7 Contoh Sejarah Sebagai Kisah Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Contoh Sejarah Sebagai Kisah – Pembahasan kali ini merupakan lanjutkan dari tulisan sebelumnya mengenai pengertian dan ciri-ciri dari sejarah sebagai kisah. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, pengertian sejarah sebagai kisah adalah sebuah kejadian atau peristiwa sejarah yang diceritakan berdasarkan cerita penafsiran dan ingatan seseorang. Sejarah sebagai kisah apabila digali semakin dalam maka akan semakin mengarah ke mitos belaka.

Contoh Sejarah Sebagai Kisah

Ciri-ciri sejarah sebagai kisah yaitu belum tentu empiris dan subjektif. Belum tentu empiris artinya sebuah kejadian atau peristiwa yang diceritakan bisa jadi hanya sebuah kisah yang di rekayasa dan belum pernah terjadi. Sementara subjektif artinya kejadian atau peristiwa sejarah hanya sebuah cerita yang diceritakan melalui sebuah ingatan. Berikut ini beberapa contoh sejarah sebagai kisah yang masih melegenda di Indonesia tanpa bukti yang akurat.

Baca: Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa dan Kisah

Contoh Sejarah Sebagai Kisah

Sebenarnya banyak sekali contoh sejarah sebagai kisah yang populer di kalangan masyarakat, namun disini kami hanya akan membahas 7 contohnya saja. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Kisah Nyi Roro Kidul

Kisah Nyi Roro Kidul merupakan salah satu contoh sejarah sebagai kisah. Kisah ini bercerita tentang adanya sebuah penguasa bangsa Jin yang lokasinya berada di wilayah laut selatan Pulau Jawa yaitu bernama Nyi Roro Kidul.

Kisah mengenai penguasa laut selatan ini banyak sekali versinya, tergantung dari sudut pandang penulisnya. Konon katanya, keberadaan penguasa tersebut ada kaitannya dengan penguasa dari Kerajaan Mataram hal ini dikuatkan dengan sumber yang ada di dalam babad Jawi.

Baca juga: Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa

Kisah Ken Arok

Siapa yang tak pernah mendengar tentang kisah Ken Arok dan Ken Dedes? kebanyakan orang pasti pernah mendengar kisah ini. Ken Arok merupakan pendiri kerajaan Singasari, ia mendirikan kerajaan ini dengan melakukan pembunuhan terhadap raja dari kerajaan kediri dengan keris yang sangat melegenda, yaitu “Keris Mpu Gandring”.

Setelah ia membunuh raja Tunggul Ametung, ia kemudian menikahi istri raja tersebut yang bernama Ken Dedes. Kisah Ken Arok termasuk dalam contoh sejarah sebagai kisah. Selengkapnya: Sejarah Kerajaan Singasari

Kisah Ki Ageng Selo

Kisah Ki Ageng Selo

Kisah ini bercerita tentang Ki Ageng Selo yang bisa menangkap dan menaklukan petir, sumber yang digunakan pada kisah ini yaitu babad Tanah Jawi. Dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa Ki Ageng Selo merupakan keturunan raja Majapahit yaitu Brawijaya V.

Berdasarkan sumber yang beredar konon Ki Ageng Selo pernah menangkap petir yang berwujud kakek-kakek, setelah berhasil di tangkap kakek tersebut lenyap. Kemudian untuk mengenang kejadian ini maka dibuatlah simbol geledek yang sekarang dipasang di pintu Masjid Agung Demak dengan nama Lawang Bledheg. Kisah Ki Ageng Selo merupakan termasuk ke dalam contoh sejarah sebagai kisah.

Baca: Contoh Sejarah Sebagai Ilmu

Kisah Ratu Sima

Contoh sejarah sebagai kisah yang terakhir yaitu sejarah kisah tentang kekuasaan yang jujur dan bijaksana dari ratu sima (raja kerajaan kalingga). Ia merupakan ratu yang sangat tegas dalam menjalankan hukum di kerajaan tersebut.

Hukum yang tegas dilakukan agar segala macam kejahatan dapat di musnahkan, hal ini untuk membuat masyarakat yang jujur. Konon ceritanya, suatu ketika ada raja dari luar/asing mengetahui peraturan yang ditetapkan oleh Ratu Sima, ia kemudian mengetes kebijaksanaan dan hukum yang berlaku di kerajaan tersebut.

Kisah Ratu Sima

Raja dari luar tersebut meletakkan sebuah kantung berisi emas di dekat pusat kerajaan kalingga, ia sengaja meletakannya untuk mengetahui kebenaran tentang kejujuran rakyat kalingga. Setelah 3 tahun kantung tersebut ternyata masih utuh dan tidak ada yang berani memegangnya. Namun kemudian suatu hari seorang pangeran yang merupakan anak dari Ratu Sima tanpa sengaja menyentuh kantung tersebut dengan kakinya.

Ratu Sima kemudian menjatuhi putranya dengan hukuman mati. Tetapi setelah mendapat masukan dari para petinggi kerajaan, hukuman kepada pangeran tersebut diringankan dengan hanya memotong kaki pangeran yang menginjak kantung berisi emas. Kebenaran dari kisah ini tentu masih menjadi pertanyaan sampai sekarang, kisah ini merupakan salah satu contoh dari sejarah sebagai kisah.

Baca: Pengertian Historiografi Kolonial

Kisah Kejayaan Kerajaan Majapahit

Contoh sejarah sebagai kisah selanjutnya adalah kisah kejayaan kerajaan Majapahit, salah satu kerajaan yang pernah berdiri di nusantara pada masa lalu. Berdasarkan kisahnya, Majapahit merupakan kerajaan yang dapat menyatukan seluruh wilayah Nusantara setelah menaklukan beberapa kerajaan, termasuk kerajaan Pajajaran.

Usaha untuk menyatukan wilayah Nusantara pada masa kerajaan Majapahit, tidak terlepas dari patihnya bernama Gajah Mada yang terkenal dengan sumpahnya bernama “Sumpah Pallapa”.

Selain ke-5 kisah diatas, masih banyak kisah lainnya, seperti kisah Bende Mataram dan kisah asal-usul Danau Toba. Cari juga referensi kisah tersebut agar pemahaman kalian mengenai sejarah sebagai kisah menjadi semakin bertambah.

Baca juga: Contoh Sejarah Sebagai Seni

Demikian pembahasan mengenai Contoh Sejarah Sebagai Kisah Beserta Penjelasan dan Gambarnya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya, kurang lebihnya penulis mohon maaf. Sekian, terimakasih
One Comment