiga Negara) Beserta Nama Delegasinya

Komisi Tiga Negara disingkat (KTN) pada awalnya merupakan Komite Jasa Baik Untuk Indonesia (Committe of Good Offices for Indonesia). KTN dibentuk pada tanggal 25 Agustus 1947 dengan tujuan untuk merealisasikan gencatan senjata antara pemerintah Republik Indonesia dan Belanda, bisa dibilang penengah kedua negara. Lalu, siapa saja anggota KTN?

Sebelumnya, Belanda menolak adanya gencatan senjata. Namun, setelah desakan dari PPB (Perserikatan Bangsa Bangsa) akhirnya pada 15 Agustus 1947 Belanda menyatakan menerima resolusi gencatan senjata. Komisi Tiga Negara dibentuk oleh PPB, anggotanya dipilih oleh masing-masing negara, sementara pihak penengah dalam resolusi adalah Amerika Serikat.

Anggota Komisi Tiga Negara

Baca Juga : Sejarah Perumusan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Anggota KTN (Komisi Tiga Negara)

Berdasarkan pembentukan KTN pada tanggal 25 Agustus 197, berikut ini negara yang terlibat dan nama-nama anggota KTN dan nama delegasinya secara lengkap dari pihak Indonesia, Belanda dan pihak penengahnya Amerika Serikat secara lengkap. Simak selengkapnya.

Indonesia memilih Australia

Indonesia menunjuk Australia, delegasinya bernama Richard Kirby, nama Lengkapnya Sir Richard Clarence Kirby, lahir pada tanggal 22 September 1904 dan memninggal pada 25 Oktober 2001. Pertama kali ditunjuk sebagai komisi pada tahun 1947, namun pada tahun  1973 ia pensiun karena alasan sakit.

Belanda memilih Belgia

Delegasi Belanda dari Belgia bernama Paul Guillaume Viscount Van Zeeland. Ia merupakan politikus katolik sekaligus ekonom dan pengacara. Lahir di Soignies pada tanggal 11 November 1893. Pernah menjabat sebagai wakil gubernur Bank Nasional Belgia dan direktur ilmu Ekonomi di Universitas Katolik Leuven. Van Zeeland juga salah satu pendiri Liga Eropa kerjasama dibidang ekonomi. Meninggal pada tanggal 22 September 1973.

Artikel Menarik :

Pihak Penengah Amerika Serikat

Pihak penengah dari AS yang ditunjuk adalah Dr. Farank Graham. Lahir di North California pada tanggal 14 Oktober 1886, pernah menjabat sebagai Rektor (Presiden) di Universitas North California dan Senator Amerika Serikat. Ia juga pernah menjabat sebagai Dewan Penasehat keamanan ekonomi Presiden Franklin Roosevelt. Frank Graham meninggal pada 16 februari 1973.
Tugas Komisi Tiga Negara yaitu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang menimbulkan konflik antara Indonesia dan Belanda, salah satunya sengketa wilayah. Penyelesaian masalah melalui KTN dilakukan dengan cara yang damai. Pembentukan KTN merupakan solusi yang dikeluarkan oleh PBB untuk mengakhiri Agresi Militer Belanda 1.
Operatir Produc atau lebih kita kenal dengan Agresi Militer Belanda 1 merupakan operasi militer yang dilakukan oleh Belanda pada tahun 1947 di wilayah Jawa dan Sumatera. Aksi polisionil ini merupakan sebuah pelanggaran kesepakatan yang telah disepakati oleh kedua pihak melalui Perjanjian Linggarjati.

Baca Juga :

Itulah sedikit informasi terkait Anggota KTN (Komisi Tiga Negara) Beserta Nama Delegasinya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik seputar sejarah sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Terimakasih.