Pembagian Wilayah Benua Afrika Secara Geografis dan Negaranya

Sebutkan pembagian wilayah Benua Afrika secara geografis? Pertanyaan tersebut merupakan rumusan masalah utama pada pembahasan kali ini yang akan kami coba jawab secara singkat dan jelas beserta beberapa contoh negara dan ibu kotanya. Berdasarkan luasnya, Benua Afrika merupakan benua terbesar ke 3 di dunia setelah Benua Asia dan Amerika. Luas Benua Afrika tercatat kurang lebih sekitar 30.224.050 km2, sementara total jumlah penduduknya lebih dari 850 juta jiwa.

Pembagian Wilayah Benua Afrika

Baca: Jumlah Penduduk Benua Afrika (Terbaru)

Pembagian Wilayah Benua Afrika

Letak Benua Afrika secara geografis berada di sebelah barat daya Benua Asia dan disebelah selatan Benua Eropa. Batas-batas wilayah Benua Afrika meliputi sebelah utara berbatasan dengan Laut Merah dan Laut Tengah, di sebelah selatan dengan Samudra Atlantik, batas sebelah Barat dengan Teluk Gunea dan Selatan Gibraltar, sementara di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Hindia, Selat Mozanbique dan Selat Babel Mandeb.

Secara geografis Benua Afrika dibagi menjadi 5 kawasan, yaitu meliputi Afrika Utara, Afrika Tengah, Afrika Barat, Afrika Timur, dan Afrika Selatan. Berikut ini pembahasan 5 pembagian wilayah Benua Afrika tersebut beserta beberapa contoh negaranya. Simak selengkapnya..

Baca juga: Iklim Benua Afrika

Afrika Utara

Kawasan Afrika Utara terletak di bagian paling Utara Benua Afrika. Batas wilayah kawasan ini dengan kawasan di Benua Afrika lainnya yaitu gurun Sahara. Berdasarkan definisi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), negara di Afrika Tengah terdiri dari :

  1. Mesir : Kairo (ibu kota)
  2. Aljazair : Aljir
  3. Maroko : Rabat
  4. Libya : Tripoli
  5. Tunisia : Tunis

Kairo merupakan ibukota Mesir sekaligus kota terbesar di Benua Afrika. Kota ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih sebanyak 11 juta jiwa. Sementara Tripoli merupakan ibukota Libya yang disebut-sebut sebagai kota termegah di Afrika Utara.

Baca: Pembagian Wilayah Benua Asia

Afrika Tengah

Central Africa atau dalam bahasa Indonesia berarti Afrika Tengah dan PBB menyebutnya sebagai Middle Africa merupakan salah satu kawasan di Benua Afrika. Letak Afrika Tengah secara geografis berada di sebelah selatan Gurun Sahara, sebelah barat Great Valley Rift dan disebelah timur Afrika Barat.

Di kawasan ini terdapat kurang lebih sekitar 9 negara. Berikut ini negara di Afrika Tengah dan ibu kotanya, meliputi :

  1. Afrika Tengah : Bangui (Ibu Kota)
  2. Kamerun : Yaounde
  3. Angola : Luanda
  4. Gabon : Libreville
  5. Chad : N’Djamena
  6. Republik Kongo : Brazzaville
  7. Guinea Khatulistiwa : Malabo
  8. Republik Domokratik Kongo : Kinshasa
  9. Sao Tome & Principe : Sao Tome

Artikel terkait: Pembagian Wilayah Benua Amerika

Afrika Barat

Afrika Barat merupakan salah satu kawasan hasil dari pembagian wilayah Benua Afrika. Letaknya dibagian barat, berbatasan dengan Samudra Atlantik disebelah barat, Danau Chad dan Gunung Kamerun di sebelah timur serta berbatasan dengan Gurun Sahara di sebelah utara.

Kawasan Afrika barat terdiri dari 16 negara. Berikut ini contoh 5 negara di Afrika Barat beserta ibu kotanya, meliputi :

  1. Ghana : Accra (Ibu Kota)
  2. Liberia : Monrovia
  3. Mali : Bamako
  4. Pantai Gading : Yamoussoukro
  5. Nigeria : Abuja

Baca: Pembagian Wilayah Benua Australia

Afrika Timur

Kawasan selanjutnya yaitu Afrika Timur. Letaknya berada di bagian timur Benua Afrika, berbatasan dengan Afrika Tengah di sebelah barat, dan dengan Afrika Selatan dibagian selatan. Kawasan Afrika Timur terdiri dari 18 negara, berikut ini contoh 7 negara di Afrika Timur beserta ibu kotanya :

  1. Kenya : Nairobo (Ibu Kota)
  2. Ethiopia : Addis Ababa
  3. Malawi : Lilongwe
  4. Madagaskar : Antananarivo
  5. Tanzania : Dodoma
  6. Rwanda : Kigali
  7. Zimbawe : Harare

Baca juga: Iklim Benua Eropa

Afrika Selatan

Pembagian wilayah Benua Afrika terakhir yaitu Afrika Selatan. Letak Afrika Selatan berada di bagian paling selatan Benua Afrika, berbatasan dengan Afrika Tengah, Barat dan Timur di sebelah utara.  Menurut catatan PBB, beberapa negara yang termasuk bagian dari kawasan Afrika Selatan, antara lain :

  1. Afrika Selatan : Pretoria (Ibu Kota Eksekutif)
  2. Lesotho : Maseru
  3. Botswana : Gaborone
  4. Namibia : Windhoek
  5. Swaziland : Lombamba (legislatif), Mbabane (administratif)

Bonus: Peta Benua Afrika HD

Nah, itulah kelima kawasan hasil dari pembagian wilayah Benua Afrika beserta beberapa contoh negara dan ibu kotanya. Semoga pembahasan diatas dapat menambah pengetahuan umum kalian mengenai Benua Afrika. Baca juga artikel menarik dan informatif lain seputar benua-benua lainnya di dunia. Sekian, terimakasih.