Batas-Batas Negara Asean Secara Geografis

Sebutkan batas-batas negara di Asean secara geografis? Asia Tenggara atau lazim disebut ASEAN merupakan salah kawasan hasil dari pembagian Benua Asia. Asean terdiri dari sebelas negara yang menjangkau dari India timur ke China, dan secara umum dibagi menjadi zona “daratan” dan “pulau”. Daratan (Burma, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam) sebenarnya merupakan perpanjangan dari benua Asia. Muslim dapat ditemukan di semua negara daratan, tetapi populasi yang paling signifikan adalah di Thailand selatan dan Burma Barat (Arakan). Orang Cham dari Vietnam tengah dan Kamboja juga Muslim.

Baca : Letak Astronomis Asean

Ada beberapa negara kepulauan di Asia Tenggara termasuk Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, Brunei, dan negara baru Timor Timur (sebelumnya bagian dari Indonesia). Islam adalah agama negara di Malaysia dan Brunei. Meskipun 85 persen penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 234.000.000 adalah Muslim, jumlah yang lebih besar daripada negara lain di dunia, Islam bukanlah agama resmi negara. Muslim adalah minoritas di Singapura dan Filipina selatan. Dibawah ini akan di paparkan batas-batas negara Asean secara geografis lengkap.

Batas Batas Negara Asean

Baca Juga : Bentang Alam Asia Tenggara

Batas-Batas Negara Asean

Batas Wilayah Indonesia

Peta menunjukkan pulau-pulau Indonesia dengan negara-negara sekitarnya, perbatasan internasional, provinsi, batas-batas provinsi, ibukota nasional Jakarta, ibukota provinsi, dan kota-kota besar. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, negara ini terletak di Maritim Asia Tenggara, antara Laut Cina Selatan, Samudera Pasifik (di utara) dan Samudra Hindia (di selatan).

Baca : Perkembangan Jumlah Penduduk Indonesia

Indonesia terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, yang terbesar adalah Sumatra, Jawa, Borneo (dikenal sebagai “Kalimantan“), dan Sulawesi atau kenal sebagai Kepulauan Sunda Besar. Sebagian besar pulau-pulau besar adalah pegunungan, dengan puncak berkisar antara 3.000 dan 3.800 m. Dengan luas 1.904.569 km² dan populasi 238 juta orang menjadikan Indonesia negara terbesar dan terpadat di pulau-pulau, kepulauan gabungan ini sedikit lebih kecil dari Meksiko.

Batas wilayah Indonesia daratan yaitu berbatasan langsung dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor-Leste. Sementara batas maritim dengan negara Australia, India, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Berikut ini rinciannya :

  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik
  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan negara Malaysia, Filipina dan Laut China Selatan.
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Samudra Hindia dan negara Timor Leste.

Baca : Sumber Daya Alam Asia Tenggara

Batas Wilayah Laos

Laos adalah negara yang terkurung oleh daratan di daratan Asia Tenggara. Dulunya Laos merupakan bagian dari Indochina (Perancis), yang mencakup Vietnam, Kamboja, dan Laos modern. Negara ini juga berbatasan dengan Thailand, Cina dan Myanmar (Burma).

Peta menunjukkan Laos dan negara-negara sekitarnya dengan perbatasan internasional, provinsi dan batas-batas provinsi, ibukota nasional Vientiane, ibukota provinsi, kota-kota besar dan kota-kota, jalan utama, dan bandara utama.

Batas-Batas Wilayah Laos :

  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan negara Thailand dan Myanmar.
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan negara Vietnam.
  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan negara China (Tiongkok).
  • Disebelah Selatan : Berbatasan dengan Thailand dan Kamboja.

Baca : Jumlah Penduduk Laos

Batas Wilayah Kamboja

Lanskap Kamboja didominasi oleh dataran rendah di Cekungan Tonle Sap dan Dataran Tinggi Mekong yang dikelilingi oleh dataran tinggi dan pegunungan rendah di utara, barat daya dan timur. Dataran tengah di belah dari utara ke selatan oleh Sungai Mekong.

Bagian utara dataran pusat, di sepanjang perbatasan antara Thailand dan Kamboja, adalah Pegunungan Dângrêk, sebuah rantai pegunungan yang relatif rendah, mereka membentuk tepi selatan Dataran Tinggi Khorat di Isan, wilayah timur laut Thailand.

Peta menunjukkan Kamboja dan negara-negara sekitarnya dengan perbatasan internasional, sungai utama dan danau, ibu kota negara Phnom Penh, ibukota provinsi, kota-kota besar, jalan utama, jalur kereta api, bandara utama dan lokasi dua situs Warisan Dunia Kamboja, Angkor Wat, utara Danau Tonle Sap dan Kuil Preah Vihear di pusat utara, dekat perbatasan Thailand.

Batas-Batas Wilayah Negara Kamboja :

  • Barat : Berbatasan dengan Teluk Siam dan negara Thailand.
  • Timur : Berbatasan dengan negara Vietnam.
  • Utara : Berbatasan dengan negara Laos dan Thailand.
  • Di sebelah selatan berbatasan dengan negara Vietnam.

Baca : Iklim di Negara Kamboja

Batas Wilayah Malaysia

Semenanjung Malaysia berbatasan dengan Laut Cina Selatan di timur, Singapura di ujungnya di selatan, Selat Malaka di barat dan Thailand di utara. Malaysia Timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan di barat laut, dan Indonesia di selatan, dan mengelilingi Negara kecil Brunei.

Jika melihat peta Malaysia, kalian bisa mengetahui negara-negara sekitarnya dengan perbatasan internasional, batas negara, ibukota nasional Kuala Lumpur, ibu kota negara, kota-kota besar, jalan utama, kereta api dan bandara internasional Malaysia.

Batas Wilayah Negara Malaysia :

  • Batas sebelah barat : Selat Malaka
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Laut Sulu dan negara Indonesia.
  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan negara Thailand dan Laut China Selatan.
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Negara Indonesia dan Singapura.

Baca : Agama di Negara Malaysia

Batas Wilayah Myanmar

Peta menunjukkan Myanmar dan negara-negara sekitarnya dengan perbatasan internasional, batas negara bagian / divisi, ibukota administratif Naypidaw, ibukota negara bagian dan divisi, kota-kota besar, jalan utama, rel kereta api dan bandara.

Batas Wilayah Negara Myanmar :

  • Barat : Berbatasan dengan negara Bangladesh.
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan negara Laos dan Thailand.
  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan negara China (Tiongkok).

Baca : Jumlah Penduduk Myanmar 

Batas Wilayah Filipina

Pulau-pulau Filipina di Asia Tenggara, yang membentang di Laut Cina Selatan di barat dan Samudera Pasifik di timur, dengan Malaysia di barat daya, Indonesia di selatan, dan Vietnam di barat, Taiwan, dan Cina daratan ke utara. Batas wilayah maritim Filipina yaitu dengan: Cina, Indonesia, Jepang, Malaysia, Palau, Taiwan (ROC), dan Vietnam.

Baca Juga : Jumlah Penduduk Filipina

Batas Wilayah Singapura

Singapura adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terdiri dari pulau Singapura (dihubungkan dengan jalan lintas ke ujung selatan Semenanjung Malaya) dan sekitar 54 pulau kecil. Negara-kota, secara resmi Republik Singapura, terletak 137 kilometer (85 mil) utara khatulistiwa, dan tepat di selatan Semenanjung Malaysia.

Di selatan, Selat Singapura memisahkan pulau itu dari Kepulauan Riau di Indonesia. Batas-batas wilayah negara Singapura antara lain :

  • Sebelah Barat : Selat Singapura
  • Sebelah Timur dan Utara: Berbatasan dengan Malaysia.
  • Sebelah Selatan Berbatasan dengan Indonesia.

Baca : Letak Astronomis dan Geografis Singapura

Batas Wilayah Thailand

Thailand adalah Kerajaan di Asia Tenggara. Batas-batas wilayah negara Thailand antara lain :

  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan negara Myanmar dan Samudra Hindia.
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan negara Kamboja dan Laos.
  • Sebelah Utara : Berbatasan langsung dengan Laos dan Myanmar.
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Teluk Siam dan Indonesia.

Batas Wilayah Vietnam

Vietnam adalah sebuah negara di Asia Tenggara dengan pantai panjang di sepanjang Laut Cina Selatan. Dengan luas 331.689 km² itu adalah seukuran Finlandia atau sedikit lebih besar dari negara bagian New Mexico di AS.

Negara Vietnam berbatasan dengan Cina di utara, memiliki perbatasan panjang dengan Laos dan perbatasan Kamboja di barat daya. Batas wilayah maritim Vietnam yaitu dengan Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Baca Juga : Kondisi Iklim di Negara Vietnam

Batas Negara Brunei Darussalam

  • Di sebelah barat, timur dan selatan, berbatasan dengan negara bagian Sarawak, Malaysia.
  • Di sebelah utara berbatasan dengan Laut China Selatan (LCS).

Artikel Menarik : Tempat Wisata Terkenal di Brunei Darussalam

Batas Negara Timor Leste

Timor Leste merupakan negara tetangga Indonesia. Negara merdeka ini pernah menjadi bagian dari wilayah NKRI. Batas-batas wilayah negara Timor Leste antara lain :

  • Di sebelah barat, timur dan utara berbatasan langsung dengan negara Indonesia.
  • Sementara di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Timor.

Baca Juga : Jumlah Penduduk Timor Leste Terupdate

Itulah informasi mengenai negara-negara Asean serta batas-batas negara Asean. Kita perlu mengetahui batas-batas wilayah negara kita dengan negara lain agar bisa menjaga negara kita tercinta. Pelajari lebih lanjut, semoga bermanfaat.