Jenis-Jenis Sejarah Beserta Penjelasan dan Contohnya

Jenis-Jenis Sejarah Beserta Pengertian dan Contohnya – Menurut Mohammad Hatta, sejarah tidak hanya menceritakan sebuah kejadian atau peristiwa di masa lampau dari sudut pandang permasalahan saja. Artinya sejarah tidak hanya sebuah kejadian masa lalu, tetapi di dalamnya terdapat banyak problem atau dinamika yang dapat dijadikan pelajaran bagi manusia di masa depan. Dalam sejarah terdapat beberapa jenis-jenis pengelompokan. Nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai dua jenis sejarah berdasarkan fokus masalah dan geografisnya.

Jenis-Jenis Sejarah

Jenis-Jenis Sejarah

Banyak sekali tokoh yang pernah berpendapat mengenai jenis-jenis sejarah dari berbagai sudut pandangnya masing-masing. Contoh tokoh yang berpendapat mengenai jenis sejarah bernama Abdurrahman Surjomihardjo dan Taufik Abdullah. Mereka berdua menyatakan bahwa sejarah memiliki 3 jenis. Pertama yaitu sejarah pewarisan, ciri-ciri utama sejarah pewarisan adalah menyajikan atau menceritakan tentang perjuangan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Jenis-jenis sejarah yang kedua yaitu sejarah akademik, sebuah penulisan sejarah dengan gambaran yang jelas mengenai sejarah masa lalu dengan dasar tradisi akademik. Sementara itu jenis yang ketiga adalah sejarah ideologis, artinya mengkaji dan mempelajari masa lampau dengan lambang-lambang dan simbol yang nantinya bisa digunakan pada masa ini.

Baca: Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Jenis Jenis Sejarah Berdasarkan Fokus Masalah

Setelah mengetahui beberapa pendapat para ahli mengenai jenis sejarah, pembahasan selanjutnya yaitu jenis-jenis sejarah berdasarkan fokus masalah atau tematis. Jenis sejarah yang dimaksud terdiri dari empat pengelompokan, yaitu sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah geografis dan sejarah politik / ketatanegaraan. Berikut ini pengertian dan contoh dari keempat jenis-jenis sejarah berdasarkan fokus masalah.

1. Sejarah Sosial

Pengertian sejarah sosial adalah sebuah peristiwa bersejarah yang membahas tentang interaksi dan struktur serta hubungan timbal balik manusia pada masa lalu. Berdasarkan kajiannya yaitu tentang masyarakat, maka pendekatan yang digunakan harus menggunakan pendekatan dari ilmu sosial lain, contohnya ilmu Sosiologi, Politik, Ekonomi, Antropologi, Psikologi dan Hukum.

Baca: Fungsi Sejarah Secara Intrinsik dan Ekstrinsik

2. Sejarah Ekonomi

Berdasarkan nama jenisnya, sejarah ekonomi merupakan sejarah yang membahas perekonomian masa lalu dan konsep-konsep perekonomian yang diterapkan. Contoh dari sejarah ekonomi yaitu Sejarah Ekonomi pada Masa Orde Lama dan pertumbuhan ekonomi Masa Orde Baru.

3. Sejarah Geografis

Jenis sejarah berdasarkan fokus masalah yang ketiga yaitu sejarah geografis, artinya sejarah mengkaji tentang sebuah lokasi dan tempat kejadian sejarah itu berlangsung. Sejarah geografi sangat penting untuk digunakan dalam sejarah, khususnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai tempat dimana peristiwa sejarah terjadi.

Baca: Pengertian Historiografi Tradisional

4. Sejarah Politik (Ketatanegaraan)

Sejarah politik merupakan sejarah yang membahas tentang politik di masa lalu, pembahasan meliputi ketatanegaraan, tokoh politik, struktur kekuasaan, sistem pemerintahan, mobilitas masa, jaringan politik dan peran elit politik di masa lalu. Contoh sejarah politik yaitu Kekuasaan Suharto masa Orde Baru, Politik Luar Negeri Indonesia setelah Kemerdekaan.

Untuk mengetahui Jenis-jenis sejarah berdasarkan geografisnya dan macam sejarah silahkan lanjut baca pada artikel berikut ini : Macam-Macam Sejarah dan Contohnya

Demikian pembahasan mengenai Jenis-Jenis Sejarah Beserta Pengertian dan Contohnya. Semoga pembahasan secara singkat diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian, sehingga pemahaman kalian tentang materi pelajaran sejarah menjadi semakin bertambah. Sekian, terimakasih.