9 Faktor Penyebab Kemunduran dan Kehancuran VOC

Sebutkan dan jelaskan faktor penyebab kemunduran dan kehancuran VOC? Secara singkat, pengertian VOC adalah sebuah kongsi dagang yang dibentuk oleh pemerintah Belanda pada tanggal 20 Maret 1602. VOC merupakan singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie. Apa sebenarnya faktor-faktor penyebab kemunduran VOC di Indonesia? Seperti yang kita ketahui, kongsi dagang ini merupakan penguasa perdagangan pada masa itu yang melakukan kegiatan monopoli perdagangan di Indonesia.
Kemunduran VOC mulai terlihat setelah banyaknya korupsi dan laba atau keuntungan yang diselewengkan oleh para pegawai-pegawainya di kantor cabang. Akibatnya, jatuhnya VOC tidak dapat dihindarkan sehingga terpaksa dibubarkan pada 31 Desember 1799 akibat kekurangan finansial. Sebelum kita analisis faktor penyebab kehancuran VOC yang kemudian membuatnya runtuh dan jatuh, sedikit pendahuluan tentang sejarah berdirinya VOC.
Faktor Penyebab Kemunduran dan Kehancuran VOC
Tujuan dibentuknya VOC pada umumnya adalah untuk menguasai perdagangan di kawasan Asia. Namun di saat yang sama di pihak Spanyol dan Portugis secara kompak bersatu untuk melawan dominasi perdagangan Belanda di Asia. Uniknya, VOC walaupun sebuah kongsi dagang, namun memiliki hak istimewa, salah satunya hak memiliki tentara atau pasukan militer.
Baca Selengkapnya : 8 Hak Istimewa VOC 
Terkait dengan faktor penyebab kemunduran dan kehancuran VOC, berikut ini telah kami rangkum beberapa sebab yang membuat kongsi dagang ini runtuh dan selanjutnya dibubarkan.

Faktor Penyebab Kemunduran VOC

Dibawah ini beberapa faktor penyebab kehancuran VOC, antara lain :
  1. Adanya korupsi yang dilakukan oleh para pegawai-pegawai VOC yang digunakan untuk keperluan pribadi, seperti contohnya membeli rumah mewah.
  2. Keuntungan yang didapatkan banyak yang diselewengkan oleh pegawai di tingkat kantor cabang, hal ini dapat dilihat dari data pembukuan laba yang berbeda di tingkat Asia dan kantor pusat.
  3. Banyak mengeluarkan biaya untuk keperluan perang di berbagai daerah.
  4. Pengeluaran dana untuk keperluan perluasan jangkauan perdagangan yang menyebabkan membengkaknya hutang VOC.
  5. Persaingan dagang dengan Portugis dan Inggris
  6. Persaingan menimbulkan konflik, ditandai dengan serangan terhadap kapal-kapal VOC.
  7. Akibat serangan, VOC mengalami kekurangan armada kapal perdagangan.
  8. Banyaknya gaji yang harus dibayar kepada pegawainya, karena banyak sekali pegawai-pegawai VOC.
  9. Adanya perubahan politik di negara Belanda setelah berdirinya Republik Batavia pada tahun 1795.
Itulah 9 faktor penyebab kehancuran VOC yang kemudian dibubarkan setelah berdiri kurang lebih selama 200 tahun lebih. Kehancuran VOC kemudian meninggalkan hutang sebesar 136,7 juta gulden.
Dampak monopoli perdagangan yang dilakukan VOC di Indonesia terhadap para pedagang maupun kerajaan-kerajaan yang telah berdiri tentu sangat merugikan. Akibat merasa dirugikan, maka sebab itu banyak perlawanan di berbagai daerah untuk melawan kekuasaan VOC.
Beberapa perlawanan dapat diatasi oleh pihak VOC, namun banyak perlawanan yang membuat pihak VOC kewalahan, dan harus dengan cara licik agar dapat memenangkannya. Beberapa perlawanan cukup populer bagi masyarakat. Lebih jelasnya, baca pembahasan berikut ini.
Baca Juga :
Itulah sedikit ulasan tentang Faktor Penyebab Kemunduran dan Kehancuran VOC. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Terimakasih.