Candi Bojongmenje: Asal Usul, Sejarah dan Gambarnya

Pada pembahasan ini, admin sumber sejarah akan membahas mengenai Candi Bojongmenje. Sub tema yang dibahas meliputi sejarah candi, pemugaran, penemu, bentuk dan asal-usulnya secara singkat dan jelas. Berikut ini penjelasannya !

Candi Bojongmenje atau situs ini merupakan peninggalan sejarah yang letaknya berada di Bandung, tepatnya dusun Bojongmenje, Desa Cangkuang, Kec. Rancaekek. Di kompleks ini terdapat situs yang diperkirakan awalnya merupakan sebuah candi. Untuk dapat mengetahui fungsi dan bentuk bangunan tersebut, situs candi tersebut masih dalam proses penelitian yang lebih lanjut.

Sejarah Candi Bojongmenje

Sejarah Candi Bojongmenje

Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa ahli sejarah, dapat disimpulkan bahwa ini dibangun dari batu andesit, berbentuk bujursangkar dengan panjang 6 meter. Sampai saat ini bukti tertulis mengenai hubungan berdirinya candi tersebut dengan kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Jawa Barat belum ditemukan.

Namun berdasarkan temuan arkeologis dari penelitian tersebut diperkirakan Candi Bojongmenje dibangun sekitar abad ke 7 dan ke 8. Perkiraan tersebut berdasarkan perbandingan dengan penemuan candi-candi yang lain.

Bangunan candi Bojongmenje sangat sederhana dan tanpa hiasan relief, dari hal tersebut menjadi petunjuk bahwa peradaban saat itu masih lebih sederhana dibandingkan peradaban masa pembangunan candi lain seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Asal Usul Candi Bojongmenje

Seperti yang sudah di jelaskan tadi diatas, Candi Bojongmenje diperkirakan dibangun pada abad ke 7 atau ke 8. Usia candi ini lebih tua dibandingkan candi-candi lain di Jawa Tengah maupun Jawa Timur, setidaknya candi ini umurnya setara dengan kompleks Candi Dieng di Jawa Tengah.

Sementara itu, asal usul penemuan situs yang diperkirakan candi ini ditemukan pada 8 Agustus 2002. Penemuan tersebut ditemukan oleh warga yang sedang mencari tanah untuk mengarug gang dekat lokasi situs tersebut.

Awal mulanya warga menemukan kerumunan semut di lokasi galian tersebut, dan kemudian warga mencoba menggali lebih dalam yakni sampai setengah meter. Ternyata mereka menjumpai tanah tanah yang didalamnya berisi batu-batuan yang tertata rapi.

Hal ini membuat warga tersebut semakin penasaran, kemudian galian dilakukan lagi sampai kedalaman 80 cm, akhirnya penggalian tersebut dihentikan kemudian dilaporkan kepada pihak yang berwajib. Setelah ditelusuri lebih dalam bangunan tersebut merupakan situs yang diperkirakan sebuah Candi dan diberi nama “Bojongmenje”.

Demikian artikelĀ Sejarah dan Asal Usul Candi Bojongmenje secara singkat dan jelas, semoga bermanfaat bagi pembaca. Lihat dan baca juga beberapa peninggalan candi yang berhasil ditemukan di Indonesia seperti Candi Gedong Songo dan Candi Asu.