Pengertian Cuaca dan Iklim Beserta Perbedaan dan Contohnya

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengertian cuaca dan iklim? Pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan materi ilmu pengetahuan sosial. Topik pembahasan yang akan kita pelajari yaitu berkaitan dengan iklim dan cuaca. Setiap hari mungkin kita mendengar istilah keduanya, namun apakah kalian mengetahui secara umum pengertiannya?

Keadaan cuaca dan iklim berkaitan juga dengan musim atau bahkan suhu udara. Keadaan musim di suatu wilayah dipengaruhi oleh letak astronomisnya. Nah, dari letak astronomis tersebut, kita dapat mengetahui musim dan kondisi iklim beserta cuacanya. Sementara kondisi iklim di wilayah tertentu yang memiliki keadaan geografis berbeda-beda mempengaruhi mata pencaharian masyarakatnya.

Baca: Mata Pencaharian Masyarakat di Daerah Pantai dan Pegunungan

Pengertian Cuaca dan Iklim

Pengertian Cuaca dan Iklim
Memahami Pengertian Cuaca dan Iklim

Keadaan cuaca sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia sehari-hari. Misalnya, nelayan sangat memerlukan keterangan tentang keadaan cuaca pada hari itu, agar memperoleh tangkapan yang banyak dan dapat pulang dengan selamat(tidak tersesat).

Berbicara mengenai cuaca tentu berkaitan dengan iklim. Karena keduanya saling berkaitan, dan tidak boleh terpisahkan. Singkatnya, cuaca merupakan bagian dari iklim dan iklim merupakan bagian dari cuaca. Langsung saja, berikut ini penjelasan mengenai pengertian cuaca dan iklim.

Baca: Pengertian Peta dan Fungsinya

Pengertian Cuaca

Pengertian cuaca adalah keadaan udara setiap saat atau setiap hari seperti keadaan hujan, awan, sinar matahari, suhu udara, angin, kelembaban udara pada suatu tempat yang lingkupnya sempit. Ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa atau gejala-gejala cuaca dalam ruang dan jangka waktu terbatas dinamakan meteorologi.

Contohnya seperti pengamatan temperatur udara, penyinaran matahari, kelembaban udara, arah angin, dan kecepatan angin di suatu lokasi dalam satu hari. Iklim juga sangat berpengaruh terhadap pola kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

Mengapa orang di daerah tropis suka memakai baju tipis di siang hari? Karena di siang hari daerah tropis biasanya suhu udaranya cukup tinggi, terutama daerah dataran rendah. Suhu dapat mencapai sekitar 30°C di siang hari, tetapi di malam hari berkurang hingga 26°C.

Baca: Iklim di Asia Tenggara

Sebaliknya keadaan rata-rata cuaca atau iklim di kutub tentu saja sangat dingin. Apabila kalian perhatikan pada gambar, orang Eskimo selalu memakai jaket. Sebaliknya orang Arab memakai baju tipis tertutup, bahkan hingga ke bagian muka.

Hal itu karena iklim Arab Saudi yang sangat panas dan kelembabannya rendah. Oleh karena itu, harus memakai baju agar tidak terkena sinar matahari langsung, serta mengurangi penguapan langsung dari kulit.

Di Arab Saudi juga sering terjadi badai yang membawa debu dan pasir sehingga orang setempat perlu menutup muka agar terlindung dari debu dan pasir.

Artikel menarik: Pengertian Atlas dan Manfaatnya

Pengertian Iklim

Pengertian Iklim dan Cuaca

Setelah mengetahui pengertian cuaca, lalu apa yang dimaksud dengan iklim? Secara umum pengertian iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu wilayah yang relatif luas. Ilmu yang mempelajari iklim dinamakan klimatologi.

Klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala cuaca secara umum dalam waktu lebih lama dan ruang relatif luas pada atmosfer bumi.

Pengamatan pencatatan dan analisis cuaca dan iklim di Indonesia diselenggarakan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) yang berkedudukan di Jakarta.

Badan Meteorologi dan Geofisika ini, bertugas mengamati dan mencatat keadaan cuaca di seluruh wilayah Indonesia, yang meliputi pencatatan suhu udara, arah angin, kecepatan angin, kelembaban udara, awan dan curah hujan.

Baca: Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Setelah memahami definisi cuaca dan iklim, lalu apa perbedaan diantara keduanya? Mengacu pada pengertian yang sudah disebutkan diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa perbedaan cuaca dan iklim dapat dilihat pada poin-poin pentingnya.

Cuaca adalah keadaan udara setiap saat (lingkupnya sempit), sementara iklim merupakan rata-rata cuaca di suatu wilayah (lingkupnya luas). Itulah perbedaan iklim dan cuaca secara singkat sehingga mudah kalian pahami.

Baca juga: Iklim Benua Asia dan Iklim Benua Eropa

Demikian pembahasan secara singkat mengenai Pengertian Cuaca dan Iklim. Semoga rangkuman materi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar materi IPS. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terimakasih.