Pembagian Wilayah Benua Amerika Beserta Negara dan Ibukotanya

Pembagian Wilayah Benua Amerika – Jika berbicara mengenai luasnya, Benua Amerika merupakan benua terbesar ke 2 di dunia setelah Benua Asia. Jika dihitung, total luas wilayah benua ini yaitu mencapai kurang lebih sekitar 42.5 juta km2. Benua Amerika dibagi menjadi beberapa kawasan, hal ini disebabkan karena luasnya membentang dari ujung utara hingga selatan bumi. Nah untuk itu, berikut ini akan kita bahas pembagian wilayah di Benua Amerika secara lengkap beserta negara-negara dan ibukotanya.

pembagian wilayah benua amerika

Baca: Pembagian Wilayah Benua Asia

Pembagian Wilayah Benua Amerika

Secara umum Benua Amerika dibagi menjadi 3 kawasan, yaitu meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kawasan bagian utara terdiri dari beberapa negara, di bagian tengah terdapat banyak sekali negara-negara kecil, dan dibagian selatan terdapat negara-negara berkembang yang memiliki banyak jumlah penduduk, contohnya seperti Brasil. Berikut ini penjelasan masing-masing kawasan berdasarkan pembagian wilayah Benua Amerika.

Amerika Utara

Kawasan pertama adalah Amerika Utara. Wilayah ini terletak di ujung utara benua Amerika, memiliki luas kurang lebih sekitar 24.4 juta km2. Sementara total jumlah penduduk di kawasan ini diperkirakan mencapai kurang lebih sebanyak 514 ribu jiwa (sumber: wikipedia).

Dibawah ini 3 negara di Amerika Utara dan ibukotanya, antara lain:

  1. Amerika Serikat : Washington, D.C
  2. Kanada : Ottawa
  3. Meksiko : Mexico City

Baca juga: Iklim Benua Amerika

Amerika Tengah

Pembagian wilayah Benua Amerika kedua yaitu kawasan Amerika Tengah. Wilayah ini merupakan penghubung antara kawasan bagian utara dan selatan. Beberapa orang berpendapat bahwa sebagian wilayah negara Meksiko merupakan bagian dari kawasan ini, namun sebagian besar masuk ke kawasan Amerika Utara.

Negara-negara di Amerika Tengah secara umum berada di antara negara Meksiko dan Kolombia di bagian selatan. Beberapa negara di kawasan ini antara lain:

  1. Panama : Panama City (ibu kota)
  2. Kosta Rika : San Jose
  3. Honduras : Tegucigalpa
  4. Guatemala : Guatemala City
  5. El Salvador : San Salvador
  6. Suriname : Paramaribo

Artikel menarik: Jumlah Penduduk Benua Amerika

Amerika Selatan

Kawasan Amerika Selatan atau banyak juga orang menyebutnya sebagai Benua Amerika Selatan merupakan sebuah wilayah yang terletak diantara Samudera Atlantik dan Samudra Pasifik. Sama seperti di Indonesia, di wilayah ini juga dilintasi oleh garis khatulistiwa.

Di bagian barat Amerika Selatan memiliki keadaan geografis berupa pegunungan yang terdapat dari utara hingga selatan, sementara daerah di bagian timur memiliki dataran rendah yang cukup luas. Berikut ini beberapa contoh negara di kawasan Amerika Selatan beserta ibukotanya, meliputi :

Artikel terkait: Pembagian Wilayah Benua Australia

  1. Brasil : Brasillia
  2. Argentina : Buenos Aires
  3. Chili : Santiago, Valparaiso
  4. Kolombia : Bogata
  5. Paraguay : Asuncion
  6. Peru : Lima
  7. Bolivia : La Paz
  8. Ekuador : Quito

Nah, itulah beberapa kawasan berdasarkan pembagian wilayah Benua Amerika beserta beberapa contoh negara dan ibukotanya. Setelah membaca dan memahami pembahasan diatas, semoga pemahaman dan pengetahuan kalian tentang benua-benua di dunia menjadi semakin bertambah.

Lihat: Peta Benua Amerika HD

Selain pembagian kawasan di Benua Amerika, beberapa artikel terkait pembagian wilayah benua atau artikel mengenai benua-benua di bumi juga tersedia. Jangan lupa baca artikel informatif dan menarik lainnya. Mungkin itu saja, kurang lebih kami mohon maaf. Sekian, terimakasih.