Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Istilah Prasejarah?

Jelaskan mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan? Jika kalian sedang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, maka tepat sekali mampir kemari. Berikut ini akan kami bahas mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah.

Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Prasejarah

Alasan Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Prasejarah

Untuk mengetahui alasan mengapa istilah praaksara lebih tepat untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulis-menulis, kita perlu memahami arti dari keduanya. Yakni pengertian praaksara dan prasejarah.

Pengertian praaksara secara umum terdiri dari dua kata, yakni pra dan aksara. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Jadi dapat kita ketahui bahwa definisi praaksara adalah kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

Kemudian pengertian prasejarah, berasal dari dua kata, yakni pra dan sejarah. Pra artinya sebelum dan sejarah berarti peristiwa dimasa lalu. Dengan begitu dapat kita ketahui bahwa definisi prasejarah adalah kehidupan sebelum ada sejarah atau peristiwa sejarah.

Nah setelah mengetahui pengertian praaksara dan prasejarah, lalu kenapa para ahli sejarah mengganti istilah prasejarah dengan istilah praaksara?

Secara singkat, alasannya karena istilah prasejarah kurang tepat apabila digunakan untuk menggambarkan kehidupan pada saat manusia sebelum mengenal tulisan. Sebab walaupun manusia pada masa itu belum mengenal tulis-menulis, tapi mereka telah memiliki sejarah dan menghasilkan kebudayaan.

Jadi istilah praaksara lebih tepat, yang artinya kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan, tapi manusia pada masa itu telah mempunyai sejarah dan memiliki kebudayaan. Selain praaksara, terdapat istilah lain yang mirip dengan istilah praaksara, yakni nirleka. Nir artnya tanpa, dan leka berarti tulisan.

Nah, sudah jelas kan mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

Jika sudah paham, baca juga jawaban seputar soal-soal sejarah yang berkaitan berikut ini :

  1. Cara Mengetahui Kehidupan Manusia Sebelum Mengenal Tulisan
  2. Mengapa Indonesia Baru Mengakhiri Zaman Praaksara pada abad ke-5 M
  3. Pelajaran yang Diperoleh dari Belajar Kehidupan Pada Zaman Praaksara