9 Contoh Sejarah Sebagai Seni Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Contoh Sejarah Sebagai Seni merupakan topik yang akan kita bahas dalam artikel ini setelah sebelumnya telah mempelajari pengertian dan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu dan seni. Sedikit mengulang pembahasan sebelumnya, pengertian sejarah sebagai seni adalah sebuah kejadian, peristiwa atau kisah yang ditulis dan disajikan dengan keindahan sehingga pembaca akan tertarik untuk membacanya.

Aspek seni yang ditonjolkan dipadukan dengan fakta-fakta sejarah yang ada, sehingga unsur keindahan dalam sejarah akan tercipta. Ciri-ciri sejarah sebagai seni yakni meliputi intuisi, emosi, imajinasi dan gaya bahasa. Lalu apa saja contoh sejarah sebagai seni? Informasi lebih lanjut, baca pembahasan dibawah ini.

Contoh Sejarah Sebagai Seni

Baca juga: Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa dan Kisah

Contoh Sejarah Sebagai Seni

Setelah sebelumnya kita menyajikan 7 contoh sejarah sebagai peristiwa, di mana peristiwa tersebut benar-benar terjadi pada masa lalu, seperti peristiwa Proklamasi dan Sumpah Pemuda. Kemudian dibawah ini telah kami rangkum 9 contoh sejarah sebagai seni. Simak selengkapnya:

Tarian Tradisional

Contoh sejarah sebagai seni pertama adalah tarian tradisional. Jika kita amati secara teliti, nilai yang terkandung dalam tarian tradisional / tarian adat tidak hanya sebagai hiburan atau kesenian saja, tetapi ada unsur sejarah didalamnya. Dalam tarian tradisional yang biasa kita lihat, terkandung unsur-unsur emosi, imajinasi, intuisi dan gaya bahasa.

Seni Tari Tradisional

Beberapa contoh tarian tradisional di Indonesia yang populer dikalangan masyarakat seperti tari Jaipong, tari Kecek, tari Remong, tari Gembyong, tari Piring dan tari Saman.

Baca: Contoh Akulturasi Kebudayaan Nusantara dan Hindu Budha

Seni Patung

Contoh sejarah sebagai seni yang kedua yakni seni patung. Beberapa peninggalan sejarah yang ada di Indonesia dibuat dengan perwujudan patung. Patung tersebut memiliki keindahan dalam bentuknya, tetapi didalamnya juga terkandung unsur-unsur sejarah. Oleh karena itu patung termasuk kedalam contoh sejarah sebagai seni.

Karya seni patung sendiri dikelompokkan menjadi 4, yaitu berdasarkan bentuk, jenis, fungsi dan coraknya. Berdasarkan bentuk terdiri dari figuratif dan nonfiguratif. Kedua, berdasarkan jenisnya dibagi menjadi dua, yaitu Zonde Bosse dan Relief.

Ketiga, berdasarkan fungsinya terdiri dari patung religi, monumen, arsitektur, dekorasi, seni dan kerajinan. Terakhir, berdasarkan coraknya patung dibedakan menjadi 3, yaitu Imitatif, Deformatif dan Non Figuratif (absatrak).

Baca juga: Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa

Seni Pahat

Seni Pahat

Seni pahat merupakan salah satu contoh dari sejarah sebagai seni. Seni pahat bisa kita jumpai pada beberapa peninggalan sejarah yang berupa candi-candi maupun arca. Seni pahat dibuat dalam bentuk tiga dimensi biasanya berupa relief-relief gambar hewan maupun lainnya. Untuk mempelajari dan menelitinya dibutuhkan imajinasi dan emosi di dalamnya.

Sebagai contoh relief pada Candi Borobudur yang terdiri dari gambar aneka tumbuhan dan hewan, manusia, baik itu bangsawan maupun rakyat jelata dan pertapa. Salah satu relief paling terkenalnya adalah Kapal Borobudur.

Baca: Contoh Sejarah Sebagai Kisah

Seni Arsitektur

Seni Arsitektur merupakan contoh sejarah sebagai peristiwa yang ke empat. Seni arsitektur terdiri dari candi, keraton, benteng, rumah adat, dan bangunan keagamaan lain. Bangunan tersebut memiliki nilai seni, sehingga kita membutuhkan imajinasi dan emosi untuk mengamati dan meneliti mengenai fungsi dan kegunaan bangunan seni arsitektur tersebut.

Beberapa candi terkenal di Indonesia seperti Candi Borobudur, Prambanan, Kompleks Percandian Dieng, Gedong Songo, Candi Asu dan Candi Mendut. Sementara benteng yang cukup populer yaitu Benteng Pendem (Cilacap), Benteng Van Der Wijk (Gombong), Benteng Vastenburg (Solo) dan Benteng Wiliam II (Ungaran).

Baca: Pengertian Historiografi Kolonial

Pakaian Adat

Pakaian Adat Kebaya Bali

Pakaian adat merupakan contoh kelima sejarah sebagai seni dalam artikel ini. Pakaian adat merupakan pakaian yang menjadi simbol suatu daerah tertentu. Pakaian tersebut mengandung unsur seni dan unsur sejarah didalamnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adat masing-masing, pakaian tersebut merupakan warisan sejarah dari pendahulunya/nenek moyangnya zaman dahulu.

Beberapa contoh pakaian adat di Indonesia seperti pakaian adat tradisional Ulee Balang (Aceh), Bundo Kanduang (Sumbar), pakaian adat Betawi, pakaian adat tradisional Kebaya (Jateng), dan pakaian adat Kesatrian (Yogyakarta).

Baca: Pengertian Historiografi Tradisional dan Contohnya

Novel Sejarah

Contoh sejarah sebagai seni selanjutnya adalah novel. Novel merupakan sebuah karya tulisan yang mengedepankan seni keindahan bahasannya. Terdapat beberapa novel yang ditulis berdasarkan kisah nyata dalam kehidupan masyarakat.

Novel sejarah bisanya berisi tulisan mengenai seseorang tokoh dalam kehidupan masyarakat. Novel seperti ini lebih mengutamakan fakta-fakta, oleh sebab itu dapat dikatakan sebagai contoh sejarah sebagai seni. Contohnya novel karya Gregorius Soeharsojo Goenito berjudul “Tiada Jalan Bertabur Bunga: Memoar Pulau Buru dalam Sketsa“.

Baca: Langkah-Langkah Penulisan Sejarah

Wayang Kulit

Terdapat beberapa jenis wayang, namun yang dapat dikatakan sebagai contoh sejarah seni adalah wayang kulit. Pertunjukan wayang kulit menampilkan kisah lakon tertentu dengan menggunakan media wayang yang dibuat dengan bahan kulit. Penyampaian pesan pada pertunjukan wayang kulit ini cukup unik, sebab menggunakan wayang yang terbuat dari kulit.

Seni Wayang Kulit

Pertunjukan wayang kulit hingga saat ini masih dapat kita jumpai di dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya di Pulau Jawa saja, pertunjukan wayang kulit bahkan sudah banyak ditampilkan di beberapa daerah di luar Jawa bahkan di pertunjukan dikancah internasional.

Artikel menarik: Pengertian Imperialisme dan Kolonialisme

Uang Kuno

Contoh sejarah sebagai seni ke-8 adalah peninggalan uang kuno. Kenapa uang kuno dapat dikatakan sebagai sejarah sebagai seni? Sebab dari uang kuno tersebut memuat informasi tentang sejarah di masa lalu.

Uang kuno dapat mengungkap kehidupan ekonomi masyarakat pada masa itu. Ilmu yang digunakan untuk mengetahui sejarah masa silam dengan peninggalan berupa uang kuno adalah ilmu numismatik. Ilmu ini merupakan salah satu ilmu bantu sejarah yang sering digunakan oleh para ahli sejarah untuk mengungkap fakta sejarah di masa lalu.

Baca juga: Contoh Sejarah Sebagai Ilmu

Lukisan Sejarah

Contoh terakhir yaitu lukisan. Lukisan merupakan salah satu seni yang cukup terkenal di dunia. Lukisan yang dapat dikatakan sebagai sejarah sebagai seni contohnya seperti lukisan-lukisan yang dibuat oleh manusia purba di masa lalu. Media lukisan yang mereka buat bisanya terdapat di gua-gua dan banyak juga ditemukan di Indonesia.

Bonus: Fungsi Sejarah Secara Intrinsik dan Ekstrinsik

Demikian pembahasan mengenai Contoh Sejarah Sebagai Seni dan Penjelasannya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel lainnya yang tidak kalah menarik. Sekian, terimakasih

One Comment