Pembagian Wilayah Benua Eropa Beserta Negara dan Ibukotanya

Sebutkan pembagian wilayah Benua Eropa beserta contoh negara di masing-masing kawasan dan ibu kotanya? Benua Eropa atau dalam bahasa Inggris disebut Europa merupakan salah satu dari 6 benua di bumi. Secara geografis, letak Benua Eropa berada di sebelah barat Benua Asia, dan di sebelah selatan Benua Afrika. Berdasarkan luasnya, Eropa merupakan benua terkecil ke-2 setelah Benua Australia. Luas total benua ini kurang lebih sekitar 10.180.000 km2, dan dibagi menjadi beberapa region kawasan.

pembagian wilayah benua eropa

Lihat juga: Peta Benua Eropa

Pembagian Wilayah Benua Eropa

Pembagian region di Benua Eropa dikelompokkan menjadi beberapa kawasan. Masing-masing kawasan memiliki geografis, kultur dan budaya yang berbeda-beda. Jumlah penduduk Benua Eropa sendiri di tahun  2019 tercatat sebanyak lebih dari 750 juta jiwa atau berada di urutan ke 4 setelah Benua Asia, Afrika, dan Amerika.

Dikutip dari wikipedia, pembagian wilayah Benua Eropa ternyata dibagi menjadi 6 kawasan atau region. Keenam kawasan tersebut meliputi Eropa Barat, Utara, Tengah, Selatan, Tenggara dan Timur. Berikut ini penjelasan masing-masing kawasan beserta beberapa contoh negara dan ibukotanya.

Baca: Iklim Benua Eropa

Eropa Barat

Eropa Barat merupakan salah satu kawasan di Benua Eropa yang terletak di bagian paling barat. Istilah “Eropa Barat” muncul pertama kali pasca perang dingin. Namun, batas-batas wilayahnya sudah ditetapkan pada akhir Perang Dunia II.

Berdasarkan sejarahnya, region Eropa Barat adalah sebuah kawasan yang terdiri dari negara-negara yang bukan merupakan negara dudukan Uni Soviet atau wilayah yang tidak dikuasai oleh rezim komunis pada masa perang dingin.

Berikut ini 5 contoh negara di Eropa Barat dan ibu kotanya :

  1. Perancis : Paris
  2. Belanda : Amsterdam
  3. Jerman : Berlin
  4. Swiss : Bern
  5. Belgia : Brussel

Baca: Pembagian Wilayah Benua Asia

Eropa Utara

Eropa Utara dilihat pada peta terletak di bagian paling utara Benua Eropa, namun yang lebih berdekatan dengan laut. Kawasan Eropa Utara disebut juga dengan istilah “Nordik” yang artinya Utara.

Menurut sejarahnya, pada saat Eropa dikuasai oleh Imperium Romawi, semua negara atau kawasan yang tidak terletak dengan laut maka disebut Eropa Utara. Berikut ini beberapa contoh negara di Eropa Utara dan ibu kotanya :

  1. Britania Raya (Inggris) : London
  2. Denmark : Kopenhagen
  3. Islandia  : Reykjavik
  4. Norwegia : Oslo
  5. Swedia : Stockholm

Baca: Pembagian Wilayah Benua Amerika

Eropa Tengah

Pembagian wilayah Benua Eropa ketiga yaitu region Eropa Tengah. Kawasan ini terbentang diantara Eropa Barat dan Eropa Timur. Letaknya berada di sebelah selatan Eropa Utara dan di sebelah timur Eropa Barat. Secara umum letak geografisnya berada di tengah-tengah benua Eropa.

Batas wilayah Eropa Tengah belum ditetapkan dengan pasti. Berikut ini beberapa contoh negara di Eropa Tengah dan ibu kotanya, meliputi :

  1. Slovenia : Ljubljana
  2. Slowakia : Bratislava
  3. Hongaria : Budapest
  4. R. Ceko : Praha
  5. Austria : Wina

Baca: Pembagian Wilayah Benua Afrika

Eropa Selatan

Kawasan selanjutnya yaitu Eropa Selatan atau sering disebut sebagai Eropa Mediterania. Berdasarkan geografisnya, kawasan Eropa Selatan merupakan sebuah daratan yang luasnya setengah daratan Eropa. Luasnya sendiri relatif, jadi tanpa batas yang ditetapkan.

Eropa Selatan terkenal dengan sejarah tradisi makanannya. Beberapa makanan awal yang bermula dan berkembang hingga sekarang ini contohnya seperti terigu, anggur dan minyak zaitun.

Berikut ini beberapa contoh negara di Eropa Selatan, antara lain :

  1. Italia : Roma
  2. Portugal : Lisboa
  3. Spanyol : Madrid
  4. Monaco : Monaco Ville
  5. Yunani : Athena

Baca: Pembagian Wilayah Benua Australia

Eropa Tenggara

Eropa Tenggara disebut juga sebagai kawasan Balkan. Kawasan ini memiliki luas kurang lebih sekitar 500 ribu km2, sementara jumlah penduduknya mencapai kurang lebih sekitar 53 juta jiwa. Asal usul nama “Balkan” sendiri berasal dari nama pegunungan Balkan yang letaknya berada diantara Bulgaria dan Serbia.

Berikut ini contoh lima negara di Eropa Tenggara dan ibu kotanya, meliputi :

  1. Kroasia : Zagreb
  2. Turki : Ankara
  3. Albania : Tirana
  4. Montenegro : Podgorica
  5. Rumania : Bukares

Eropa Timur

Pembagian wilayah Benua Eropa keenam sekaligus yang terakhir adalah Eropa Timur. Secara geografis letak kawasan ini berada di bagian timur Benua Eropa. Letaknya berada di antara pegunungan Kauskasus dan Ural. Berikut ini beberapa contoh negara di Eropa Timur beserta ibu kotanya, antara lain :

  1. Moldova : Kishinev
  2. Latvia : Riga
  3. Estonia : Tallinn
  4. Belarus : Minsk
  5. Lithuania : Vilnius

Bonus: Karakteristik Benua Eropa

Nah itulah 6 pembagian wilayah Benua Eropa beserta beberapa contoh negara di masing-masing kawasan dan ibu kotanya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua, dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar benua-benua di dunia. Sekian, terimakasih.