Negara di Amerika Utara Beserta Ibu Kota dan Jumlah Penduduknya

Sebutkan daftar nama negara di Amerika Utara dan ibu kotanya? Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, baik itu pada topik tentang profil benua Amerika atau pun terkait dengan pembagian wilayahnya, disitu dijelaskan bahwa benua ini dibagi menjadi beberapa kawasan dan salah satunya adalah Amerika Utara.

negara di Amerika Utara

North America atau dalam bahasa Indonesia berarti Amerika Utara adalah salah satu region atau kawasan di Benua Amerika. Letaknya berada di paling ujung (utara) benua. Kawasan ini berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik Utara di sebelah timur dan laut Arktik di sebelah utaranya. Dikutip dari wikipedia, luas wilayah Amerika Utara kurang lebih sekitar 24,5 juta km², sementara jumlah populasinya mencapai lebih dari 400 juta jiwa.

Baca: Jumlah Penduduk Benua Amerika

Negara di Amerika Utara

Jika kita lihat peta dunia, maka dapat dengan mudah mengetahui daftar nama negara-negara di Amerika Utara dan ibukotanya. Namun jika kalian malas-malasan membuka peta, maka jangan khawatir karena berikut ini akan kami sajikan informasi mengenai negara dan ibu kotanya secara lengkap beserta luas wilayah dan jumlah penduduknya.

Berikut ini informasi daftar negara di kawasan Amerika Utara :

No

Negara

Ibu Kota

Luas Wilayah

Jumlah Penduduk

1

Amerika Serikat

Washington, D.C

9.147.420 km²

329.093.110

2

Kanada

Ottawa

9.093.510 km²

37.279.811

3

Meksiko

Mexico City

1.943.950 km²

132.328.035

Dari tabel diatas dapat kita ketahui bawah di region Amerika Utara terdapat 3 negara, meliputi Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Dari ketiga negara tersebut, yang memiliki populasi terbanyak dan luas wilayah terluas adalah Amerika Serikat.

Baca: Pembagian Wilayah Benua Amerika

Kota Terbesar di Amerika Utara

Setelah mengetahui negara-negara di Amerika Utara, lalu kota manakah yang terbesar di kawasan ini? Jika jumlah penduduk yang dijadikan sebagai patokannya, maka kota terbesar di Amerika Utara adalah New York City di negara bagian New York. Tercatat jumlah populasi penduduk di kota ini yaitu lebih dari 9 juta jiwa.

Seperti yang kita ketahui, Amerika Serikat merupakan negara maju yang memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian dunia. Selain wilayahnya luas, negara super power ini memiliki banyak sekali sumber daya manusia.

Baca: Jumlah Penduduk Amerika

Tempat Wisata Terkenal di Amerika Utara

Selain informasi mengenai negara di Amerika Utara dan kota terbesarnya, lalu apa nama tempat wisata paling populer di kawasan Amerika Utara? Di negara Amerika Serikat terdapat banyak sekali tempat wisata populer yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Beberapa contoh obyek wisata terkenalnya seperti Grand Canton, Niagara Falls dan Golden Gate Bridge.

Kemudian di Kanada juga terdapat tempat wisata populer seperti Burcharts Garden, Old Montreal dan Cn Tower. Sementara beberapa obyek wisata populer di Meksiko contohnya seperti Mayan Riviera, Baja Los Cabos dan Barraca Del Cobre.

Baca : Iklim di Benua Amerika dan lihat juga Peta Benua Amerika

Nah itulah sedikit informasi mengenai daftar negara di Amerika Utara beserta ibu kota, luas wilayah dan jumlah penduduknya. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan berguna sehingga dapat menambah wawasan kalian. Kurang lebihnya kami mohon maaf dan baca juga artikel informatif lainnya terkait dengan benua Amerika. Terimakasih.