Pembagian Wilayah Benua Australia Beserta Negara dan Ibukotanya

Sebutkan pembagian wilayah Benua Australia? Benua Oseania atau disebut oleh banyak orang sebagai Benua Australia merupakan sebuah wilayah geografi yang terletak di sekitar Samudra Pasifik. Sebagian besar negara-negara di Benua Australia/Oceania adalah negara-negara kepulauan kecil. Beberapa contoh negara yang memiliki daratan terluas yaitu negara Australia, Papua Nugini dan Selandia Baru. Itulah sedikit penjelasan tentang profil benua Australia, berikut ini pembahasan terkait dengan pembagian kawasan di Benua Australia dan negara-negaranya.

pembagian wilayah benua Australia

Lihat juga: Peta Benua Australia

Pembagian Wilayah Benua Australia

Sama seperti benua lain di dunia, benua Australia/Oseania juga dibagi menjadi beberapa kawasan berdasarkan zona wilayahnya masing-masing. Pembagian wilayah di Benua Australia dibagi menjadi 4, meliputi Australasia, Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia. Berikut ini pembahasan masing-masing kawasan beserta beberapa contoh negaranya.

Kawasan Australasia

Australasia merupakan salah satu hasil dari pembagian wilayah Benua Australia Ocenia. Istilah penamaan kawasan ini diciptakan oleh tokoh bernama Charles de Brosses pada tahun 1756.

Beberapa negara di kawasan Australasia yaitu meliputi negara Australia dan Selandia Baru. Kawasan ini memiliki sejarah evolusi yang sama/seragam dengan beberapa flora dan fauna yang dapat dijumpai juga seragam.

Baca: Pembagian Wilayah Benua Asia

Kawasan Melanesia

Kawasan kedua yaitu bernama Melanesia atau diartikan sebagai “kepulauan hitam”. Kawasan ini terletak di sebelah timur wilayah Indonesia, tepatnya dari Papua memanjang ke timur sampai ke Pasifik barat dan utara serta di sebelah timur laut Australia.

Penamaan Melanesia dipelopori oleh tokoh bernama Jules Doumont d’Urville pada tahun 1832. Beberapa negara di Benua Australia Oseania yang masuk dalam kawasan ini contohnya seperti Papua Nugini, Fiji, Vanuatu dan Samoa.

Artikel update: Jumlah Penduduk Benua Australia

Kawasan Mikronesia

Pembagian wilayah benua Australia ke 3 yaitu kawasan Mikronesia. Wilayah Mikronesia atau berarti “kepulauan kecil” merupakan sebuah kawasan yang terdiri dari pulau-pulau kecil yang terdapat di Samudera Pasifik sebelah barat.

Kawasan ini berbatasan dengan negara Filipina dan Indonesia di sebelah barat, dengan Papua Nugini dan kawasan Melanesia di sebelah selatan dan kawasan Polinesia di sebelah timur dan tenggara.

Contoh beberapa negara di kawasan Mikronesia meliputi Nauru, Kiribati, Palau, Guam, Pulau Wake, Kepulauan Marshall dan Federasi Mikronesia.

Baca: Iklim Benua Australia

Kawasan Polinesia

Kawasan keempat hasil pembagian wilayah Benua Australia Oceania adalah Polinesia. Letak kawasan ini berada di paling barat Benua Australia. Terdapat lebih dari 1000 kepulauan di kawasan ini yang tersebar di Samudra Pasifik sebelah selatan dan tengah.

Luas daratan dari pulau-pulau tersebut jika digabungkan kurang lebih sekitar 310.000 km2. Kemudian luas keseluruhan (perairan dan daratan) yaitu sekitar 3.6 juta km2. Contoh beberapa negara di kawasan ini meliputi Samoa, Tuvalu, Tonga, dan Polinesia Perancis.

Baca juga: Negara di Benua Australia Oceania dan Ibukotanya

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai pembagian wilayah Benua Australia Oceania. Dengan membaca ulasan diatas, diharapkan pemahaman pengetahuan tentang benua-benua di dunia menjadi semakin bertambah. Baca juga artikel terkait dengan benua Australia atau benua lain di dunia. Sekian, terimakaish.