Perbedaan Kronologi dan Periodisasi dalam Sejarah Secara Singkat

Jelaskan perbedaan kronologi dan periodisasi dalam sejarah beserta pengertian dan contohnya? Bagi kalian yang masih duduk di bangku sekolah, baik SMP atau SMA mungkin sering mendengar pertanyaan.  Jika kalian sedang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, maka kalian akan menemukan jawabannya pada postingan ini.

Untuk mengetahui secara detail mengenai perbedaan antara kronologi dan periodisasi, kalian harus terlebih dahulu paham apa itu pengertian kronologi dan apa pengertian periodisasi dalam sejarah. Setelah mengetahui pengertiannya, barulah kalian coba analisis mengenai perbedaan diantara keduanya.

Baca juga: Manfaat Sejarah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perbedaan Kronologi dan Periodisasi

Pengertian Kronologi dan Periodisasi

Sebelum kita bahas perbedaan kronologi dan periodisasi, pertama-tama kita pahami terlebih dahulu definisi keduanya. Apa pengertian kronologi? Secara singkat, pengertian kronologi adalah sesuai dengan urutan waktu.

Artinya, peristiwa sejarah berlangsung sesuai dengan urutan waktu, sehingga peristiwa sejarah tidak melompat dari peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lainnya. Dengan memahami urutan waktu kejadian atau kronologi dari suatu peristiwa, kita dapat mendapatkan pemahaman yang baik dalam mempelajari sejarah.

Kemudian pengertian periodisasi dalam sejarah adalah pembagian atau pembabakan peristiwa masa lampau yang sangat panjang jalan ceritanya, kemudian dibagi menjadi beberapa zaman. Itulah pengertian kronologi dan periodisasi dalam sejarah.

Baca: Pengertian Sumber Sekunder

Perbedaan Kronologi dan Periodisasi

Setelah mengetahui pengertian kronologi dan periodisasi dalam sejarah, berikut ini perbedaan diantara keduanya secara singkat, meliputi :

  • Kronologi identik dengan tanggal dan peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu. Sementara itu, periodisasi identik dengan tahun dan nama zaman pada masa lalu.
  • Berbicara kronologi dalam sejarah kita akan menuju pada urutan waktu suatu kejadian, sementara berbicara mengenai periodisasi kita akan tertuju pada pengelompokan atau pembabakan suatu zaman.

Itulah hasil analisis perbedaan antara kronologi dan periodisasi dalam sejarah yang harus kita pahami. Setelah mengetahui perbedaannya, kita juga sering mendengar pertanyaan mengenai apa saja contoh kronologi dalam sejarah dan contoh periodisasi dalam sejarah. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Baca: Faktor Peristiwa Sejarah

Contoh kronologi dalam sejarah

Contoh kronologi dalam sejarah : Pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta, merupakan rangkaian dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Secara kronologi, peristiwa tersebut meliputi : pembacaan teks Proklamasi, pengibaran bendera, dan sambutan dari Walikota Soewiryo dan Dr. Moewardi.

Contoh periodisasi dalam sejarah 

  1. 400-1500 (Zaman Pengaruh Hindu-Budha dan Pertumbuhan Islam di Nusantara)
  2. 1500-1670 (Zaman Kerajaan Islam dan mulai Masuknya Bangsa Barat ke Nusantara)
  3. 1670-1800 (Masa Penjajahan oleh VOC)
  4. 1800-1811 (Masa Pemerintahan Herman William Daendles)

Baca juga: Sejarah Bank Rakyat Indonesia BRI

Demikian pembahasan mengenai Perbedaan Kronologi dan Periodisasi dalam Sejarah beserta pengertian dan contohnya yang harus kita ketahui. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua, kurang lebihnya penulis mohon maaf. Sekian, terimakasih.