4 Jenis Sumber Daya Alam di Indonesia dan Pemanfaatannya

Memahami jenis-jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya di Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan, salah satu negara terbesar di dunia menurut jumlah penduduk. Terletak di jalur tropis, Indonesia memiliki begitu banyak sumber daya alam, baik itu unsur biotik atau abiotik. Anda mungkin pernah mendengarnya di sekolah menengah. Unsur-unsur biotik berarti sumber daya yang hidup seperti tumbuhan dan hewan. Sumber daya abiotik berarti sumber daya alam yang bukan makhluk hidup. Ini termasuk udara, tanah, air, hutan, dll. Dalam artikel ini, kita akan berbicara lebih lanjut tentang sumber daya abiotik alami yang dimiliki negara ini.

Bukan rahasia bahwa Indonesia memiliki begitu banyak sumber daya alam yang tersebar di seluruh negeri. Anda dapat menemukannya hampir di semua tempat. Dengan luas 1.905 juta km2, Indonesia memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan dalam hal sumber daya alamnya. Anda dapat menemukan bahwa orang-orang dari seluruh dunia tertarik pada sumber daya kami. Datang dan temukan apa yang ditawarkan di surga sumber daya ini.

jenis-jenis sumber daya alam

Bahkan ada lagu dari salah satu penyanyi terkenal di negeri ini yang seperti ini: Indonesia adalah tanah surga. Ketika Anda menanam tongkat ke tanah, Anda akan menemukan bahwa tongkat itu tumbuh menjadi makanan. Itu adalah lagu yang indah, dan itu benar. Dari hutan, darat, udara, semua jalan melalui gas dan minyak, Indonesia memiliki semuanya. Sekarang mari kita lihat masing-masing dari sumber tersebut. Ada banyak jenis-jenis sumber daya alam. Berikut ulasan sumber daya alam Indonesia.

Baca : Sumber Daya Alam di Dataran Rendah

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

1. Sumber Daya Alam Tanah

Setiap negara di dunia ini memiliki jenis-jenis sumber daya alam tertentu. Tanah adalah wilayah suatu negara di mana kehidupan manusia berputar-putar di sekitarnya. Anda dapat menggunakan sumber daya ini untuk banyak barang. Anda dapat menggunakan tanah untuk membangun rumah Anda, menanam sayuran untuk Anda makan, pertanian, sumber daya produksi konstruksi, seni, utilitas rumah, habitat hewan, ekosistem seimbang, pertambangan, semua jalan menuju pembuatan pulau baru.

Karena Indonesia adalah negara kepulauan, Anda bisa sangat yakin bahwa tanah kami adalah sumber daya yang menyebar di antara lautan. Tanah bisa terakumulasi melalui proses alami dari pelapukan. Di negara ini, Anda dapat menentukan lahan berdasarkan sumber asli batu tersebut.

Baca : Potensi Sumber Daya Alam di Pulau Jawa 

2. Sumber Daya Alam Udara

Jenis sumber daya alam Indonesia berikutnya adalah udara. Kita mungkin berpikir bahwa udara bukanlah sumber daya alam, hanya karena kita tidak dapat melihatnya. Ini tidak benar. Udara adalah salah satu sumber daya terpenting dan penting yang dapat kita miliki di planet ini, hanya karena manfaatnya yang luar biasa.

Di Belanda, orang menggunakan udara sebagai sumber energi (melalui teknologi kincir angin). Anda dapat membagi sumber daya udara menjadi tiga kategori: sumber energi matahari, sumber energi angin, dan sumber energi gas. Mereka semua memiliki manfaat mereka sendiri ketika datang ke penerapannya kepada dunia.

3. Sumber Daya Alam Laut

Jenis sumber daya alam ketiga adalah laut. Lautan adalah sumber daya lain yang berlimpah yang tersedia di negara ini. Sebagai warga negara Indonesia, kita semua dikelilingi oleh laut dari setiap sudut pulau kita. Penggunaan sumber daya ini bervariasi, karena laut memberi begitu banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari manusia. Indonesia telah dikenal sebagai negara kelautan di masa lalu, ini semua karena wilayah negara ini dikelilingi oleh laut dan laut. Potensi ikan di laut Indonesia bisa mencapai hingga 6 juta ton setiap tahun.

Baca : Sumber Daya Alam di Daerah Pantai

Kementerian kelautan dan perikanan telah melakukan beberapa upaya untuk memastikan bahwa penangkapan ikan meningkat setiap hari. Ikan-ikan ini kemudian diolah ke berbagai produk, yang salah satunya cukup terkenal: ikan kaleng. Tidak hanya ikan, potensi yang ada di dalam lautan Indonesia termasuk berbagai kehidupan di lautan. Ada sekitar 500 jenis rumput laut dan lebih dari 900 jenis batuan punggungan

4. Sumber Daya Alam Hutan

Terakhir, jenis sumber daya alam keempat adalah hutan. Hutan juga merupakan salah satu Sumber Daya Alam Indonesia. Sekarang ini adalah favorit semua orang. Indonesia adalah salah satu negara yang sangat buruk ketika datang ke hutannya, ini hampir tidak ada otak.

Kita dapat menemukan sumber daya khusus ini di hampir semua tempat di Indonesia. Indonesia memiliki 99,6 juta hektar hutan dan ini menyebar di seluruh negeri. Meskipun Indonesia hanyalah sebuah negara kecil yang memiliki 1,3% wilayah di dunia, hutan Indonesia sangat kaya.

Baca : Pengertian Dataran Tinggi dan Contohnya

Kekayaan hutan kita kira-kira mencakup 25% dari semua jenis ikan di seluruh planet, 17% dari semua burung, 16% dari semua reptil, dan 12% mamalia. Kita semua tahu bahwa hutan memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Anda dapat mengambil pohon dan membuat rumah dengannya, lengkap dengan propertinya.

Anda juga dapat menemukan banyak hewan yang siap diburu untuk kesenangan dan perut Anda. (Jangan berburu hewan yang terancam punah, karena itu akan membawa Anda ke penjara sesegera mungkin.). Namun, manfaat hutan bukan hanya itu.

Itulah Jenis jenis sumber daya alam yang penting untuk kehidupan sehari-hari manusia. Mereka semua sangat bermanfaat bagi kehidupan kita dan memberi kita begitu banyak manfaat. Akan sangat sulit bagi kita untuk hidup tanpa sumber daya ini. Namun, kita juga harus ingat bahwa hal-hal yang disediakan oleh alam ini tidak akan tersedia selamanya jika kita tidak mengambil inisiatif untuk memperbaruinya.

Itulah mengapa bagi kita untuk belajar pembangunan berkelanjutan sangat penting. Kita perlu tahu bagaimana kita dapat menggunakan sumber daya ini yang disediakan bagi kita dengan tanggung jawab dan perhitungan yang cermat sehingga anak-anak dan cucu kita juga bisa hidup bahagia di masa depan menggunakan sumber daya ini. Sekian pembahasan mengenai jenis sumber daya alam di Indonesia, baca juga artikel menarik berikut ini.

Artikel menarik lainnya :